SITU CIPANTEN: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Share
SITU CIPANTEN: Aktivitas & Tiket Masuk 2022
Harga TiketRp5.000 - Rp10.000
Jam Buka08.00 - 17.00 WIB
Nomor Telepon0822-6260-0744
AlamatJl. Gn. Kuning - Sindang, Gn. Kuning, Kec. Sindang, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat

Jika kamu mencari tempat asik untuk tujuan wisata di akhir pekan dengan bertemakan alam, maka kamu bisa menjadikan Situ Cipanten sebagai salah satu pilihan. Salah satu objek wisata populer di Jawa Barat ini menawarkan landscape alam yang apik antara danau dan hutan dengan banyak spot instagenik.

Tidak heran jika destinasi ini selalu ramai pengunjung terutama di akhir pekan dan libur nasional seperti lebaran, natal, dan tahun baru. Nuansa eksotis sangat terasa dan udara segar khas pegunungan juga kian terasa. Jika tertarik untuk datang, pastikan sudah tahu berapa harga tiket masuk dan jam operasionalnya.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Situ Cipanten

Keindahan alam di objek wisata Situ Cipanten dapat kamu lihat sepuasnya dengan terlebih dahulu membeli tiket masuk yang harganya tergolong sangat murah dan dihitung per kendaraan, bukan per orang.

Rp5.000Motor
Rp10.000Mobil

Harga di atas hanya berlaku untuk tiket masuk saja ya, dan jika di dalam area wisata kamu ingin menaiki wahana atau peralatan maka perlu merogoh kocek lagi dengan jumlah tergantung masing-masing jenis peralatan atau wahana yang kamu pilih. Berikut daftar harganya:

WahanaTarif per Orang
Bebek gowesRp20.000
Sewa perahu dayungRp10.000 untuk dewasa, Rp5.000 untuk anak-anak
Sepeda gantungRp20.000
PelampungRp10.000
Foto di area kapal TitanicRp2.500
AyunanRp5.000
Foto di jembatan cintaRp2.500

Jam Buka Tutup

Jam Buka Tutup Situ Cipanten

Danau Situ Cipanten tidak dibuka 24 jam karena termasuk objek wisata outdoor dan alam sehingga kurang aman untuk pengunjung. Namun jangan khawatir, kamu tetap bisa menghabiskan banyak waktu di tempat ini karena jam operasionalnya yang cukup panjang yaitu dari jam 08.00-17.15 WIB setiap hari/tanpa libur.

Aktivitas di Situ Cipanten

Aktivitas di Situ Cipanten

Ketika datang ke tempat wisata yang satu ini dijamin kamu tidak akan bosan apalagi kecewa karena sudah jauh-jauh berkunjung karena ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan seperti beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Selfie / Swafoto

Keindahan alam di danau Cipanten tidak perlu diragukan lagi karena hampir setiap sudut di tempat ini dapat menjernihkan pandangan mata kamu dan bahkan sangat instagramable sehingga cocok untuk dijadikan spot foto atau bahkan video.

Hutan di area ini masih sangat rindang, hijau, udaranya segar, berhawa sejuk, dan air danaunya sendiri sangat jernih bahkan kejernihannya lebih dari yang kamu bayangkan.

2. Naik Perahu

Kejernihan dari air danau di tempat ini bahkan banyak diburu untuk diabadikan dengan lensa kamera. Banyak pengunjung menyewa perahu kayu lalu mendayun agak ke tengah dan mengambil foto dari sudut atas dan agak miring sehingga perahu tampak seperti melayang di udara.

3. Berenang

Jika ingin merasakan langsung seperti apa sensasi bersentuhan dengan air super jernih di danau Cipanten, maka kamu bisa berenang, bermain air, atau sekedar berendam di area yang sudah disediakan, dengan ataupun tanpa menyewa pelampung.

Ada juga kolam khusus yang berisi ikan-ikan kecil dan kamu bisa duduk di tepi kolam sambil menikmati ikan warna-warni dari atas kolam. Jika kamu menaburkan pakan yang bisa dibeli langsung di lokasi maka kawanan ikan akan menghampiri bahkan mungkin menggigit kaki kamu.

Tapi jangan khawatir ya, ikan-ikan di dalam kolam ini sama sekali tidak berbahaya bahkan meskipun kamu digigit hanya akan terasa geli.

4. Kulineran

Sejauh ini tidak ada peraturan yang melarang pengunjung untuk membawa bekal makanan atau minuman masuk ke dalam area wisata danau Cipanten.

