WADUK CENGKLIK: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Harga TiketRp25.000 - Rp130.000
Jam Buka08.30 - 18.00 WIB
Nomor Telepon085601431858
AlamatDesa Ngargorejo, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

Daerah Surakarta banyak sekali menyimpan destinasi wisata yang asik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Waduk Cengklik. Waduk ini tepatnya berlokasi di Kabupaten Boyolali, dimana akan banyak hal menarik yang dapat kamu peroleh.

Panorama alam yang indah adalah poin utama yang menjadi suguhan. Di samping itu, pengunjung juga dapat melakukan beberapa aktivitas lain, seperti bermain perahu dan memancing. Kamu pun bisa berkunjung kapan saja sebab jam operasional tetap berjalan selama 24 jam.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Waduk Cengklik

Destinasi wisata waduk ini menentukan biaya masuk sebesar Rp25.000. Tapi, kamu akan mendapatkan diskon khusus jika mem-follow akun Instagram mereka. Biaya ini cuma berlaku untuk wahana gratis, sementara wahana-wahana lain juga memiliki tarif masing-masing.

Rincian harga tiket masuk dapat dilihat pada tabel berikut ini.

KATEGORIHARGA
Harga tiket masukRp25.000
Harga tiket terusan anakRp130.000
Harga tiket terusan dewasaRp100.000

Jam Buka

Jam Buka Waduk Cengklik

 

Kamu dapat datang kapan saja untuk merasakan wahana-wahana menarik di dalamnya. Jam operasional waduk ini berbeda di hari Sabtu dan Minggu-Jumat. Untuk hari Sabtu, waduk buka mulai pukul 08.30-21.00 WIB. Sementara di hari Minggu-Jumat, buka di jam 08.30-18.00 WIB saja.

Aktivitas di Waduk Cengklik

Aktivitas di Waduk Cengklik

 

Berikut ini adalah variasi kegiatan yang dapat kamu lakukan di tempat wisata ini.

1. Wisata Keluarga

Masyarakat Boyolali dan sekitarnya saat ini tidak perlu kebingungan lagi jika hendak berwisata ke luar kota, sebab telah hadir waduk ini sebagai opsi one stop destination untuk berkunjung bersama keluarga. Banyak spot foto yang tersedia berbentuk landmark negara; Cina, Inggris, Jepang, dan sebagainya.

Kamu dapat mengambil foto di landmark-landmark itu dengan memakai pakaian adat khas negara yang disewakan di lokasi. Selain itu, ada pula wahana permainan yang dapat dicoba bersama-sama keluarga dan anak-anak.

Ada pula wahana lain untuk bermain air, yakni kolam renang yang terbagi menjadi kolam untuk dewasa dan anak-anak. Airnya terasa segar dan sejuk, terlebih bila kamu mencemplungkan diri di siang hari. Udara Boyolali yang sejuk dan ditumbuhi pepohonan rimbun membuat betah untuk tinggal berlama-lama.

2. Berenang

Kolam renang yang dimaksud barusan memiliki luas sekitar 1,2 hektar. Wahana di Waduk Cengklik ini menjadi lokasi favorit sebab lokasinya tepat berada di depan food court. Berbentuk persegi panjang, keramik kolam dipilih dengan warna biru, membuat airnya tampak memiliki warna serupa.

Ada pula kawasan yang dibagi untuk dewasa dan anak-anak, dibatasi jaring sebagai tanda bahwa kolam memiliki kedalaman berbeda. Pada kolam anak, ada wahana permainan mini; seluncuran, ember tumpah, dan tangga sebagai media untuk naik ke seluncuran.

Pada kolam dewasa sendiri tidak ada wahana sama sekali sehingga kamu bisa berenang tanpa terganggu oleh anak-anak kecil yang lebih senang bermain dengan keberadaan wahana. Kamu juga dapat bermain tangkap lempar bola di kolam dewasa.

3. Bioskop Virtual Reality (VR)

Menonton di bioskop adalah hal lumrah yang kita lakukan, tetapi hal ini menjadi tidak biasa bila kamu menonton di bioskop virtual reality. Objek wisata ini menjadi semakin seru dengan adanya wahana menarik ini. Kamu dapat menonton sebagaimana scene-nya terasa di dunia nyata.

Kamu juga akan memperoleh kacamata yang terkoneksi dengan video, setiap orang memperoleh satu perlengkapan. Video kemudian diputar, dan kamu akan merasakan sensasi seperti benar-benar masuk ke dalam film. Ingat, wahana ini juga memerlukan biaya sendiri dengan harga terjangkau.

4. Labirin Kaca dan Rumah Terbalik

Keunikan wahana di Waduk Cengklik lainnya adalah berfoto Labirin Kaca. Kamu akan dibawa menjelajahi ruangan yang kaya akan cermin. Kaca-kaca ini akan memantulkan tubuh dan kerap membuat bingung ketika hendak mencari jalan keluar.

Di situlah poin keseruan, didukung pula oleh kondisi ruangan yang gelap, menambah ketegangan dalam mencari-cari jalan keluar. Di samping itu, ada wahana bernama Rumah Terbalik di mana kamu diizinkan untuk mengeksplor seluruh isi rumah.

