TELAGA WARNA DIENG: Pesona & Tiket Masuk 2022

Share
TELAGA WARNA DIENG: Pesona & Tiket Masuk 2022
Harga TiketRp15.000
Jam Buka08.00 - 16.00 WIB
Nomor Telepon-
AlamatDesa Dieng, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah

Indonesia memiliki begitu banyak wisata yang memikat hati. Salah satu wisata tersebut adalah Telaga Warna Dieng. Telaga Warna menjadi salah satu pilihan wisata yang begitu menawan.

Di sini, nantinya kamu akan melihat hamparan air yang jernih dan berada di tengah perbukitan. Lebih-lebih saat matahari keluar dari ufuk, air yang berada di dalam telaga seperti berubah. Bahkan, jika langit sedang cerah, kamu dapat melihat berbagai warna pelangi.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Telaga Warna Dieng

Bila kamu ingin menikmati indahnya Telaga Warna, berikut harga tiket masuk yang harus kamu bayar.

HargaKeterangan
Rp3000Pakir sepeda motor
Rp5000Parkir mobil
Rp15.000Harga tiket masuk

Namun, harga tiket masuk ke Telaga Warna dapat berubah sewaktu-waktu.

Jam Buka

Jam Buka Telaga Warna Dieng

Ketika ingin mengunjungi destinasi wisata, salah satu hal yang harus kamu ketahui adalah informasi jam buka. Telaga Warna buka pada pukul 8 pagi hingga jam 4 sore.

Namun, agar bisa menikmati indahnya panorama yang diberikan, pastikan datang ke Telaga Warna di pagi serta siang hari. Kamu tidak perlu khawatir, meskipun datang di siang hari, kamu tidak akan merasakan hawa panas di sini.

Bila kamu memutuskan mengunjungi Telaga Warna di sore hari, besar kemungkinan keindahan Telaga Warna ini akan ditutupi kabut. Oleh sebab itu akan lebih baik jika datang saat pagi dan siang hari.

Daya Tarik Telaga Warna Dieng

Daya Tarik Telaga Warna Dieng

Sebagai salah satu wisata yang menarik untuk dikunjungi, ada berbagai macam daya tarik yang dimilikinya. Berikut daya tarik yang dimiliki destinasi ini, antara lain:

1. Trekking perjalanan

Bila dari area parkir, kamu harus berjalan agar sampai di telaga warna. Ketika berjalan kaki, kamu akan menyusuri jalan yang berbentuk setapak serta menaiki bukit hijau yang penuh dengan pohon asri.

Tentu saja aktivitas ini merupakan pemandangan yang pertama kali bisa kamu lihat sebelum sampai di lokasi wisata.

Ketika trekking menaiki bukit sebelum menuju telaga warna, rasa letih tentu akan dirasa, tetapi kamu akan disuguhi sejumlah pemandangan alam yang sangat indah, sehingga rasa capek dapat terbaya sesudah sampai di lokasi wisata.

Sesudah sampai di Telaga Warna, tentu kamu akan langsung berdecak kagum melihat pemandangan yang berada di depan mata.

2. Menikmati indahnya sunrise

Hal menarik lain yang dapat kamu lakukan di Telaga Warna adalah menikmati sunrise indah. Telaga Warna berlokasi di atas ketinggian, sehingga kamu bisa dengan bebas mengeksplor keindahan yang diberikannya.

Telaga Warna juga terkenal sebagai destinasi yang memiliki sunrise indah dan menghangatkan. Agar dapat menikmati indahnya sunrise di sekitar Telaga Warna, kamu harus berangkat di waktu subuh atau memilih penginapan yang lokasinya tidak jauh.

Agar semakin menikmati suasana sunrise yang indah, jangan lupa membawa teh hangat dan kopi untuk menghangatkan badanmu.

3. Menikmati indahnya pesona Telaga Warna

Telaga Warna Dieng terkenal dengan airnya yang dapat berubah-ubah. Meskipun terkesan misterius dan penuh mitos, tetapi hal yang paling penting adalah indahnya wisata ini.

Telaga ini mempunyai warna dasar hijau, dan kemudian akan berubah-ubah. Pesona keindahan inilah yang mungkin tidak akan bisa kamu dapatkan dimanapun.

Kamu dapat menikmati keindahan Telaga Warna bersama dengan teman dan sahabat. Di warung sekitar telaga, kamu juga dapat memesan kopi dan gorengan sebagai suguhan.

