RIUNG GUNUNG Pangalengan: Pesona & Tiket Masuk 2022

Harga TiketRp10.000
Jam Buka24 Jam
Nomor Telepon-
AlamatKampung Riung Gunung, Desa Pulosari, Kec. Pengalengan, Kab. Bandung, Jawa Barat

Riung Gunung Pangalengan merupakan salah satu destinasi wisata alam yang cukup populer di Kota Bandung. Destinasi wisata satu ini menyuguhkan pemandangan berupa suasana kebun teh yang asri dan sejuk.

Pesona alam yang ada sangat memukau disertai suasana sejuk dan menenangkan. Dengan begitu, tidak heran jika kebanyakan orang menyebut sebagai Swiss-nya Kota Bandung.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Riung Gunung Pangalengan

Di bawah ini ialah tabel mengenai harga-harga tiket yang harus dipersiapkan ketika mengunjungi Riung Gunung Pangalengan:

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp10.000
Tiket Masuk Camping GroundRp25.000
Tiket Camping Paket HematRp400.000
Tiket Camping Paket LengkapRp600.000

Itulah harga-harga tiket yang ditetapkan, untuk memasuki wahananya secara umum nantinya akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000. Harga ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu.

Selanjutnya, untuk jenis tiket-tiket yang lain nantinya akan dikenakan ketika kamu ingin melakukan camping di tempat ini. Tiket paket camping yang tersedia ini nantinya juga bisa menjadi bahan pertimbangan dari pada harus membawa banyak peralatan camping dari luar.

Jam Buka

Jam Buka Riung Gunung Pangalengan

Sebagai salah satu wisata alam sekaligus camping ground yang cukup populer di Kota Bandung, Riung Gunung menetapkan jam operasional selama 24 jam. Pengunjung bisa mendatangi tempat ini kapanpun karena loket pemesanan tiket akan terus melayani secara 24 jam.

Daya Tarik Riung Gunung Pangalengan

Daya Tarik Riung Gunung Pangalengan

Riung Gunung menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok dipilih untuk melepas penat dan menghabiskan waktu liburan bersama dengan keluarga dan orang-orang tercinta. Pesona alamnya cukup memukau dengan suasana yang sejuk dan menenangkan.

Selain itu, daya tarik lain yang nantinya bisa kamu temui ketika mengunjungi tempat ini ialah:

1. Banyak Spot Foto Instagenic

Spot foto instagenic kini menjadi daya tarik yang sangat populer di kalangan pengguna sosial media, khususnya Instagram. Destinasi wisata kebun teh ini memiliki jembatan kayu yang melintasi tengah-tengah kebun teh sehingga bisa menjadi salah satu spot foto yang menarik.

Selain itu, hamparan kebun teh yang luas dan hijau disertai dengan pegunungan dan bukit di belakangnya juga menjadi spot foto yang tidak kalah menarik untuk dicoba.

2. Tempat Berburu Sunrise dan Sunset

Sunrise dan sunset kerap kali menjadi momen yang dicari dan ditunggu oleh kebanyakan orang. Di tempat ini, kamu bisa menikmati dua momen ini sekaligus.

Jika cuaca mendukung, maka pesona alam yang nampak akan sangat memukau, hamparan kebun teh yang hijau dengan langit berwarna jingga ataupun oranye di atasnya. Selain itu, momen sunrise juga menghadirkan perpaduan warna yang tidak kalah menarik.

3. Suasana Tenang dan Sejuk

Daya tarik Riung Gunung Pangalengan selanjutnya yang bisa kamu nikmati ialah suasana yang tenang, sejuk dan asri. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang ingin melepas penat pekerjaan ataupun mengatasi rasa bosan atas riuhnya suasana kota.

Hamparan kebun teh yang luas di area pegunungan membuat wilayahnya ini memiliki udara yang segar dan sejuk.

4. Asik digunakan Sebagai Tempat Camping

Tidak hanya sekedar berkunjung layaknya wisatawan pada umumnya, aktivitas camping atau bermalam juga bisa dilakukan di tempat ini.

Camping di area pegunungan dengan udara segar ini nantinya bisa menjadikan kamu lebih dekat dengan alam dan sulit terlupakan. Terlebih jika momen tersebut dilakukan bersama dengan keluarga, sanak saudara ataupun orang-orang terdekat.

5. Banyak Menawarkan Makanan Khas

Tidaklah berbeda dengan kebanyakan tempat wisata pada umumnya, Riung Gunung Pangalengan juga menawarkan berbagai jenis kuliner Khas Bandung yang bisa disantap sekaligus menikmati suasana yang sejuk dan asri.