Ada banyak ruangan yang sama persis seperti rumah biasanya, namun keadaannya terbalik walaupun posisi perabotan terletak dengan rapi. Kamu mungkin akan merasa bingung terhadap letak-letak kursi di dinding, sofa di atap, semuanya terletak dengan posisi aneh.

5. Wahana Lain

Wahana lain yang dimaksud adalah komidi putar dan wahana mandi bola. Kamu cukup membayar tiket dengan harga terjangkau untuk menyenangkan hati anak-anak atau adik-adik kamu. Wahana ini menjadi salah satu favorit anak-anak, di mana mereka akan berputar di atas kuda yang bergerak naik-turun.

Komidi putar di salah satu objek wisata Solo ini pun tak jarang dicoba oleh kalangan dewasa. Selain itu, ada wahana bernama kereta mini yang akan mengantar para anak mengelilingi tempat wisata. Wahana lain yang tak kalah menarik perhatian anak-anak adalah tempat mandi bola.

Ada kolam yang dipenuhi oleh bola plastik kecil-kecil. Anak-anak diizinkan bermain sepuasnya di dalam. Kamu akan mendapati suara-suara heboh dan riuh dari mereka yang merasa senang bermain di sana.

6. Taman Lampion

Momen paling pas untuk berkunjung adalah akhir pekan, atau malam Minggu (Sabtu malam). Hal ini dikarenakan terdapat objek yang dibuka sampai malam, di mana ada wahana Taman Lampion yang tampak sangat indah bila dijepret dengan kamera.

 

Puluhan lampion dengan variasi warna menyala terang mewarnai langit malam yang gelap. Suasana kelam di malam hari pun bertransformasi menjadi lebih manis, dan ini saat yang tepat untuk kamu mengambil foto sambil melahap kuliner khas dan menu-menu yang dijual di food court.

Sejarah

Sejarah Waduk Cengklik

 

Waduk Cengklik merupakan salah satu peninggalan Belanda dengan usia lebih dari 90 tahun. Saat itu proses pembangunan selesai sekitar dua tahun. Luas lahannya adalah 250 hektare, berlokasi di antara dua wilayah desa, yaitu Sobokerto dan Ngargorejo.

Air waduk dipakai warga untuk mengairi perkebunan serta lokasi tambak ikan dengan keramba. Kapasitas awal waduk adalah 17.000.000 meter kubik namun berkurang menjadi 9.000.000 meter kubik. Ini menjadikan pertanian pada tiga kecamatan tidak lagi mendapat pengairan dari waduk air.

Walau demikian, waduk ini tetap populer dengan panorama yang diberikannya. Pemandangan pulau-pulau kecil di tengah danau, gunung yang tampak menjulang tinggi, menjadi daya tarik waduk di Boyolali ini, hingga taman bermain pun dibangun di dekat waduk dengan luas lahan 1,2 hektar.

Kawasan ini dapat kamu pakai sebagai lokasi berfoto dengan properti-properti unik khas luar negeri yang dapat kamu pamerkan lewat media sosial. Tidak hanya itu, wahana-wahana bermain yang ada di dalamnya pun menambah keseruan apabila kamu datang bersama keluarga.

Fasilitas

Fasilitas Waduk Cengklik

 

Tempat wisata Waduk Cengklik ini menjadi salah satu destinasi paling populer di Bali. Waduk ini jarang sepi pengunjung setiap hari. Sarana pendukung pun sudah terbilang memadai untuk mendukung aktivitas kamu selama berkunjung. Berikut adalah fasilitasnya.

  • Area parkir
  • Pusat informasi
  • Toilet dan kamar mandi
  • Ruang ganti
  • Musholla
  • Kampung Sakura
  • Sewa kostum
  • Penginapan
  • Gazebo (saung)
  • Panggung hiburan
  • Kantin
  • Resto dan cafe
  • Sewa perahu
  • Spot foto

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Waduk Cengklik

Destinasi ini berlokasi di Desa Ngargorejo, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Terletak kira-kira 23 km dari pusat kota Boyolali, kamu perlu menempuh perjalanan dalam durasi 30 menit saja. Mulai perjalanan dari Patung Arjuna Wiwaha, kemudian pergi ke timur menuju Solo.

Berjalan sejauh 12 km pada jalan utama selama kira-kira 15 menit, sampailah pada pertigaan sebelum bertemu Gerbang Tol Colomadu; di pertigaan Bangak-Boyolali ada sebuah Indomaret. Lanjutkan perjalanan dengan berbelok kiri, ikuti jalan utama Bangak-Simo.

Perlu sekitar 5,2 km atau sepuluh menit, lalu belok ke kanan pada pertigaan untuk memasuki jalur di Jalan Raya Waduk Cengklik. Kamu hanya perlu menempuh 3 km (selama tujuh menit) untuk sampai di destinasi, terletak di sebelah kanan jalan.

Waduk Cengklik menjadi destinasi yang sangat direkomendasikan untuk kamu. Tidak seperti kebanyakan waduk, disini tersedia banyak spot foto untuk selfie maupun mengabadikan lokasi-lokasi menarik dengan desain bangunan unik yang ada di dalamnya.

Kunjungi juga:

Photo of author

Meluncur

Liburan dengan Cerdas