Umbul Ponggok

Share
Comment 0 reply
Umbul Ponggok
ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Umbul Ponggok Klaten memang menjadi tempat wisata yang unik dan juga berbeda. Destinasi wisata satu ini dapat kalian kunjungi pada waktu liburan tiba. Khususnya untuk kalian yang mungkin kecewa sebab tidak bisa berkunjung ke Pandawa Water World.

Destinasi wisata satu ini juga sempat dipromosikan oleh Presiden RI Joko Widodo di tahun 2018 dimana di dalamnya menyajikan berbagai kegiatan seru kepada wisatawan. Salah satu kegiatan seru tersebut ialah berfoto bersama ikan serta dengan memakai beberapa properti yang unik dan menarik.

Jika kalian penasaran ingin mengunjungi Umbul Ponggok, sebaiknya simak baik – baik ulasan berikut ini.

Umbul Ponggok

umbul ponggok hari ini

Meski menyajikan kolam renang, namun destinasi wisata satu ini dapat dikatakan cukup berbeda daripada kolam renang pada umumnya.

Sebab air yang berada di dalam kolam satu ini berasal langsung dari mata air alami. Dasar dari kolam nya juga mempunyai pasir, karang, sampai berbagai jenis ikan yang cantik.

Dan walaupun dipenuhi dengan berbagai ikan, air yang ada di dalamnya tidak berbau amis sama sekali, sebab airnya terus mengalir.

Kalian pun dapat masuk ke dalam kolam untuk menjumpai adanya berbagai spot foto menarik sekaligus ikan disana.

Wahana baru satu ini memang sudah ditata sedemikian rupa oleh pihak pengelola wisata. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya beberapa benda unik di dalam kolam, seperti sepeda onthel, motor klasik C70, kursi santai, meja makan, televisi, sampai laptop. Dimana berbagai barang tersebut dapat kalian sewa untuk sesi foto di dalam air.

UNtuk spot foto yang menjadi favorit di tempat ini ialah tempat duduk ala taman yang dipenuhi dengan dekorasi bunga berbentuk hati.

Sejarah Umbul Ponggok

a. Sejarah Keberadaan

umbul ponggok sudah buka

Untuk masyarakat sekitar Umbul Ponggok, tempat wisata ini menjadi suatu legenda sebab sumber mata airnya yang telah difungsikan sejak ratusan tahun yang lalu.

Menilik dari catatan sejarah dilihat dari bukti serta data yang ditemukan sekitar pada tahun 1920, Desa Ponggok adalah area industri yang menjadi tempat berdirinya Suikerfabriek Ponggok / Pabrik Gula Ponggok.

Tak jauh dari keberadaan Pabrik Gula Ponggok, ada juga beberapa pabrik gula lain seperti:

  • Suikerfabriek Karanganom
  • Pabrik Suikerfabriek Tjokro Toeloeng
  • dan Suikerfabriek Delanggoe.

Pada waktu itu, kawasan di sekitar Ponggok masuk ke dalam area administrasi Kawedanan Ponggok. Dimana area tersebut ditempati banyak keluarga Belanda.

Karena sebagian besar karyawan disana menjabat sebagai administratur, manager, juru buku, serta posisi lain yang merupakan warga Belanda. Lalu mereka pun bertempat tinggal di suatu bangunan yang disebut sebagai loji (sebelah Utara Umbul Ponggok).

Sementara untuk lokasi Suikerfabriek Ponggok sendiri terletak di sisi bagian Timur Umbul (sumber mata air).

Sewaktu beberapa pabrik gula tersebut beroperasi, Umbul Ponggok kemudian dimanfaatkan sebagai water reservoir / tempat penampungan air yang dimanfaatkan guna memenuhi keperluan operasional Suikerfabriek Ponggok & Suikerfabriek Karanganom.

Disamping hal tersebut, Sumber Air Ponggok yang tak pernah kering itu juga digunakan sebagai media untuk mengairi kawasan perkebunan tebu yang terhampar di kawasan Karanganom, Polanharjo, Ceper, dan sekitarnya.

Kemudian di tahun 1930-an, Pabrik Gula Ponggok pun tutup sebab terjadinya krisis ekonomi dan menyusul kebangkitan rakyat Indonesia yang hendak memperjuangkan kemerdekaan.

Pasca tutupnya pabrik tersebut, tempat penampungan air tersebut kemudian dimanfaatkan sebagai irigasi untuk mengairi perkebunan serta sawah warga setempat.

Hal itu pun berlangsung hingga sekarang sebelum pada akhirnya fungsi itu ditambahkan menjadi suatu objek pariwisata.

b. Sejarah Nama

umbul ponggok dibuka

Disebut sebagai Umbul Ponggok sebab kata “umbul” diambil dari istilah Jawa yang berarti Sumber Mata Air. Sementara “ponggok” merujuk kepada desa yang menjadi lokasi dari umbul satu ini.

