TELAGA SAAT Puncak: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Share
TELAGA SAAT Puncak: Aktivitas & Tiket Masuk 2022
Harga TiketRp10.000
Jam Buka07.00 - 17.00 WIB
Nomor Telepon-
AlamatDesa Tugu Utara, Cisarua, Bogor, Jawa Barat

Telaga Saat atau kerap disebut Danau Saat Puncak merupakan salah satu destinasi favorit yang berada di Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Meski belum terlalu populer di kalangan wisatawan, namun pesona alam telaga ini tidak kalah menarik.

Keindahan alam yang dimilikinya dinilai selalu berhasil dalam memikat hati wisatawan. Selain itu, banyak yang tidak menyangka dalam kawasan dataran tinggi dijumpai telaga yang sangat indah berselimut kabut dan udara yang sejuk.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Telaga Saat

Sebelum memasuki kawasan wisata Telaga Saat, pengunjung perlu membayar biaya tiket masuk. Harga ini belum termasuk biaya parkir kendaraan ataupun penyewaan fasilitas lain seperti rakit ataupun peralatan kemah.

Danau Saat merupakan destinasi wisata yang lokasinya berdekatan dengan kebun teh dan telaga warna sehingga tiketnya dikelola secara bersama. Berikut ialah harga tiket masuk yang ditetapkan:

Jenis TiketHarga
Tiket Masuk TelagaRp10.000
Tiket Masuk Kebun TehRp15.000
Tiket Masuk Telaga WarnaRp10.000
Tiket Masuk Kebun Teh dan Telaga WarnaRp25.000

Itulah harga tiket masuk yang ditetapkan untuk masuk ke setiap destinasi wisata di kawasan Saat, Gunung Kencana, Bogor.

Jam Buka

Jam Buka Telaga Saat

Telaga Saat buka setiap hari mulai dari pagi hingga sore yakni Pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB. Nantinya, cuaca dan suhu di tempat ini mayoritas sama yakni dingin dan berkabut sehingga kamu tidak perlu khawatir akan cuaca panas meskipun datang di siang hari sekalipun.

Jam operasional tersebut berlaku sama untuk setiap harinya, baik itu weekdays ataupun weekend.

Aktivitas di Telaga Saat

Aktivitas di Telaga Saat

Di bawah ini ialah beberapa aktivitas menarik yang nantinya bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Danau Saat:

1. Piknik

Piknik merupakan aktivitas yang banyak dilakukan oleh wisatawan ketika mengunjungi suatu destinasi wisata. Pengunjung biasanya menggelar tikar untuk sekedar bersantai sambil menikmati pemandangan sekaligus menikmati makanan yang dibawa.

Danau Saat bisa menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin piknik bersama dengan keluarga, teman ataupun orang-orang terdekat.

Nantinya tersedia pula jasa penyewaan tikar apabila kamu tidak membawanya dari rumah. Cukup dengan Rp10.000, kamu sudah bisa menggunakan tikar sepuasnya.

2. Berkeliling Telaga dengan Perahu

Aktivitas selanjutnya yang bisa kamu lakukan di Danau Saat ialah berkeliling dengan perahu. Sambil mengelilingi telaga, kamu bisa menikmati pemandangan berupa gunung, hutan dan kebun teh.

Jika berniat mengelilingi telaga dengan perahu, biaya yang ditetapkan ialah Rp100.00 untuk satu perahu yang bisa diisi maksimal 6 orang. Cukup murah bukan?

3. Olahraga

Selain aktivitas piknik, kamu juga bisa melakukan olahraga di kawasan Telaga Saat seperti lari atau jogging di sekitar telaga. Olahraga sambil menikmati indahnya pesona alam ini tentunya bisa membantu melepas rasa penat dan stress dari rutinitas sehari-hari.

4. Berburu Sunset

Tidak hanya di pantai, kamu juga bisa menikmati sunset atau terbenamnya matahari di kawasan Telaga Saat. Di tempat ini terdapat gazebo di pinggir telaga yang nantinya bisa dijadikan spot terbaik untuk menikmati sunset.

Meski tempat ini hanya dibuka sampai pukul 17.00 WIB, namun suasana sunset tetap bisa dinikmati di sekitar kawasan Telaga.

5. Berburu Foto

Aktivitas terakhir yang tidak luput dari destinasi wisata adalah tempat berburu foto.

Keindahan alam di tempat ini tidak jarang digunakan wisatawan untuk berburu foto ataupun video dalam berbagai kepentingan seperti misalnya shooting film, foto pre-wedding dan masih banyak lagi.

