TAMAN BATU Purwakarta: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Share
TAMAN BATU Purwakarta: Aktivitas & Tiket Masuk  2022
Harga TiketRp10.000 - Rp20.000
Jam Buka08.00 - 17.00 WIB
Nomor Telepon+62 831-2624-2265
AlamatJalan Cijanun, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Purwakarta, Jawa Barat

Berkunjung ke objek wisata Taman Batu Purwakarta adalah salah satu pilihan yang tepat untuk kamu yang sedang mencari tempat berenang namun menyatu dengan alam. Salah satu destinasi hits di Jawa Barat ini memiliki nuansa sejuk dan asri khas perbukitan yang mampu menghipnotis setiap mata.

Tempat ini hampir tidak pernah sepi wisatawan termasuk di hari kerja yakni Senin hingga Jumat. Para wisatawan tidak hanya datang dari dalam kota namun juga luar kota, luar provinsi, dan bahkan beda pulau. Taman batu ini cocok untuk wisata keluarga, gathering dengan teman kantor, atau bahkan healing.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Taman Batu Purwakarta

Mengingat tempat ini salah satu yang lagi hits, dan menawarkan panorama alam yang indah, harga tiket masuknya tergolong merakyat seperti berikut:

HargaKeterangan
Rp3.000Parkir motor
Rp5.000Parkir mobil
Rp10.000HTM Senin – Jumat
Rp20.000HTM Sabtu dan Minggu / libur nasional

 

Harga tiket masuk di atas berlaku untuk semua pengunjung di berbagai usia termasuk juga anak-anak dan balita. Sebagai informasi tambahan dilansir dari sejumlah situs online, sebaiknya setiap pengunjung membawa tanda bukti vaksin dan tetap memakai masker selama berada di dalam area tempat wisata.

Jam Buka Tutup

Jam Buka Tutup Taman Batu Purwakarta

Taman Batu Purwakarta dibuka setiap hari termasuk tanggal merah dengan jam operasional mulai dari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Jika ingin mendapat nuansa yang lebih dramatis dan hasil foto terbaik maka bisa datang saat pagi atau sore hari. Namun tidak masalah jika ingin datang saat siang hari karena di tempat ini ada banyak tempat berteduh dari terik matahari ketika musim kemarau.

Sejarah

Sejarah Taman Batu Purwakarta

Sejarah Taman Purwantara dimulai ketika PDAM mengambil air dari sumber air Cijanun untuk diolah, dikelola, dan didistribusikan kepada masyarakat.

Namun karena sebab yang tidak diketahui dengan pasti, proyek tersebut dihentikan oleh PDAM dan air yang telah ditampung di area yang saat ini menjadi lokasi Taman Purwantara menjadi menganggur. Akhirnya, air tersebut digunakan menjadi air kolam renang seperti saat ini.

Aktivitas di Taman Batu Purwakarta

Aktivitas di Taman Batu Purwakarta

Taman Purwantara dibangung di atas area seluas 5000 m2 dan nama lain tempat ini adalah Wisata Mata Air Cijanun. Ada banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan selama berkunjung ke taman ini dan berikut beberapa diantaranya:

1. Berfoto dan Menikmati Alam Sekitar

Ada banyak batu alami beraneka bentuk dan ukuran di area taman yang akan menarik ketika difoto. Batu-batuan ini bukan buatan manusia melainkan alami, dan asalnya sendiri adalah dari gugusan batuan pegunungan Burangrang.

Lokasi dari taman yang sangat dekat bahkan berdampingan dengan kawasan hutan juga menjadi pemandangan alam lain yang sayang untuk dilewatkan, baik sekedar dinikmati ataupun diabadikan dengan lensa kamera.

Hutan ini sangat hijau dan rimbun karena dikelola dengan baik oleh Perhutani KPH Purwakarta. Selain itu, sebelum sampai ke lokasi wisata kamu akan berjalan melewati hamparan teh yang indah di kecamatan Bojong Purwakarta.

2. Berenang

Kolam renang tempat wisata Purwantara ini sangat unik karena dibuat bertingkat, dan terkesan alami karena di area kolam ada batu-batu aneka bentuk dan ukuran serta pohon-pohon sebagai peneduh.

Air kolamnya sendiri terasa menyegarkan dan jernih serta tidak mengandung kaporit atau bahan kimia lain karena berasal langsung dari bendungan air Cijanun. Setiap kolam memiliki ukuran 10 x 6 meter dengan kedalaman bervariasi.

Ada kolam khusus anak-anak dengan kedalaman mulai dari 50 cm saja, dan ada kolam untuk pengunjung dewasa yang kedalamannya mencapai 4 meter. Tapi jangan khawatir, ada juga kolam dewasa dengan kedalaman kurang dari 3 meter untuk kamu yang mungkin kurang jago berenang.

