PARANG GOMBONG: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Share
PARANG GOMBONG: Aktivitas & Tiket Masuk 2022
Harga TiketRp20.000
Jam Buka24 Jam
Nomor Telepon-
AlamatDesa Kutamanah, Kec. Sukasari, Kab. Purwakarta, Jawa Barat

Parang Gombong adalah lokasi wisata yang unggul menjadi tempat berkemah dengan suguhan pemandangan indah dari waduk. Destinasi ini berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat. Selain berkemah, kamu dapat melakukan aktivitas lain di sini.

Waduk ini juga menjadi bagian dari dataran Waduk Jatiluhur. Kunjungan wisata yang akan dirasakan akan terasa murah, indah, dan juga komplit. Tempat ini cocok didatangi bersama keluarga, anak-anak, bahkan rekan kerja, dan orang-orang terdekat lainnya.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Parang Gombong

Untuk bisa memasuki area wisata, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Bahkan sesungguhnya kamu dapat masuk dengan gratis, dengan kata lain hanya perlu membayar biaya kebersihan sebesar Rp20.000, baik jika berkendara dengan sepeda motor atau mobil.

Jam Buka

Jam Buka Parang Gombong

Objek wisata ini buka setiap hari, mulai hari biasa dan akhir pekan, juga di hari libur nasional. Kamu dapat datang kapan saja, di jam berapa saja, sebab operasional wisata terus aktif selama 24 jam sehari. Sesuaikan dengan waktu yang kamu inginkan untuk datang.

Aktivitas di Parang Gombong

Aktivitas di Parang Gombong

Destinasi wisata waduk ini mempunyai lahan yang begitu luas. Kamu dapat meletakkan kendaraan di mana saja sesuai dengan sudut pemandangan yang hendak kamu saksikan. Ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di objek wisata ini.

1. Camping Ground

Aktivitas pertama adalah berkemah. Camping di Parang Gombong dijamin akan memberikan pengalaman berkemah yang menyenangkan karena lahannya yang sangat luas. Luas yang luar biasa ini menjadikan lahan berkemah bisa menampung hingga ratusan tenda.

Selain itu, berkemah di sini tidak wajib membawa tenda sendiri. Hal itu dikarenakan ada tempat penyewaan tenda apabila tenda kamu kurang atau ketinggalan. Di luar itu, segala sesuatunya harus kamu sediakan sendiri. Namun, suasana damai dan hening di malam hari akan memuaskan waktu istirahat.

Karena lokasinya yang jauh dari kota yang bising, kamu dapat berkemah sekaligus merelaksasikan diri dengan kondisi yang sepi di malam hari yang sejuk. Untuk biaya berkemah sendiri, kamu akan dibebankan biaya tambahan sebesar Rp10.000 per orang.

Pada masa pandemi, tempat wisata ini tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, yakni melakukan pemeriksaan suhu tubuh, mewajibkan wisatawan untuk mencuci tangan dengan sabun, menghimbau pemakaian masker, serta menjaga jarak dengan wisatawan lain.

2. Spot Foto

Menjadi salah satu destinasi wisata yang mengandalkan keindahan alam berupa waduk, tempat ini memberikan panorama berupa bukit hijau, bendungan luas, dan udara yang sejuk untuk menjadi teman ketika memandangi indahnya ciptaan Tuhan.

Banyak dari pengunjung yang sengaja datang ke sini untuk tujuan menenangkan diri, sekaligus mencari sudut berfoto yang menyajikan pemandangan matahari terbit dan terbenam. Kesempatan ini dapat dimanfaatkan untuk mengabadikan momen yang mungkin jarang terjadi di hari-hari selanjutnya.

3. Wahana Bermain

Di samping panorama yang sangat molek, objek wisata Purwakarta ini juga menghadirkan wahana bermain yang tak kalah seru untuk dicoba. Beberapa wahana tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Wahana bermain anak-anak. Harga dipatok mulai dari Rp5.000 hingga Rp20.000, sesuai kategori wahana.
  • Kegiatan mengitari waduk dengan perahu sewa. Harga sewa berkisar Rp20.000 per orang atau Rp200.000 untuk kategori rombongan dengan maksimal jumlah adalah 20 orang.

Sesudah bermain, kamu dapat langsung mencoba melakukan piknik dan melahap sajian yang sudah disediakan. Bila berkemah bukan menjadi opsi kedatangan kamu ke tempat ini, maka kamu dapat memilih kegiatan lain yang lebih ringan, yakni menggelar tikar dan melakukan piknik.

