Pikatan Waterpark

Share
Comment 0 reply
Pikatan Waterpark
ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

*Apabila kalian tengah berada di Jawa Tengah tepatnya ada di Kabupaten Temanggung, maka sebaiknya kalian berkunjung ke Pikatan Waterpark.

Destinasi wisata yang berwujud kolam renang / waterpark modern ini menerapkan tema yang menyatu dengan alam.

Tak mau kalah dengan Owabong Waterpark, tempat wisata ini juga sangat pas apabila kalian sedang mencari lokasi rekreasi bersama keluarga.

Selengkapnya terkait Pikatan Waterpark, simak ulasannya di bawah ini.

Sejarah Pikatan Waterpark

tiket masuk pikatan

Objek wisata satu ini adalah salah satu taman rekreasi air terbesar yang berada di Jawa Tengah serta menyimpan legenda di dalamnya.

Taman air ini sebetulnya telah berdiri sejak pada zaman kerajaan Mataram Kuno.

Dulunya, tempat ini dimanfaatkan oleh salah seorang pemimpinnya yang bernama Rakai Pikatan. Nah, nama dari Pikatan itulah yang diambil dari nama belakang dari sang pemimpin kerajaan.

Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan kisah perjalanan dari Rakai Pikatan ini lewat mata pelajaran Sejarah pada saat berada di Sekolah Dasar.

Diceritakan sang pangeran kerap kali mandi di kolam atau juga disebut sebagai jembangan pada waktu dahulu.

Tak hanya pangeran, para abdi serta masyarakat sekitar juga kerap kali menggunakan airnya untuk mandi serta guna memenuhi kebutuhan air sehari – hari.

Seiring dengan perkembangan waktu, jembangan itupun pelan – lahan dibangun menjadi suatu kolam renang.

Pada mulanya, kolam itu hanya suatu kolam renang standar yang dipakai sebagai lokasi latihan atlet olahraga renang.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, pihak pengelola dalam hal ini pemerintah daerah mulai menggarap serta melengkapi tempat itu dengan aneka jenis kolam lengkap dengan fasilitas penunjang wisata.

Keberadaan Pikatan Waterpark ini juga menjadi salah satu bentuk promosi yang cerdas dari pemerintah Temanggung, pasalnya belum banyak taman air yang berada di daerah karesidenan ini.

Sumber air melimpah di dalam wisata ini juga selalu bersih. Hal tersebut disebabkan setiap harinya, air silih berganti mengisi kolam renang serta setiap seminggu sekali dilakukan kuras kolam secara keseluruhan.

Bahkan hingga sekarang, air yang dipakai dalam taman rekreasi ini juga dimanfaatkan sebagai irigasi oleh warga sekitar.

Dan menariknya lagi, saking bagusnya kualitas sumber air tersebut, bahkan dimanfaatkan oleh salah satu usaha Air Mineral kemasan yang cukup ternama di wilayah Temanggung.

Objek Wisata

Ketika kalian berkunjung ke Pikatan Waterpark, ada beberapa wahana seru atau objek wisata yang dapat kalian temukan, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Sumber Air dari Pegunungan

tiket masuk pikatan waterpark temanggung 2021

Berada di kawasan Kabupaten Temanggung, membuat objek wisata satu ini terasa begitu sejuk dan juga nyaman. Terlebih lagi, apabila tempat ini sangat jauh dari keramaian dan juga polusi.

Beda halnya dengan objek wisata waterpark lainnya, di tempat ini justru terletak di tengah – tengah pedesaan.

Nuansa desa yang sejuk nan tenang, akan langsung  menyambut kedatangan kalian ketika pertama kali menginjakan kaki di sini.

Bahkan berkat kesejukannya tersebut, waterpark ini sudah menjadi primadona sejak pada tahun 2009 lalu.

Air yang ada di kolam renang juga sangat segar, sebab asalnya langsung dari air pegunungan.

Dan yang membuatnya unik, pemandangan Gunung Sumbing serta Sindoro bisa kalian saksikan di kawasan waterpark!

2. Jenis Kolam Renang

tiket masuk pikatan waterpark temanggung 2022

Berdiri di atas lahan seluas 1,5 hektar, waterpark satu ini selalu dipenuhi oleh para wisatawan yang berasal dari berbagai daerah.

Walaupun terletak di pedesaan, destinai wisata satu ini tetap tampil sebagai suatu wahana wisata yang modern. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya wahana yang tersedia di sekitar lokasi wisata.

Diantaranya terdapat 10 jenis waterslide yang panjangnya lebih dari 5 – 50 meter.

Menariknya lagi juga terdapat sliding yang sepanjang 21 meter dan ditambah dengan lima kolam renang, wahana ember tumpah, dan juga jembatan goyang.

Seluru wahana tersebut dapat kalian nikmati tanpa adanya tambahan biaya lagi.

