TAMAN HERBAL INSANI: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Share
TAMAN HERBAL INSANI: Aktivitas & Tiket Masuk 2022
Harga TiketRp25.000 - Rp30.000
Jam Buka08.00 - 17.00 WIB
No Telepon081310023260 / 0251 - 8606552
AlamatJl. Kp. Kandang No.26, Duren Seribu, Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Indonesia, 16518

Bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja? Mendambakan berwisata sekaligus mendapatkan pengetahuan baru? Jika iya, maka Taman Herbal Insani patut kamu kunjungi bersama keluarga.

Pasalnya, tempat ini memiliki konsep belajar mengenal tanaman herbal yang disertai dengan praktik sambil berwisata di alam terbuka. Selain itu, tempat ini juga menyajikan berbagai arena permainan yang cocok untuk anak-anak.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Taman Herbal Insani

Untuk berkunjung dan bermain di Taman Herbal Insani, kamu tidak perlu membayar mahal, karena cukup dengan membayar puluhan ribu, kamu sudah bisa melakukan berbagai aktivitas di dalamnya.

Jenis TiketHarga
Anak usia < 3 tahunGratis
Anak usia 4–12 tahunRp25.000
DewasaRp30.000
Paket camping anak sekolahRp25.000/orang
Paket wisata sekolahRp95.000/orang (minimal 35 orang dan maksimal 200 orang)
MemanahRp5.000/5 anak
Memberi makan kelinciRp5.000
Becak miniRp5.000
Terapi ikanRp5.000/30 menit
Sepeda airRp5.000
Bebek/perahu canoRp15.000
Sewa saungRp50.000-Rp500.000

Namun, perlu diketahui bahwa harga tiket masuk yang dicantumkan diatas belum termasuk fasilitas lainnya. Selain itu, harga juga bisa berubah kapan saja, terutama ketika high season.

Jam Buka

Jam Buka Taman Herbal Insani

Taman Herbal Insani buka setiap hari, mulai pukul 08.00 sampai 17.00. Untuk kegiatan sore, dimulai pada pukul 16.00 hingga selesai.

Aktivitas di Taman Herbal Insani

Aktivitas di Taman Herbal Insani

Taman Herbal Insani merupakan sebuah tempat wisata sekaligus edukasi untuk keluarga. Tempat ini cukup populer di kalangan warga Depok, walaupun tempatnya sedikit terpencil. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung, apalagi ketika akhir pekan atau hari libur.

Sesuai dengan namanya, Taman Herbal Insani dibangun sebagai wadah masyarakat untuk belajar tentang pemanfaatan tanaman herbal, cara budidaya, serta cara pengolahannya.

Sang pemilik, Ir. Mahendra, awalnya berinisiasi untuk menggabungkan tempat wisata dengan konsep taman herbal dengan harga terjangkau dan ramah lingkungan untuk keluarga. Tak heran, jika disini dipenuhi oleh tanaman-tanaman herbal/obat.

Selain itu, disini juga terdapat berbagai macam wahana permainan, seperti becak mini, panahan, rakit, dan lain sebagainya. Eits, tapi masih banyak, lho, aktivitas lain yang bisa kamu lakukan disini, berikut rinciannya:

1. Berenang

Tidak hanya menyediakan tanaman herbal yang lengkap, tempat ini juga dilengkapi dengan kolam renang, lho. Bahkan, terdapat dua kolam renang dangkal yang cocok untuk dijadikan tempat bermain bagi anak-anak. Jadi, untuk kamu yang suka berenang, jangan lupa siapkan baju renang, ya!

2. Mengenal dan mempelajari tanaman herbal

Kegiatan yang satu ini menjadi ciri khas utama dari Taman Herbal Insani. Disini, kamu bisa mengenal lebih dalam tentang keanekaragaman hayati flora, khususnya tanaman herbal.

Pengunjung akan diajak berkeliling melihat berbagai macam tanaman obat, serta diajak untuk mengidentifikasinya. Setelah itu, pengunjung akan ditunjukkan tentang cara pengolahan obat herbal dan dijelaskan khasiat dari tanaman obat tersebut.

Kira-kira, begini urutannya:

  1. Berkeliling kebun melihat berbagai jenis tanaman obat serta khasiat dan cara penggunaannya.
  2. Praktek membudidaya tanaman herbal/obat.
  3. Praktek membuat rebusan obat herbal.
  4. Praktek membuat jahe merah instan.

Tidak hanya itu, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan area pembibitan tanaman obat yang berkualitas. Sehingga, jika ingin membawa pulang, kamu tidak perlu repot-repot mencarinya lagi.