Semakin populernya nama tempat wisata ini juga tak lepas dari peran Pemerintah Desa bersama masyarakat setempat.

Sebab mereka bersama – sama berinovasi serta berkreasi, sehingga sumber mata air yang pada awalnya hanya berfungsi sebagai irigasi diubah menjadi destinasi wisata yang unik nan menarik dengan menerapkan tema snorkeling & underwater photos.

Dengan penataan tempat yang ciamik, kesan angker yang ada juga hilang dan terlihat lebih fun walaupun telah berusia lebih dari satu abad.

Tak sedikit dari para wisatawan yang menjuluki Umbul Ponggok sebagai Bunaken van Klaten.

Hal tersebut disematkan sebab tempat wisata ini menawarkan air yang sangat jernih dan segar beserta pemandangan bawah air yang indah seperti di dalam perairan Bunaken.

Dengan kondisi demikian, tak heran apabila tempat ini selalu mengalami peningkatan pengunjung di setiap tahunnya.

Terbukti pada sepanjang tahun 2021, rata – rata jumlah pengunjung di hari – hari biasa sebanyak 2.000 orang. Namun ketika hari libur dapat mencapai 3.000 orang dan bisa naik hingga 5 kali lipat.

Objek Wisata

Ketika kalian berkunjung ke Umbul Ponggok, ada beberapa wahana seru atau objek wisata yang dapat kalian nikmati, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Quality Time Bersama Keluarga

tiket umbul ponggok

Dengan menerapkan konsep family friendly, tempat wisata satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tujuan liburan bersama keluarga.

Terdapat serangkaian kegiatan seru yang bisa kalian lakukan bersama keluarga tercinta di tempat wisata ini.

Mulai dari bermain air, snorkeling, berenang, atau hanya seru – seruan saja di tepi kolam.

Untuk kalian yang mengajak si kecil, dijamin mereka tidak akan merasa bosan untuk menghabiskan waktu liburannya disini.

2. Kolam Mata Air Alami

sejarah umbul ponggok

Wisata satu ini terbangun dari adanya mata air alami yang berada di dalam kolam.

Yang lebih menarik lagi, terdapat beberapa jenis ikan yang juga hidup di dalam kolam tersebut.

Kegiatan air di dalam kolam juga akan terasa menjadi lebih seru sebab kalian akan ditemani oleh para ikan tersebut.

3. Kolam Anak

deskripsi umbul ponggok

Apabila kalian membawa anak – anak pada waktu berkunjung, maka kalian juga bisa mengajak mereka untuk bermain air di area kolam yang lebih dangkal.

Sebab di dalam area wisata satu ini memang telah disediakan beberapa pilihan kolam dengan level kedalaman yang berbeda, sehingga sangat aman jika digunakan oleh si kecil.

Kolam anak yang ada disini juga telah dilengkapi dengan adanya wahana permainan untuk menambah keseruan di dalamnya.

4. Berenang

gambar umbul ponggok

Bagi para pencinta kegiatan air seperti renang tetapi bosan melakukannya di kolam buatan dengan alas keramik, maka kalian dapat langsung ke Umbul di Klaten satu ini.

Kolam yang berada di tempat wisata ini mempunyai hamparan pasir putih yang luas, bebatuan alami, serta dipenuhi dengan ribuan ikan berwarna – warni.

Dengan kondisi demikian, membuat kolam satu ini nampak seperti kehidupan di bawah laut.

5. Snorkeling

desa umbul ponggok

Untuk kalian yang mempunyai hobi snorkeling atau hanya ingin merasakan bagaimana snorkeling namun takut atau tidak dapat berenang, maka Umbul Ponggok dapat menjadi alternatif solusi untuk masalah tersebut.

Walaupun tidak mempunyai ombak serta lokasinya yang seluas lautan asli, tetapi disini kalian tetap dapat menikmati kegiatan snorkeling ala taman laut yang indah.

6. Diving

Diving

Selain snorkeling, destinasi wisata satu ini juga terkenal sering dijadikan sebagai kawasan untuk melakukan latihan diving / menyelam.

Dasar kolam yang alami serta dipenuhi dengan berbagai jenis ikan membuat para divers pemula dapat merasa lebih bebas untuk bereksplorasi.

Tak hanya itu saja, kegiatan diving dini juga bisa dijadikan sebagai pengalaman sebelum nantinya memutuskan untuk terjun ke lautan lepas.

7. Spot Foto Underwater

Spot Foto Underwater

Daya tarik terbesar yang ada di dalam tempat wisata ini ada pada spot foto bawah air yang sangat unik.

Dengan penataan yang sedemikian rupa, para wisatawan dapat memperoleh serangkaian foto yang Instagramable.