Namun jika kebetulan kamu lupa atau memang sengaja tidak membawa maka kamu bisa mampir ke warung-warung makan sederhana yang ada di sekitar lokasi untuk mencicipi aneka kuliner khas Majalengka dan menu lain asli Nusantara mulai dari camilan hingga makanan berat.

5. Naik Wahana

Selain perahu kayu, kamu bisa mencoba berbagai wahana seru di lokasi Situ Cipanten mulai dari yang santai seperti naik ke replika perahu Titanic, berfoto di jembatan cinta, dan menyusuri danau dengan bebek gowes, atau coba yang lebih memacu adrenalin seperti sepeda gantung atau ayunan tepi jurang.

Mitos dan Misteri

Mitos dan Misteri Situ Cipanten

Dibalik keindahannya rupanya ada misteri tersembunyi dan beberapa mitos Situ Cipanten yang diyakini oleh penduduk setempat serta ceritanya telah menyebar sampai ke telinga pengunjung seperti berikut:

1.     Danau Tua

Danau seluas 1 hektar ini rupanya sudah ada sejak tahun 1973 yang berarti merupakan danau tua. Awalnya tempat wisata Majalengka ini difungsikan sebagai tempat penangkaran ikan dan pengairan dan sempat tidak digunakan cukup lama sehingga tersebar cerita bahwa danau ini angker.

2.     Tidak Pernah Kering

Menurut cerita dari penduduk setempat, air di danau ini tidak pernah kering sejak awal hingga sekarang termasuk saat musim kemarau panjang sekalipun. Bahkan ada kabar bahwa air danau ini berasal dari tujuh mata air yang lokasinya tidak diketahui dengan pasti.

3.     Berubah Warna

Uniknya lagi, air danau akan berubah warna menjadi hijau setiap kali musim kemarau tiba dan kembali jernih selama musim penghujan.

Secara ilmiah, penyebabnya adalah lumut mengendap yang tersapu lalu ikut mengalir ke dalam danau. Namun ada juga yang lebih meyakini bahwa perubahan warna ini disebabkan oleh hal tak kasat mata.

4.     Peninggalan Belanda

Sumber berbeda menyebutkan bahwa danau Cipanten merupakan buatan sekaligus peninggalan Belanda yang proses pembangunannya dimulai pada 1971.

Terdengar kabar juga bahwa danau ini merupakan tempat pernikahan Ratu Juliana yang merupakan putri dari Pangeran Hendrik dan Ratu Wilhelmina. Suami dari sang putri sendiri adalah seorang bangsawan sekaligus pangeran Jerman bernama Bernhard, dan pernikahan terjadi pada Januari 1937.

Fasilitas

Fasilitas Situ Cipanten

Objek wisata Situ Cipanten dirawat dengan sangat baik oleh pihak pengelola dan hal ini dibuktikan dengan sejumlah fasilitas wisata yang sangat memadai, sehingga para pengunjung bisa berwisata dengan nyaman dan bahkan betah berlama-lama. Berikut sederet fasilitas yang dimilikinya:

  • Lahan parkir yang luas sehingga dapat menampung banyak kendaraan termasuk mobil dan bus wisata.
  • Toilet / kamar mandi umum.
  • Ruang ganti dan kamar bilas.
  • Warung makan sederhana.
  • Area bermain anak.
  • Gazebo dan tempat duduk di beberapa titik.
  • Outbound area.
  • Rest area.
  • Tempat sampah di berbagai sudut.
  • Tempat menyewa tikar untuk duduk.
  • Penginapan terdekat.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Situ Cipanten

Alamat Situ Cipanten termasuk sangat mudah untuk ditemukan, baik dengan papan petunjuk jalan atau Google Maps. Letaknya adalah di Kabupaten Majalengka tepatnya di Jalan Gunung Kuning yang masuk ke dalam kawasan Kecamatan Sindang.

Jika dari pusat kota di kabupaten ini maka jaraknya sekitar 16,5 km atau yang kira-kira membutuhkan waktu berkendara sekitar 30 menit saja. Akses jalan menuju ke lokasi termasuk bagus karena aspalnya rata, halus, dan juga medannya tidak berkelok, sehingga wisatawan luar kota pun bisa dengan mudah datang.

Jika kamu suka dengan hal-hal berbau mistis maka datang ke Situ Cipanten bisa menjadi salah satu pilihan ketika sedang berada di Majalengka. Namun untuk kamu yang sekedar ingin berwisata alam, danau ini juga merupakan salah satu pilihan yang ideal terlebih karena fasilitas dan wahana yang cukup lengkap.

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.