Koleksi tanaman obat yang terdapat ini tempat ini antara lain: daun mint, daun ungu, pegagan, mimba, pohon zaitun, daun dewa, akar sengugu, daun saga, tapak dara, minyak kayu putih, dan masih banyak lagi.

3. Berkunjung ke pabrik

Wisatawan juga bisa berkunjung ke pabrik PT. Herbal Insani untuk mempelajari cara pengolahan obat herbal. Selama berkeliling di pabrik, wisatawan dapat melihat langsung proses pembuatan obat herbal.

Mulai dari bentuk mentah (masih tanaman), menjadi serbuk, dimasukkan ke dalam kapsul, hingga sterilisasi menggunakan ultra merah.

4. Mengunjungi taman kelinci

Pengunjung, terutama anak-anak yang menyukai area ini, karena dapat bermain bersama kelinci sekaligus memberi makan kelinci-kelinci yang ada di dalam taman. Dengan adanya taman kelinci, menambah manis pemandangan area bibit tanaman herbal.

5. Bermain bagi anak-anak

Pengunjung bisa menemukan berbagai permainan edukatif disini. Misalnya, untuk melatih ketangkasan, kamu bisa memilih menaiki rakit atau sampan. Selain itu, terdapat permainan-permainan lain yang tidak kalah seru, yakni:

  1. Bakiak
  2. Balap Karung
  3. Egrang
  4. Latihan Panahan
  5. Main Bola
  6. Memancing
  7. Menangkap Ikan
  8. Permainan Ketangkasan

6. Bersantap di saung

Setelah seharian menikmati keseruan, tentunya akan merasa lapar bukan? Jangan khawatir kelaparan, karena disini disediakan hidangan yang bisa dinikmati di tengah perkampungan sejuk. Sambil menikmati makanan, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan di tengah saung pondok empang.

Tidak hanya itu, waktu makan kamu akan terasa lebih teduh karena ditemani alunan musik degung khas Sunda.

Fasilitas

Fasilitas Taman Herbal Insani

Tentunya, Taman Herbal Insani juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai, seperti:

  1. Toilet
  2. Gazebo
  3. Joglo atau pendopo
  4. Masjid

Untuk pengunjung yang membeli paket wisata, akan diberikan beberapa akomodasi yang menarik, yakni:

  1. Seminar pemanfaatan tanaman herbal dan mendapatkan kit (buku dan pena).
  2. Berlatih panahan.
  3. Makan siang beserta kudapan.
  4. Wahana permainan.
  5. Praktek cara mengolah obat herbal.

Alamat dan Rute

Alamat dan Rute Taman Herbal Insani

Taman Herbal Insani berlokasi di Jl. Kampung Kandang No. 26, Kec. Duren Seribu, Kab. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat. Untuk menuju kesana juga terbilang mudah, karena lokasinya masih dekat dengan kota.

Namun, tempat wisata ini tidak terletak di pinggir jalan raya, melainkan sedikit masuk ke perkampungan warga.

Kamu bisa membawa kendaraan pribadi atau naik bus, kereta, taksi, ojek, dan angkutan umum lainnya. Tentunya, membawa kendaraan pribadi akan lebih bebas dibanding dengan menggunakan angkutan umum.

Saat berkunjung di akhir pekan atau hari libur nasional, kemungkinan kamu akan mengalami kemacetan, terutama yang membawa kendaraan pribadi.

1. Dari pusat Kota Depok

Jika berasal dari arah pusat Kota Depok, pilih ke Jalan Pengasinan, kemudian belok ke Jalan Baru. Setelah itu, lanjutkan ke Jalan Durian menuju Jalan Kampung Baru.

Jalan lainnya, ketika melewati Jalan Pengasinan, belok ke Jalan ARCO. Selanjutnya, langsung masuk ke Jalan Durian dan Jalan Kampung Baru. Tempat ini ada di sebelah kiri jalan.

2. Waktu tempuh dan jarak

Dari Stasiun Depok atau Terminal Depok Margonda menuju taman edukasi ini menghabiskan waktu sekitar 45 menit dengan jarak tempuh sekitar 15 km. Sementara, jika dari Terminal Baranangsiang ke tempat ini kurang lebih 30 km dalam waktu satu jam.

Jika kesulitan menemukan tempat ini, kamu bisa menggunakan bantuan Google Maps atau Waze untuk menemukan tempat ini. Cukup dengan mengetikkan lokasi asal dan nama tempat wisata ini, kamu langsung diarahkan menuju taman ini.

Setelah membaca artikel ini, tentunya semakin tidak sabar untuk mengunjungi Taman Herbal Insani bukan. Apalagi, tempat ini menawarkan wisata sekaligus belajar. Jadi, cocok untuk segala usia dan kalangan.

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.