PANTAI SIUNG: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

[man-table-summary id=”pantaisiung”]

Kabupaten Gunung Kidul menyajikan banyak sekali pantai yang menawan, salah satunya yaitu Pantai Siung.

Pantai ini memiliki ciri khas yang sangat menonjol, yaitu terdapat batu dan bukit karang yang tersebar di sepanjang area pantai.

Tidak hanya itu, hamparan pasir putih dan birunya air laut juga turut menghiasi keindahan Pantai Siung.

Tiket Masuk Pantai Siung

htm pantai siung

Harga tiket masuk Pantai Siung relatif murah, wisatawan akan dikenai biaya sebesar Rp10.000.

Perlu diketahui, harga tiket ini juga termasuk biaya retribusi untuk masuk ke Pantai Jogan dan Pantai Nglambor.

Sementara itu, untuk parkir kendaraan wisatawan dikenai biaya Rp2.000 untuk sepeda motor, Rp5.000 untuk mobil, dan Rp10.000 untuk bus.

Jam Buka Pantai Siung

Seperti obyek wisata pantai pada umumnya, Pantai Siung tidak memiliki peraturan jam buka yang mengikat.

Dalam artian, kamu dapat mengunjungi pantai ini kapan saja dalam kurun waktu 24 jam.

Mengingat tempat wisata ini juga kerap digunakan sebagai lokasi camping.

Fasilitas

Pihak pengelola telah menyediakan beragam fasilitas yang dapat menunjang kenyamanan wisatawan, diantaranya yaitu:

• Area parkir yang luas
  • Dan lainnya

Review Pantai Siung

review pantai siung

Selain panorama pantai yang menawan, beragam aktivitas pun dapat kamu lakukan di pantai ini.

Berikut beberapa aktivitas yang dapat kamu lakukan:

Camp Pantai Siung

pantai siung camp

Camping sepertinya menjadi hal yang menarik untuk dilakukan saat berkunjung ke pantai.

Di area timur pantai, terdapat sebuah area camp yang biasa digunakan wisatawan untuk mendirikan tenda sembari menikmati keindahan alam yang ada.

Salah satu aktivitas menarik saat camping yaitu melihat sunset dari bibir pantai.

Terlebih jika kamu mengunjunginya di bulan November – Februari, cahaya tenggelamnya matahari akan tampak lebih mempesona.

Baca: Pantai Jungwok

Menaiki Bukit Karang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Pantai Siung memang terkenal dengan pesona bukit karangnya.

Jadi, jangan sampai melewatkan aktivitas menaiki bukit dan menikmati pemandangan pantai dari ketinggian.

Bila ingin menaiki bukit, kamu akan dikenai biaya sebesar Rp5.000.

Pastikan kamu juga berhati-hati saat menaikinya, karena jalannya terbilang sempit dan kontur jalannya juga naik turun.

Satu hal lagi, kami merekomendasikan untuk membawa perbekalan yang cukup, terutama minuman jika kamu siap mendaki bukit karang di pantai ini.

Baca: Pantai Krakal

Panjat Tebing

panjat tebing pantai siung

Salah satu aktivitas yang ramai dilakukan saat mengunjungi Pantai Siung yaitu panjat tebing.

Pantai ini terdiri dari jajaran tebing dengan batuan jenis kars.

Ketinggiannya juga variatif, mulai dari 5 meter sampai dengan 45 meter.

Bahkan, pantai ini pernah menjadi tuan rumah dalam ajang lomba panjat tebing bertajuk ASEAN Climbing Gathering.

Sehingga tidak heran, Pantai Siung dijuluki sebagai The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta.

Baca: Pantai Sadranan

Berenang

Meskipun terdiri dari karang-karang, namun kegiatan berenang bukan menjadi hal yang tidak mungkin di pantai ini.

Hal ini karena terdapat sebuah kolam alami yang terbentuk dari gugusan karang, dan airnya berasal dari ombak yang datang.

Kolamnya sendiri memiliki kedalaman sekitar 1 meter, serta mampu menampung 5 sampai 10 orang.