Ketika berendam atau berenang kamu juga akan disuguhkan pemandangan epik berupa lereng perbukitan yang dikelilingi kebun dan hutan alami sehingga rasanya benar-benar menyatu dengan alam.

3. Bermain di Air Terjun

Ada air terjun buatan yang terasa alami karena dikelilingi bebatuan alami dan tumbuhan di Taman Purwantara. Kamu bisa bermain air atau membasuh diri di bawah aliran air terjun dan spot ini juga menjadi salah satu yang populer untuk berfoto.

Mitos dan Misteri

Mitos dan Misteri Taman Batu Purwakarta

Ada banyak yang mencari-cari informasi mitos dan misteri mengenai wisata Taman Batu yang viral baru-baru ini. Namun sebenarnya tidak ada mitos dan misteri pasti yang dikaitkan dengan tempat wisata yang satu ini.

Jadi tenang saja, selama kamu berwisata dengan sopan dan mengikuti peraturan yang ada, tentu saja tidak akan terjadi apa-apa.

Fasilitas

Fasilitas Taman Batu Purwakarta

Pihak pengelola membuat banyak fasilitas di area Taman Batu Purwakarta agar para pengunjung bisa merasa nyaman. Beberapa fasilitas ini termasuk:

  • Area untuk parkir kendaraan (motor dan mobil atau minibus)
  • Pendopo
  • Saung / gazebo
  • Tempat duduk yang tersebar di berbagai sudut
  • Ruang bilas dan kamar ganti
  • Toilet
  • Warung makan
  • Hammock
  • Penginapan

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Taman Batu Purwakarta

Tidak mengherankan jika taman batu ini memiliki nuansa yang asri, rindang, dan sejuk karena lokasinya berada di lereng perbukitan tepatnya di kaki Gunung Burangrang, yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Purwakarta. Alamat lebih lengkapnya adalah di Jalan Cijanun, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong.

Jika datang dari arah pusat kota Purwakarta maka membutuhkan sekitar 1 jam berkendara untuk sampai ke lokasi tujuan, dengan jarak kira-kira 32 km. Sedangkan untuk rutenya adalah sebagai berikut:

  • Ambil arah ke situs Wanayasa, lalu pergi ke daerah Bojong. Setelah menemukan Pasar Bojong, ikuti arah jalan dan lurus saja sampai menemukan kantor polisi Bojong dan melihat pertigaan yang di bagian tengahnya ada tugu.
  • Saat sudah sampai di pertigaan tugu, ambil arah kanan / belok kanan dan jalan lurus sampai menemukan SD Cipeundeuy. Tidak jauh dari SD ini ada pertigaan, pilih arah kanan lalu lurus saja sampai menemukan pintu masuk wisata Taman Batu Purwakarta.

Ada juga rute lain yang bisa diambil meskipun sama-sama dari arah Purwantara, yaitu:

  • Ambil arah ke Pasar Rebo Purwakarta, kemudian masuklah ke Jalan Kapten Halim dan lurus saja mengikuti jalan yang ada.
  • Rute ini akan membawa kamu melewati RS Holistic Purwakarta. Jika sudah di RS ini kamu bisa ambil arah ke Jalan PDAM, kemudian lurus saja sampai menemukan papan petunjuk jalan yang mengarah ke Taman Purwakarta.

Sedangkan untuk kamu yang datang dari arah Jakarta, maka ada dua pilihan rute yang bisa kamu pilih untuk pergi ke objek wisata Purwantara dengan masing-masing detailnya sebagai berikut:

Rute 1

Rute pertama ini bisa diakses oleh motor dan mobil namun hanya muat untuk satu mobil, jadi jika kamu berkendara sendiri dengan mobil diharapkan untuk hati-hati terutama saat berpapasan dengan kendaraan lain dari arah berlawanan.

Pastikan juga untuk selalu menjaga jarak dan mengatur kecepatan. Rutenya adalah Jakarta – Sadang – Purwakarta – Situ Wanayasa – Bojong -Cipeundeuy – Cijanun.

Rute 2

Sedangkan rute kedua adalah Jakarta – Sadang – Purwakarta – Pondok Salam – Cipeundeuy – Cijanun. Jika dibanding rute pertama, rute kedua termasuk lebih singkat dan lebih nyaman bagi kamu yang berkendara dengan motor karena di rute ini lebih sedikit kendaraan roda empat.

Keuntungan menggunakan motor adalah tidak harus berjalan kaki sangat jauh saat sudah mendekati lokasi wisata. Kamu tetap bisa berkendara dengan motor namun hati-hati karena lebar jalannya hanya muat untuk satu motor.

Ada banyak rute yang bisa diambil untuk menuju Taman Batu Purwakarta dan kamu bisa gunakan maps atau langsung bertanya ke warga sekitar jika kurang jelas. Taman ini sendiri cocok untuk liburan keluarga terutama anak-anak karena konsepnya memang untuk berenang dan bermain air.

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.