WATU AMBEN: Daya Tarik & Tiket Masuk 2022

Share
WATU AMBEN: Daya Tarik & Tiket Masuk 2022
Harga TiketGratis
Jam Buka24 Jam
Nomor Telepon-
AlamatJl. Dingo-Patuk, Area Kebun, Srimulyo, Piyungan, Yogyakarta

Destinasi wisata dengan panorama bukit bisa kamu dapatkan saat mengunjungi Watu Amben. Objek wisata baru ini terletak di Yogyakarta. Dari wisata ini, kita dapat menyaksikan luasnya hamparan alam pedesaan yang menyejukkan yang kita lihat dari atas puncak bukit.

Letak tempat wisata ini tidak jauh dari beberapa destinasi wisata lainnya seperti Bukit Bintang, Makam Sunan Geseng, sampai industri emping. Oleh sebab itu, ini menjadi pilihan yang tepat untuk berlibur karena kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata sekaligus.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Watu Amben

Objek wisata ini termasuk tempat yang hits dikalangan anak muda. Menariknya, kamu bisa memasuki tempat wisata ini tanpa membayar tiket masuk alias gratis.

Ini semakin menarik pengunjung untuk datang ke tempat ini. Banyak yang mengunjungi Watu Amben untuk sekedar beristirahat sejenak, melihat pemandangan alam, sampai ingin mengabadikan momen dengan mengambil foto.

Di tempat ini ada area parkir sehingga kamu mungkin hanya akan membayar biaya parkir saja. Biaya parkirnya juga tergolong murah hanya Rp2.000 untuk roda dua dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat.

Harga Menu Makanan

Harga Menu Makanan Watu Amben

Jika kamu berkunjung ke bukit ini, wajib untuk mencicipi berbagai menu makanan yang menarik. Kamu juga tidak perlu khawatir akan kelaparan jika datang di malam atau pagi hari. Hal ini karena warung yang tersedia banyak yang buka selama 24 jam penuh.

Harga makanan yang ditawarkan juga sangat terjangkau. Paling murahnya yaitu sekitar Rp13.000. Kamu bisa menikmati kopi yang cocok untuk nongkrong bersama teman-temanmu.

Selain minuman dan makanan ringan, ada pula warung makan yang tersedia. Mulai dari Lesehan Cemplox, Angkringan Yu Karti Patuk, dan lain sebagainya.

Jam Buka

Jam Buka Watu Amben

Keunggulan lain di tempat wisata ini yaitu dibuka selama 24 jam penuh. Jadi, kita bisa datang kapan saja. Adapun waktu terbaik untuk mengunjunginya yaitu di pagi hari sebelum jam 10.00 WIB. Ini agar kamu bisa menikmati matahari terbit yang indah di puncak bukit.

Waktu terbaik lainnya yaitu dari pukul 17.00-20.00 WIB agar bisa menikmati sunset. Saat menjelang malam hari, kamu juga bisa melihat gemerlap lampu dari kota Yogyakarta yang ada di bawahnya.

Tak hanya melihat pemandangan lampu kota Jogja, kamu juga bisa menikmati lampu yang terpasang di bukit sehingga akan menambah kesan romantis.

Daya Tarik Watu Amben

Daya Tarik Watu Amben

Watu Amben adalah objek wisata yang paling terkenal dibandingkan kawasan sekitarnya (Makam Sunan dan Bukit Bintang). Tempat wisata ini menyajikan panorama alam yang indah. Kamu bisa menghirup udara segar dari atas.

Tempat ini adalah sebuah batu yang berukuran besar. Namanya sendiri berasal dari “Watu” yang artinya batu dan “amben” yang artinya dipan. Ini karena bentuknya yang memang mirip dipan atau tempat tidur.

Bukit ini tersusun dari batuan vulkanik yang memiliki tekstur keras dan hitam sama halnya yang ada di Gunung Merapi Purba. Adapun daya tariknya cukup banyak yang bisa kamu temukan untuk mengeksplor bukit ini.

1. Spot Foto

Disini, kamu bisa memilih berbagai spot foto yang menarik. Ada latar belakang Gunung Merapi di sebelah utara dan ada pula pemandangan Gunung Merbabu di sebelah barat.

Sedangkan di bagian selatan, kamu bisa menemukan perbukitan Gunung Kidul. Menarik bukan? Pastinya ini akan membuat foto liburanmu menjadi lebih berkesan.