4. Batu Pandang Dieng

Ketika sudah menginjakkan kaki di sini, kamu harus melihat indahnya Batu Pandang Dieng. Spot ini menjadi lokasi popular untuk mengambil gambar. Memiliki nama batu pandang karena nantinya kamu akan berada di atas batu ini.

Saat berada di atas batu, kamu dapat memandang dengan luas perbukitan, hingga gunung. Dengan adanya kontras warna yang berbeda, hal ini semakin menambah kesan sendiri ketika kamu sedang menikmati keindahannya.

Kamu juga dapat mengambil gambar dengan latar belakang dua telaga yang berdekatan.

Legenda dan Mitos

Legenda dan Mitos Telaga Warna Dieng

Menurut legenda yang beredar di masyarakat, asal usul dari Telaga Warna Banjarnegara disebabkan karena seorang ratu dan putri yang memutuskan untuk mandi di telaga. Ketika telah menanggalkan serta menggantung pakaiannya di pohon, angin kencang datang.

Angin kencang akhirnya menerbangkan pakaina ratu serta sang putri ke telaga. Akhirnya, warna dari air telaga menjadi sesuai warna pakaian yang mereka kenakan.

Bukan hanya cerita tersebut, cerita lain yang berkembang adalah warna telaga menjadi berubah-ubah disebabkan karena cincin bangsawan yang tidak sengaha jatuh di dalam telaga.

Cincin yang jatuh tersebut dianggap begitu sakti, dan akhirnya dapat membuat warna air telaga menjadi berubah-ubah. Selain itu masyarakat juga sering mementaskan drama yang menceritakan telaga warna.

Pada drama tersebut mengisahkan tentang Putri Gilang Rukmini yang diberi kalung sebagai hadiah untuk ulang tahunnya yang ke 17. Sayangnya, sang putri tidak menyukai hadiah tersebut kemudian membuang kalung yang diberikan sebagai hadiah.

Melihat kejadian tersebut, hal ini membuat rakyat dan permaisuri menjadi menangis, bersamaan dengan tangisan mereka, muncul mata air yang tidak ada hentinya dan akhirnya menggelamkan kerajaan sampai menjadi telaga warna.

Warna dari telaga tersebut dipercaya disebabkan karena pantulan dari permata kalung yang dimiliki oleh sang putri.

Sebenarnya, bila dilihat secara ilmiah, pergantian warna air yang berasal dari Telaga Warna disebabkan oleh kandungan sulfur yang berada di dalam telaga ini sangat tinggi.

Adanya kandungan sulfur tersebut, ketika matahari bersinar menyinari warna telaga, pantulan warna air akan terlihat warna-warni.

Fasilitas

Fasilitas Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng memiliki sejumlah fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas yang diberikan mulai dari musala, toilet, tempat parkir, warung makan, dan berbagai spot wisata yang menarik.

Bila kamu mengajak seluruh anggota keluarga untuk berwisata ke Telaga Warna, kamu dapat beristirahat di gazebo yang disediakan.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Telaga Warna Dieng

Berlokasi di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Telaga Warna DIeng memiliki ketinggian kurang lebih 2000 meter. Wisata ini sangat asri dengan berbagai bukit hijau yang berada di sekitarnya.

Ada sejumlah rute yang dapat dilewati ketika ingin menuju ke Telaga Dieng Wonosobo ini. Kamu dapat menggunakan rute dari Wonosobo serta menempuh jarak kurang lebih 27 kilometer.

Perjalanan yang kamu butuhkan nantinya akan memakan waktu selama 40 menit. Rute tersebut direkomendasikan ke para wisatawan karena jauh lebih mudah untuk dilalui. Kamu dapat mengikuti papan yang tertulis Jalan Dieng.

Sedangkan, bila kamu memilih menggunakan moda transportasi umum, kamu dapat menuju ke Kota Wonosobo terlebih dulu. Setelah sampai di sana, cari terminal bus yang lokasinya tidak jauh dari RSUD Setjonegoro.

Kemudian, kamu bisa mencari bus dengan tujuan Wonosobo ke Dieng. Berhenti di pertigaan Dieng, kamu hanya perlu melanjutkan perjalanan selama 500 meter dan sampai di Telaga Warna.

Bila menggunakan moda transportasi umum, waktu tempuhnya kurang lebih selama 45 menit dari kota Wonosobo.

Telaga Warna Dieng memang menjadi destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi. Jadi, kapan kamu akan mengatur waktu untuk berwisata ke daerah ini?

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.