Tak hanya berfoto dengan sekumpulan ikan cantik, berbagai spot seperti sepeda motor, kemping bawah laut, serta spot lainnya juga akan menghasilkan foto yang unik.

8. Perahu Kayuh

Naik Perahu Kayuh

Tak hanya menyajikan kegiatan bawah air, di tempat wisata ini kalian juga dapat melakukan serangkaian kegiatan menarik lainnya.

Salah satunya ialah dengan cara menyewa perahu kayuh guna mengelilingi kolam seluas 50 x 25 meter ini.

9. Prewedding

Prewedding

Tak hanya dimanfaatkan sebagai lokasi wisata air yang seru, namun keindahan yang disuguhkan oleh Umbul Ponggok juga banyak dimanfaatkan oleh pasangan calon pengantin sebagai lokasi pengambilan foto prewedding.

Pada umumnya, prewed yang dilakukan disini menerapkan tema underwater. Sebab selain tidak biasa, namun tema tersebut juga nampak sangat unik dan keren.

Dan untuk kalian yang ingin mencari lokasi prewedding dengan tema alam lainnya, kalian dapat mengunjungi Baturraden Adventure Forest dengan sensasi yang berbeda.

Fasilitas

  • Area parkir
  • Kamar mandi
  • Toilet
  • Mushola
  • Ruang ganti
  • Cafe
  • Warung makan
  • Sewa kamera underwater
  • Property foto
  • Sewa peralatan snorkeling
  • Fotografer
  • Spot foto
  • Wahana air dan non air
  • Pelampung
  • Snack spesial
  • Asuransi
  • Donasi
  • Tempat istirahat

Lokasi

Alamat Umbul Ponggok: Jl. Delanggu- Polanharjo No.Ds, Jeblogan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474.

Kontak:  0823-1438-8880.

Rute Menuju Lokasi

Lokasi wisata Umbul Ponggok untuk saat ini tidak bisa ditempuh dengan menggunakan transportasi umum, sebab memang tidak terdapat trayek transportasi umum yang menuju ke arah lokasi.

Namun untuk kalian yang menggunakan kendaraan pribadi, berikut rute yang dapat kalian gunakan:

  • Kalian dapat memulai perjalanan dari arah alun – alun Klaten serta pergi ke arah Lapangan Mayungan.
  • Dari arah sana, kalian hanya perlu berjalan lurus mengikut jalan utama sebelum tiba di pertigaan besar & belok ke arah kanan kemudian ke kiri.
  • Berikutnya, kalian jalan lurus melewati sungai, Lapangan Desa Kadirejo, sampai ke pertigaan besar dekat Puskesmas Karanganom lalu belok ke arah kiri dan belok kanan.
  • Kalian hanya perlu untuk berjalan lurus mengikuti jalur utama sampai melewati Kantor Desa Gledeg & Pasar Jeblog sebelum akhirnya tiba di lokasi wisata.
  • Jarak tempuh dari alun – alun Klaten menuju Umbul Ponggok sekitar 12,5 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit memakai mobil.

Harga Tiket Masuk

Berikut ini adalah harga tiket masuk yang akan dikenakan kepada setiap pengunjung yang datang ke Umbul Ponggok, yaitu:

a. HTM

KeteranganHarga
Hari BiasaRp15.000
Hari LiburRp30.000

b. Fasilitas

KeteranganHarga
Kamera UnderwaterRp60.000/ 30 menit max untuk 4 orang.

Rp100.000/ jam max untuk 7 orang.

SepedaRp30.000
Set Taman / Laptop / TVRp60.000
Set Kursi & TendaRp100.000
set Love / Ayunan / Motor/ BecakRp100.000
Ayunan Double / Jet SkyRp150.000
Sewa Tempat & sesi Pemotretan PreweddingRp300.000
Paket Power Dive (Walker)Rp150.000 (sudah termasuk dokumentasi foto).

Rp200.000 (sudah termasuk foto & video).

Peralatan SnorkelingRp250.000 (sudah termasuk swim suit, tabung oksigen, sepatu katak, googles, dan bimbingan sebelum menyelam).
Paket Prewedding StandardRp2.000.000 (fasilitas waktu pemotretan 1 hari penuh, biaya sewa tempat pemotretan, 3 crew fotografer, dan dokumentasi).
Paket Prewedding FullRp3.000.000 (fasilitas waktu pemotretan sehari penuh, biaya sewa tempat pemotretan, 3 crew fotografer, 1 orang make up artis, wardrobe / kostum, dokumentasi dalam bentuk CD & dalam bentuk cetak).

Jam Operasional

Umbul Ponggok buka setiap harinya (Senin – Minggu) dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Senin – Jumat: 08.00 – 16.00 WIB.
  • Sabtu – Minggu: 07.00 – 17.00 WIB.
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.