Seluruh kolam yang berada di sini asalnya dari mata air pegunungan asli.

3. Permainan Outbond

kolam renang kowangan temanggung

Ketika cuaca sedang cerah, kalian juga bsa melihat adanya pemandangan dari Gunung Merapi, Andong, Merbabu, Telomoyo, serta Ungaran yang nampak sangat gagah pada tempatnya.

Pemandangan yang tersaji tersebut seolah menjadikan benteng alam yang semakin menambah keindahan.

Serunya tak hanya bisa menikmati waterpark serta kolam renangnya saja. Di sini juga telah disedikan serangkaian wahana outbound yang tidak kalah seru. Sangat pas dengan kondisi alam yang sangat sejuk nan alami.

Beberapa wahana seru yang dapat kalian nikmati diantaranya yaitu Car game, Merbabu, flying fox, dan permainan seru lainnya yang sangat seru dan menantang.

4. Tradisi Padusan sebelum Ramadhan

Tradisi Padusan

Pikatan waterpark juga menjadi destinasi objek wisata yang dipilih oleh untuk guna mengadakan tradisi padusan.

Padusan sendiri adalah sebuah tradisi mandi bersama – sama yang dilakukan oleh sebagian besar umat Islam. Hal tersebut menjadi sebuah simbol untuk mensucikan diri sebelum nantinya mengerjakan serangkaian ibadah pada Bulan Ramadhan.

Dimana tradisi ini biasanya akan dikerjakan di suatu tempat umum serta air yang digunakan berasal dari mata air asli.

Hal itulah mengapa, jelang Ramadhan destinasi wisata ini selalu dibanjiri oleh para wisatawan.

Pengunjung yang merayakan tradisi ini tak hanya datang dari Temanggung saja, melainkan ada juga yang berasal daerah lain di sekitarnya seperti Wonosobo, Jogja, Magelang, dan Semarang.

5. Kuliner Khas Temanggung

bakso lombok uleg kuliner Khas Temanggung

Selepas puas untuk bermain, tak ada salahnya jika sejenak untuk menghangatkan diri dengan menyantap sajian kuliner khas Temanggung berupa bakso lombok uleg.

Yang membuat kuliner ini sangat unik dan khas terletak pada rasa pedas yang muncul bukan berasal dari sambal. Tetapi dari lombok / cabai yang diulek langsung dalam mangkok.

Untuk kalian yang suka akan kuliner bakso, maka menyantap bakso lombok uleg adalah hal wajib yang harus kalian coba.

Fasilitas

  • Area parkir
  • Mushola
  • Toilet
  • Kamar mandi
  • Ruang bilas
  • Ruang ganti
  • Kolam Air
  • Loker
  • Wahana permainan air dan non air
  • Tempat makan
  • Area outbound
  • Panggung hiburan
  • Kawasan budidaya ikan air tawar

Lokasi

Alamat Pikatan Waterpark: Komplek Pikatan Water Park, Jl. Raya Pikatan, RT.5/RW.5, Mudal, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56228.

Kontak: 0293-4960-431.

Rute Menuju Lokasi

Lokasi destinasi wisata air satu ini jaraknya tak terlalu jauh dari arah pusat kota Temanggung, yakni hanya sekitar 2,5 km atau memakan waktu sekitar 15 menit perjalanan.

Untuk kalian yang masih merasa kebingungan dalam menemukan lokasinya, kalian dapat dengan mudah memanfaatkan bantuan Google Maps guna mempermudah proses perjalanan kalian.

Selama menempuh perjalanan ke arah wisata ini, kalian akan ditemani dengan pemandangan samping kiri dan kanannya yang ditumbuhi dengan pohon Mahoni serta hamparan sawah yang luas memanjakan mata lengkap dengan sajian udaranya yang segar khas pegunungan.

Dan untuk kalian yang ingin menjangkau tempat wisata dengan memakai transportasi tradisional seperti dokar juga bisa, dimana mereka akan mengantarkan kalian hingga tiba ke lokasi wisata.

Sementara untuk kalian yang menggunakan kendaraan umum seperti bis atau angkutan lainnya, kalian bisa langsung berhenti di Kota Temanggung.

Selepas itu kalian lanjutkan dengan memakai ojek ke arah Desa Mudal sampai tiba di lokasi Wisata Pikatan Waterpark.

Harga Tiket Masuk

Untuk kalian yang ingin mengunjungi Pikatan Waterpark, maka ada tarif atau harga tiket masuk yang akan dikenakan per orangnya, yaitu:

KeteranganHarga
Selasa – JumatRp15.000
Sabtu, Minggu, dan Libur NasionalRp20.000

Jam Operasional

Pikatan Waterpark memiliki jam operasional atau jam buka dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Selasa – Minggu: 08.00 – 15.00 WIB.
  • Senin: TUTUP
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.