Jenis makanan khas bandung seperti Nasi Liwet ataupun makanan-makanan khas Sunda lainnya bisa Anda peroleh di tempat ini. Bahkan, terdapat pula oleh-oleh khas Bandung yang nantinya bisa dibawa pulang untuk sanak saudara di rumah.

Dari ke-5 daya tarik tersebut, maka tidak heran jika Riung Gunung banyak dikunjungi wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara.

Fasilitas

Fasilitas Riung Gunung Pangalengan

Selain beberapa informasi yang telah dijelaskan, Riung Gunung juga memiliki fasilitas yang terbilang cukup lengkap. Sebagai destinasi wisata alam yang populer, berikut ialah beberapa fasilitas yang nantinya bisa menambah kenyamanan ketika berwisata:

1. Area Parkir

Area Parkir yang luas menjadi salah satu fasilitas yang nantinya bisa dinikmati. Kamu bisa memarkirkan kendaraan dengan mudah, baik itu kendaraan roda 2 maupun roda 4.

2. Jembatan Kayu

Fasilitas selanjutnya yang sangat ikonik dengan Riung Gunung Pangalengan ialah jembatan kayu. Objek ini lokasinya berada di tengah-tengah kebun teh sehingga setiap pengunjung bisa menikmati keindahan seluruh sisi kebun teh dari bagian tengah.

Dari atas jembatan ini, pengunjung juga bisa melihat pesona alam yang sangat memukau, tidak hanya hamparan kebun teh hijau melainkan perbukitan dan sungai yang ada di sekitarnya.

Itu sebabnya, tidak jarang pengunjung mengabadikan momen di atas jembatan kayu ini.

3. Camping Ground

Camping Ground atau are perkemahan merupakan alternatif yang nantinya bisa dipilih bagi kamu yang tidak ingin bermalam di hotel ataupun penginapan. Biasanya, aktivitas kemah ini banyak dilakukan oleh rombongan.

Sebagai fasilitas pendukung, Riung Gunung juga menyediakan paket penyewaan alat-alat perkemahan dengan harga dan karakteristik yang berbeda. Dengan begitu, kamu nantinya bisa menentukan sesuai kebutuhan dan kondisi keuangan.

4. Toilet

Sama halnya dengan kebanyakan tempat wisata pada umumnya, Riung Gunung juga menyediakan banyak toilet yang bisa digunakan setiap pengunjung.

5. Hammock

Hammock menjadi fasilitas yang cukup populer di Riung Gunung. Banyak pengunjung memanfaatkan alat ini untuk sekedar bersantai sambil menikmati indahnya pemandangan alam dan sejuknya udara yang ada.

Hammock yang disewakan nantinya dipasang diantara pepohonan ataupun tiang yang kuat agar bisa menahan beban tubuh kamu.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Riung Gunung Pangalengan

Lokasi Riung Gunung Pangalengan bisa ditempuh dengan akses jalan yang sedikit berbatu da rusak sehingga kamu harus berhati-hati ketika melewatinya. Alamat lengkapnya berada di Kampung Riung Gunung, Desa Pulosari, Kec. Pengalengan, Kab. Bandung.

Lokasi tersebut berjarak 50 km dari pusat Kota Bandung yang bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor kurang lebih 2 jam. Adapun rute perjalanan yang bisa dilalui ialah:

Ikuti Jalan Tol Soroja – Belok kiri menuju Jalan Raya Gading Tutuka – Lanjut ke Jalan Pahlawan – Jalan Soreang Banjaran – Dari pertigaan Pasar Banjaran belok kanan ke arah Cimaung / Pengalengan – setelah menemukan bundaran – Ambil Jalan Situ Cileunca.

Dari rute terakhir, maka jarak yang masih harus ditempuh untuk sampai ke Riung Gunung kurang lebih yakni 5 km. Bagi kamu yang ingin datang ke tempat ini, disarankan untuk membawa kendaraan sendiri, mengingat belum banyak trayek bus ataupun angkutan umum yang bisa sampai ke Riung Gunung.

Itulah informasi terkait harga tiket, jam operasional, daya tarik, fasilitas, lokasi serta rute yang bisa ditempuh menuju Riung Gunung Pangalengan. Sebagai wisata alam yang populer, maka luangkan waktu untuk mampir ke tempat ini ketika kamu singgah di Bandung.

Kunjungi juga:

Photo of author

Meluncur

Liburan dengan Cerdas