Danau Saat menjadi salah satu destinasi sekaligus spot foto yang memberikan konsep alam dengan perpaduan telaga, kebun teh dan hutan dalam satu bingkai.

Selanjutnya, terkait biaya sewa yang ditetapkan berkisar antara Rp700.000 – Rp1000.000. dengan harga tersebut, kamu bisa menggunakan seluruh kawasan wisata lengkap dengan beberapa fasilitas pendukungnya seperti perahu, gazebo ataupun ruang ganti.

Itulah beberapa aktivitas yang nantinya bisa dilakukan di area telaga bersama dengan keluarga, teman ataupun orang-orang terdekat. Agar momen wisata menjadi lebih berkesan, jangan lupa untuk membawa Kamera yang memadai.

Mitos

Mitos Telaga Saat

Dibalik keindahan alam yang ada, Telaga Saat juga menyimpan mitos yang cukup populer di kalangan masyarakat sekitar.

Dahulu, dikisahkan ada sebuah Kerajaan bernama Kutatanggeuhan yang dipimpin oleh Raja bernama Suarnalaya dengan ratunya yang bernama Purbamanah.

Setelah lama pernikahan, pasangan tersebut belum juga dikaruniai momongan sampai pada akhirnya sang raja dibantu oleh Penasehat Spiritual. Singkat cerita, merekapun mendapatkan keturunan seorang putri.

Seiring berjalannya waktu, sang putri tumbuh menjadi gadis yang cantik jelita sama seperti ibunya.

Sebagai anak satu-satunya, dia sangat dimanja oleh kedua orang tuanya, sampai suatu ketika ia meminta hadiah ulang tahun berupa kalung terindah yang tidak dimiliki oleh siapapun.

Sang raja memerintahkan anak buahnya untuk mencari alung tersebut, namun tidak membuahkan hasil. Melihat kondisi tersebut, ibunya merelakan kalung mewah kesayangannya, namun sang putri menolak karena bukan kalung itu yang ia inginkan.

Mendengar penolakan anaknya tersebut, ratu sangat sedih dan terus menangis sampai air matanya berhasil menenggelamkan kawasan kerajaan beserta seluruh isinya.

Dari kisah tersebut, maka munculah Telaga Warna dan Saat di bekas kawasan Kerajaan Kutatanggeuhan.

Fasilitas

Fasilitas Telaga Saat

Fasilitas pendukung yang bisa dinikmati oleh setiap pengunjung ialah area parkir yang luas, toilet, gazebo, penyewaan perahu, penyewaan tikar dan tempat makan.

Jika kamu ingin camping, maka peralatannya bisa membawa sendiri ataupun menyewanya dari tempat lain karena sampai saat ini tim pengelola Telaga Saat belum menyewakan peralatan dan fasilitas kemah.

Sedikit berbeda dengan tempat wisata pada umumnya, destinasi wisata ini tidak banyak memiliki warung makanan atau spot hunting kuliner sehingga kamu bisa menyiapkan sendiri dari rumah sesuai dengan kebutuhan.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Telaga Saat

Telaga Saat berlokasi di Desa Tugu Utara, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Nantinya, pengunjung bisa memasuki kawasan wisata ini melalui gerbang masuk yang berdekatan dengan tempat wisata Melrimba Garden.

Berikut ialah beberapa rute perjalanan dari beberapa arah yang bisa dijadikan sebagai referensi:

1. Dari Arah Jakarta

Jika kamu berangkat dari arah Jakarta, maka bisa mengambil arah keluar Tol Jagorawi / tol Gadog. Setelah itu, ambil jalan menuju Puncak lalu jalan sampai menemukan gerbang Melrimba kemudian belok kiri sampai menemukan lokasi Telaga Saat.

2. Dari Arah Bogor

Jika kamu berangkat dari arah Bogor, maka masuk pintu Pos Wisatawan Telaga Warna di kawasan Cisarua, lokasinya tidak jauh dari Masjid Atta’awun.

Setelah itu, kamu akan melewati loket tiket dan dihadapkan oleh dua arah yakni ke kanan menuju Telaga Warna dan ke arah kiri menuju Telaga Saat.

Kedua rute tersebut nantinya bisa dijadikan referensi ketika ingin mengunjungi Telaga Saat, baik itu dari arah Jakarta ataupun Bogor.

Setelah mengetahui terkait harga tiket, jam operasional, aktivitas yang bisa dilakukan, mitos, fasilitas dan lokasi serta rute menuju Telaga Saat, maka jangan ragu lagi untuk segera rencanakan liburanmu ke tempat ini ya!

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.