Nikmati makanan atau bekal yang sudah dibawa dari rumah atau dapat membeli di warung makan yang tersedia sembari memandangi danau serta deretan pegunungan yang tampak subur. Piknik menjadi kegiatan lain yang kerap dilakukan oleh para pelancong ketika berkunjung ke sini.

Menghabiskan quality time bersama orang terdekat memang menyenangkan. Aktivitas itu pun ditemani oleh panorama alam yang indah, sehingga kunjungan kamu akan terasa lengkap dan menyenangkan!

4. Kawasan Berbayar

Terdapat fasilitas yang dapat kamu coba, seperti warung-warung makan yang menyediakan berbagai macam menu. Ada ikan bakar, nasi liwet, serta menu-menu khas Sunda lainnya. Lokasi ini dikatakan cukup sejuk oleh karena pepohonan yang tumbuh di sekitarnya.

Ada pula lokasi berteduh apabila kamu datang pada siang hari. Pohon yang ada akan menambah rasa sejuk dan membuat kegiatan wisata menjadi terasa lebih

5. Pemandangan Sunset dan Sunrise

Walaupun Parang Gombong hanya berupa bendungan, kamu tetap dapat menikmati udara sejuk yang diberikan oleh alam terbuka sembari berkemah dan memancing. Destinasi ini tidak kalah dengan tempat wisata lain.

Di samping memuaskan mata dengan langit biru serta hamparan bukit-bukit hijau. Lokasinya memang tidak jauh dari pusat kota, namun kondisi yang diberikan benar-benar berbeda dengan kepadatan di kota. Pada pagi hari, kamu dapat berburu matahari terbit.

Aktivitas ini tepat dilakukan saat kamu memilih untuk berkemah. Jika ada matahari terbit, maka ada pula matahari terbenam yang dapat kamu saksikan dengan jelas ketika sore hari. Langit yang indah akan tampak mengagumkan dan menarik untuk diabadikan dengan lensa kamera.

Fasilitas

Fasilitas Parang Gombong

Untuk memaksimalkan acara liburan, pengelola Waduk Parang Gombong menyediakan beberapa fasilitas yang akan menambahkan rasa nyaman saat wisatawan berkunjung ke sini. Fasilitas-fasilitas itu adalah sebagai berikut.

  • Area menyimpan kendaraan
  • Warung makanan dan minuman
  • Toilet umum
  • Wahana bermain anak
  • Musholla
  • Tempat penyewaan tenda

Warung makanan dan minuman selalu buka selama 24 jam. Karena itu, kamu sebenarnya tidak perlu khawatir jika ingin berkemah hingga berhari-hari. Hal paling penting adalah hanya perlu membawa alat-alat membersihkan diri untuk menggunakan toilet dan musholla.

Tempat berkunjung pun tersedia dalam dua kategori, yakni yang berbayar serta gratis. Untuk rekomendasi yang lebih baik, kamu dapat memilih tempat gratis, sebab akan langsung disuguhi oleh panorama hijau rerumputan yang masih bersih dan bebas dari sampah.

Di samping itu, tempat yang masih minim oleh pepohonan juga terkadang membuat cuaca menjadi terasa sedikit panas. Kamu mungkin belum bisa menemukan tempat berteduh dengan mudah apabila berkunjung pada siang hari.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Parang Gombong

Lokasi wisata ini ada di Desa Kutamanah, Kec. Sukasari, Kab. Purwakarta, Jawa Barat. Untuk mencapai wisata waduk Parang Gombong tidaklah sulit. Kamu dapat menggunakan armada kendaraan apapun, baik sepeda motor atau mobil sampai menuju kawasan waduk atau bendungan.

Bila berangkat dari Jakarta, kamu dapat bergerak menuju Tol Cipularang, lalu keluar dari Tol Jatiluhur. Saat sudah di pertigaan jalan, berbeloklah ke kiri. Sesampainya di Pasar Bunder Jatiluhur, belok kanan dan lurus mengikuti jalur.

Bertemu pertigaan, belok ke kanan dan jalan terus di Jl. Ir. H. Juanda sampai bertemu PT. Indosat Jatiluhur. Ikuti jalurnya sampai kamu melewati Jembatan Waduk Jatiluhur. Banyak tikungan tajam di sini, sehingga kamu harus berhati-hati. Destinasi ada di sisi kiri jalan.

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.