Baca: Pantai Slili

Memancing

tiket masuk pantai siung

Teruntuk kamu yang memiliki hobi memancing, kamu dapat bertanya kepada warga sekitar mengenai spot untuk memancing.

Nantinya, ikan yang kamu tangkap dapat dibawa pulang atau disantap saat sedang camping.

Menangkap ikan secara langsung dan menyantapnya di tengah cuaca malam pantai yang dingin pastinya dapat memberikan kesan tersendiri pastinya.

Baca: Pantai Sarangan

Spot Foto

Terdapat banyak sekali spot fotogenic yang tersebar di area Pantai Siung.

Salah satu spot yang menawan berada di atas bukit, yang mana kamu akan disajikan dengan background pemandangan pantai yang elok.

Bisa juga berfoto di tengah hamparan batu karang yang tersebar di dekat bibir pantai.

Baca: Pantai Sundak

Lokasi dan Alamat Pantai Siung

lokasi pantai siung

Pantai Siung berada di Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jarak dari kota Yogyakarta sendiri kurang lebih sejauh 70 km dengan menempuh perjalanan sekitar 2 jam saat lalu lintas tidak macet.

Untuk masalah transportasi, kami sangat merekomendasikan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan.

Karena transportasi umum belum bisa ditemukan sampai titik lokasi pantai.

Rute Pantai Siung

rute pantai siung

Rute menuju Pantai Siung pastinya berbeda-beda. Maka dari itu, disini kami akan menyajikan beberapa rute terbaik yang dapat kamu lalui:

Rute via Kota Yogyakarta

Pacu kendaraan menuju ringroad selatan, selanjutnya belok ke kiri setelah persimpangan Terminal Giwangan.

Kemudian lurus ke arah Jl Piyungan hingga kamu sampai di Bukit Bintang Jogja.

Teruskan perjalanan menuju Pantai Baron hingga kamu menjumpai pertigaan Desa Mulo.

Silahkan lurus terus sampai kamu masuk di jalur Mentel, Bintaos, Tepus, hingga pertigaan Winangun.

Tinggal belok kanan dan ikuti jalan yang akan menuntunmu ke lokasi Pantai Siung.

Rute Alternatif via Baron

Rute alternatif ini masih sama dengan rute di atas. Perbedaannnya terletak pada pilihan jalan saat lewat pos retribusi Pantai Baron.

Setelah melewati pos retribusi akan terdapat pertigaan, silahkan pacu kendaraanmu ke kiri.

Kamu akan melewati sejumlah pantai memukau lainnya seperti Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Krakal, Pantai Sundak, dan Pantai Indrayanti.

Nantinya, kamu akan sampai ke arah Desa Tepus dan bertemu dengan pertigaan Winangun.

Meskipun lebih jauh dari rute yang pertama, tapi kamu akan mengetahui lokasi-lokasi pantai yang jaraknya tidak terlalu jauh antara satu sama lain.

Mungkin saja setelah mengunjungi Pantai Siung, kamu juga tertarik untuk mengunjungi deretan pantai lainnya.

Rute via Solo

Jika kamu memulai perjalanan dari Kota Solo, kamu tidak perlu ke Jogja terlebih dahulu karena akan memakan waktu yang cukup lama.

Dari Praci, arahkan kendaraan menuju Kecamatan Rangkop atau Baran. Teruskan perjalanan sampai ke Nglindur.

Ikuti jalan ke arah selatan dan kamu akan bertemu dengan pertigaan sebelum Pasar Ngrancah.

Silahkan belok ke kanan hingga menembus Pasar Jepitu. Lurus sampai pertigaan Winangun, lalu belok kiri hingga sampai ke Pantai Siung.

Rute via Klaten

Apabila kamu berada di Klaten, jarak menuju pantai ini lebih singkat, yaitu sekitar 60 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Rutenya, kamu dapat mengambil jalur ke arah selatan menuju Semanu dan lanjut ke arah Giripanggang.

Lanjutkan perjalanan ke Sumberwungu, Klayu, Gude, dan Blekonang hingga sampai ke Winangun.

Tinggal ikuti petunjuk arah yang akan menuntunmu ke pintu masuk Pantai Siung.