TAMAN LANGIT Pangalengan: Tiket & Aktivitas 2022

Harga TiketRp5.000 - Rp10.000
Jam Buka24 Jam
Nomor Telepon0812-2474-7161
AlamatJalan Cukul, Kampung Puncak Mulya, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Tahukah kamu? Bahwa melihat pemandangan alam mampu menghilangkan rasa penat dan jenuh akibat aktivitas sehari-hari. Salah satu tempat yang menyajikan pemandangan alam yang indah yaitu Taman Langit Pangalengan yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat.

Tidak hanya itu, tempat ini juga memiliki beragam fasilitas lain yang dapat memberikan kesan baik bagi waktu liburan kamu. Penasaran bukan? Yuk baca baik-baik artikel ini!

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Taman Langit Pangalengan

Supaya bisa masuk, kamu tentunya membutuhkan tiket masuk bukan? Oleh sebab itu, kami mencantumkan tabel harga tiket masuk, harga parkir, dan harga paket camping.

Harga tiket masuk dan parkir

Jenis TiketHarga
Anak-anak usia 7-12 tahunRp5.000 per orang
DewasaRp10.000 per orang
Parkir motor (non camping)Rp5.000
Parkir motor (camping)Rp10.000 per malam
Parkir mobil (non camping)Rp10.000
Parkir mobil (camping)Rp20.000 per malam

Harga tiket dan paket camping

Bagi yang ingin camping tetapi tidak ingin repot membawa peralatan, kamu bisa menyewa paket camping satu malam, dengan harga sebagai berikut:

Jenis Tiket/PaketHargaFasilitas
Tiket campingRp35.000 per orang untuk satu malamReguler
Paket camping standarRp450.000Tiket masuk dan camping, matras, sleeping bag, tenda dome, lampu tenda, flysheet, terminal listrik, kayu bakar.
Paket camping mediumRp550.000Tiket masuk dan camping, matras, extra bed, tenda quecua arpenaz, sleeping bag, terminal listrik, lampu tenda, kayu bakar.

Jam Buka

Jam Buka Taman Langit Pangalengan

Kamu bisa berkunjung pada jam berapa saja, karena Taman Langit Pangalengan memiliki jam operasional 24 jam. Apabila hanya ingin menikmati pemandangan, kamu bisa datang mulai jam 05.00 sampai 17.00

Walaupun buka setiap hari, tempat ini dipadati oleh pengunjung saat akhir pekan dan hari libur nasional.

Aktivitas di Taman Langit

Aktivitas di Taman Langit

Taman Langit Pangalengan merupakan salah satu tujuan wisata alam yang berada di ketinggian 1670 meter di atas permukaan laut. Tempat ini memiliki panorama alam yang indah dengan konsep 360 derajat.

Mengapa 360 derajat? Karena pengunjung dapat menikmati sunset atau sunrise dari seluruh sudut pandang. Eits, masih banyak, lho, aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di tempat ini. Berikut kami jelaskan lebih detail.

1. Menikmati keindahan matahari terbit

Mengingat tempat ini merupakan sunrise point dan berada pada ketinggian, kamu akan disuguhkan keindahan matahari terbit yang muncul dari barisan Gunung Wayang yang ada di wilayah Pangalengan.

2. Menyusuri jembatan kayu

Jembatan kayu yang terbentang sepanjang 300 meter ini menjadi spot favorit yang ada di Taman Langit. Jembatan ini berbentuk seperti huruf U dan berada di tengah kebun teh.

Jembatan kayu ini merupakan akses penghubung dari parkir mobil ke spot utama atau camping ground. Selain itu, kamu bisa melihat panorama alam yang indah dari berbagai sudut pandang atau 360 derajat. Ketika kabut tipis mulai muncul, jembatan ini terlihat romantis dan instagramable.

3. Melihat samudra awan

Pada pagi hari, area perbukitan akan tertutup dengan lapisan awan. Fenomena inilah yang disebut dengan samudra awan. Samudra awan berupa hamparan awan dan kabut yang menyelimuti wilayah Pangalengan dan sekitarnya.

Samudra awan hanya ada saat waktu-waktu tertentu dan tidak dapat diprediksi kapan munculnya. Namun, biasanya terlihat ketika musim kemarau. Hamparan awan ini terlihat lebih cantik apabila dilihat melalui gardu pandang yang ada.

4. Camping

Selain menawarkan pemandangan yang indah, Taman Langit Pangalengan juga menawarkan fasilitas camping ground. Lebih menariknya lagi, atraksi utama yang ada di Taman Langit Pangalengan ada pada wisata panorama camping ground tersebut.