2. Sunset dan Sunrise yang Indah

Kamu juga bisa menikmati indahnya sunset dan sunrise dari atas bukit. Puncaknya lumayan tinggi sehingga dapat melihat pemandangan yang luas.

Dengan mengambil foto pemandangan matahari akan membuat siluet bayangan yang menambah estetika gambar foto kamu. Sunset dan sunrise biasanya juga akan terlihat jelas tanpa tertutup apapun kecuali saat cuaca mendung.

3. Tempat Nongkrong yang Asyik

Di Watu Amben biasanya dijadikan sebagai tempat kumpul anak mudah untuk bercengkerama. Suasananya yang tenang dan adanya kuliner yang tersedia menjadi salah satu daya tarik bagi kaum muda.

Disini, juda disediakan tempat nongkrong di atas bukit agar bisa sambil melihat pemandangan yang menakjubkan.

4. Mitos

Selain dari keindahannya, Watu Amben juga dikenal dengan mitosnya yang unik. Cerita mitos di tiap tempat wisata biasanya sering muncul. Hal ini yang malah menjadi keunikan dan daya tarik sendiri dari suatu objek wisata tersebut.

Menurut masyarakat disekitarnya, bukit ini dipercaya sebagai tempat peristirahatan pasukan kerajaan Mataram di masa lalu. Sampai saat ini pun, masyarakat sekitar menjadikan bukit ini sebagai tempat istirahat sejenak dari kelelahan menjadi peternak.

5. Wisata Kuliner

Kamu tidak perlu khawatir jika perut keroncongan. Di puncak bukit ini banyak warung untuk mengisi perut lapar kamu.

Ada berbagai macam makanan kuliner Indonesia bahkan khas Yogyakarta yang bisa kamu temukan. Oleh sebab itu, ini akan melengkapi liburanmu karena bisa mencicipi makanan khas yang enak dan mengenyangkan.

7. Sering Dijadikan Tujuan Gowes Sepeda

Daya tarik terakhir dari Watu Amben ini sering dijadikan rute bagi pecinta sepeda. Jalannya yang mudah diakses menjadikan tempat ini sering dijumpai para pesepeda.

8. Bersantai di Gazebo

Disana, ada gazebo yang disediakan untuk bersantai. Pengunjung bisa duduk-duduk sambil menikmati udara sejuk yang menerpa, melihat pemandangan asri, dan bercengkrama.

Fasilitas

Fasilitas Watu Amben

Tempat wisata bukit ini terbilang masih baru, namun kita bisa menikmati berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Adapun fasilitas yang ada di tempat wisata ini adalah sebagai berikut:

  • Tempat parkir
  • Gazebo yang cocok untuk tempat nongkrong.
  • Rumah makan.
  • Toilet
  • Spot foto yang menarik. Ada frame tulisan Taman Batu Watu Amben, ada hiasan lampu berbentuk lampion di atasnya, serta bingkai yang menarik bergambar kuda yang instagramable.
  • Penginapan di sekitar kawasan bukit. Contohnya seperti Bukit Indah, Roemah Djogja Guest, dll. Ini cocok bagi kamu yang ingin menjelajah ke berbagai tempat wisata lain selain di Watu Amben karena letaknya yang tidak terlalu jauh.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Watu Amben

Lokasinya berada di jalan utama menuju Bukit Bintang sehingga dapat diakses dengan mudah. Tempat wisata ini terletak di Jl. Dingo-Patuk, Area Kebun, Srimulyo, Piyungan, Yogyakarta. Jika dari pusat kota, kamu harus menempuh jarak sekitar 19 km.

Perjalanan ini akan menghabiskan kurang lebih satu jam. Apalagi, jika di hari libur, biasanya kawasan wisata Gunung Kidul sering mengalami kemacetan sehingga bisa lebih dari satu jam.  Rute dari pusat Jogja yaitu melalui Jl. Panembahan Senopati ke Kusumanegara.

Selanjutnya, kamu akan menemui perempatan, pilih arah kiri ke Jl. Gedong Kuning. Selanjutnya ke Jl. Dingo-Patuk yang ditandai dengan adanya tanjakan. Selesai, kamu tinggal mengikuti jalan sampai tiba ke lokasi tempat wisata bukit tersebut.

Itulah berbagai daya tarik, fasilitas, sampai jam buka objek wisata Watu Amben Jogja. Tempat ini berada di kawasan Gunung Kidul sehingga kamu bisa melihat sederetan tempat wisata lainnya yang mempesona. Banyak pemandangan dan kuliner yang bisa dinikmati.

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.