Seperti yang sudah disebutkan, pihak pengelola juga menyediakan jasa sewa peralatan camping yang diperlukan. Kawasan ini berada di tengah kebun teh dan mampu menampung lebih dari 20 tenda perkemahan.

Disini, pengunjung bisa menikmati view city light kota Bandung pada malam hari dari ketinggian. Pada sekitar camping ground, terdapat fasilitas umum seperti toilet, mushola, dan warung. Warung tersebut buka 24 jam dan menyediakan bermacam makanan instan serta camilan.

Sebelum memutuskan untuk berkemah, disarankan untuk mempertimbangkan faktor cuaca terlebih dahulu. Apalagi, suhu udara akan turun drastis pada sore hari, mengingat tempat ini berada di ketinggian. Jadi, jangan lupa menyiapkan pakaian tebal, ya.

5. Menikmati berbagai pemandangan dari satu tempat

Seperti konsepnya, yaitu 360 derajat, tempat ini mampu menyajikan pemandangan alam yang berbeda-beda, tergantung di sebelah mana kamu berdiri. Pemandangan tersebut yaitu hamparan kebun teh, pemandangan pantai selatan, dan tangkuban perahu.

Fasilitas

Fasilitas Taman Langit Pangalengan

Sebagai sarana pendukung, pengelola Taman Langit Pangalengan menyediakan berbagai fasilitas, yaitu:

  • Area parkir yang luas
  • Mushola
  • Toilet
  • Warung makan
  • Berbagai spot foto instagramable

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Taman Langit Pangalengan

Taman Langit Pangalengan beralamat di Jalan Cukul, Kampung Puncak Mulya, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

1. Dari pusat Kota Bandung

Jika dari arah pusat Kota Bandung, kamu perlu menempuh jarak sekitar 68 km dengan waktu sekitar 2 jam 20 menit. Dari Kota Bandung, berjalan menuju ke arah Soreang atau melalui Tol Soroja untuk waktu yang lebih singkat.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke arah Banjaran, kemudian belok ke Jalan Raya Pangalengan hingga sampai di daerah Pangalengan. Tinggal lurus saja melewati Situ Cileunca hingga tiba di Situ Cukul. Dari Situ Cukul, lurus terus menuju Vila Jerman yang berada di Jalan Cukul.

Ketika sampai di pertigaan, belok ke kanan dan ikuti saja jalan kecil hingga sampai di lokasi. Jangan lupa untuk perhatikan papan petunjuk arah yang ada di sepanjang jalan.

2. Dengan Transportasi Umum

Selain menggunakan kendaraan pribadi, kamu juga bisa memanfaatkan transportasi umum untuk menuju kesini. Apabila menggunakan transportasi umum, kamu bisa memulai dari Terminal Leuwi Panjang atau Terminal Tegallega.

Pada kedua terminal tersebut, terdapat kendaraan umum seperti bus dan elf yang dapat digunakan. Namun, saat ini Taman Langit Pangalengan hanya bisa diakses menggunakan elf atau minibus saja, belum bisa menggunakan bus yang berukuran sedang hingga besar.

3. Gunakan Google Maps

Seumpama mendapatkan kesulitan saat menuju ke Taman Langit Pangalengan, jangan ragu untuk meminta bantuan atau bertanya kepada warga sekitar. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur Google Maps.

Ketika mendekati lokasi, perlu diketahui bahwa medan jalan akan semakin menanjak dan berbatu. Dengan sisi kiri dan kanan merupakan hamparan perkebunan teh. Wisatawan juga melintasi jalan yang masih berupa tanah saat beberapa meter sebelum gerbang.

Oleh karena itu, akses jalan ini sulit dilewati ketika musim hujan. Tempat wisata ini juga berdekatan dengan tempat wisata alam yang lainnya, seperti sunrise point Cukul, Wisata Alam Bukit Pewayangan, Curug Conggeang, dan masih banyak lagi. Jaraknya pun juga tidak jauh, sekitar 2 kilometer saja.

Nah, itulah informasi seputar Taman Langit Pangalengan sebagai gambaran bagi kamu sebelum mengunjungi lokasi. Cukup menarik untuk dikunjungi terutama bersama keluarga bukan? Yuk mulai jadwalkan waktu untuk berkunjung kesini!

Kunjungi juga:

Photo of author

Meluncur

Liburan dengan Cerdas