PANTAI PARANGTRITIS: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Share
PANTAI PARANGTRITIS: Aktivitas & Tiket Masuk 2022
Harga TiketRp10.000
Jam Buka24 Jam
Nomor Telepon-
AlamatJl. Pantai Parangkusumo, Pantai, Parangtritis, Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jika kita membicarakan mengenai Yogyakarta, kamu pasti akan langsung terbayang Pantai Parangtritis. Pantai ini lokasinya berada di selatan Yogyakarta serta memiliki jarak kurang lebih 27 km dari pusat kota.

Pantai yang satu ini memiliki pemandangan begitu indah. Lebih-lebih jika kamu mengunjunginya di sore hari, karena bisa melihat sunset secara langsung jika cuacanya cerah.

Luasnya hamparan bibir pantai serta ombak yang terus berdeburan semakin menambah keindahan pantai. Selain pantai, ada banyak daya tarik atau tempat wisata di sekitarnya, seperti Gumuk Pasir Parangkusumo.

Maka dari itu, tak heran jika banyak rombongan travel yang berbondong-bondong mengunjungi Pantai Parangtritis saat berlibur ke daerah Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Untuk membantu pihak pengelola dalam membersihkan/mengelola pantai, untuk masuk ke tempat wisata ini dikenakan biaya tiket masuk. Namun tenang saja, karena biayanya cukup terjangkau.

Jangan lupa juga untuk membayar parkir jika membawa kendaraan.

Berikut informasi mengenai harga tiket masuk ke Parangtritis, antara lain:

BiayaKeterangan
Rp10.000Biaya tiket masuk
Rp2.000Biaya parkir kendaraan roda 2
Rp5.000Biaya parkir kendaraan roda 4

Jam Buka

Jam Buka Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis buka setiap hari dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Namun, tidak jarang wisatawan mengunjungi pantai ini hingga malam hari.

Jika ingin mengunjungi pantai dengan bebas, kamu bisa datang di pagi hari, karena ketika menjelang siang dan sore hari, pantai ini begitu ramai pengunjung.

Aktivitas dan Atraksi di Pantai Parangtritis

Aktivitas dan Atraksi di Pantai Parangtritis

Ada berbagai macam aktivitas serta atraksi yang bisa dilakukan di sini, antara lain:

1. Terbang Dengan Menggunakan Paralayang

Parangtritis menjadi spot paralayang yang menyenangkan di tanah Jawa, bahkan Parangtritis menjadi satu-satunya spot paralayang yang berada di Jogja. Bila kamu memiliki nyali yang kuat, paralayang bisa kamu jadikan sebagai pilihan.

Dengan menggunakan paralayang, kamu bisa melihat keindahan Parangtritis dari ketinggian 200 meter.

2. Menaiki Bendi

Ketika berada di wisata Pantai Parangtritis, kamu juga dapat menyusuri pasir yang mulus dengan menggunakan kereta kuda, atau sering yang disebut dengan bendi.

3. Bermain Air

Layaknya pantai yang lain, kamu juga dapat bermain air di pinggir pantai. Namun jika mengingat pantai ini memiliki ombak yang ganas, kamu harus berhati-hati ketika berenang di pantai.

4. Menyusuri Bibir Pantai Dengan Menggunakan ATV

Bila kamu ingin merasakan sensasi keseruan menaiki ATV, kau dapat menyewa ATV ini untuk menyusuri pantai. Dengan hembusan angin serta percikan air ombak, tentu semakin menambah keseruan ketika mengendarai ATV.

5. Bermain Layang-Layang

Angina pantai yang berhembus dengan kencang sangat cocok untuk kamu yang hobi bermain layang-layang. Bila kamu ingin bermain layang-layang di sini, kamu tidak perlu kerepotan membawanya dari rumah.

Tidak sedikit pedagang di Parangtritis yang menjual layang-layang. Tidak jarang, Parangtritis juga dijadikan sebagai tempat untuk lomba serta festival yang diikuti oleh pecinta layang-layang.

6. Melihat Indahnya Sunset

Salah satu pemandangan Pantai Parangtritis adalah sunsetnya yang indah. Kamu dapat menikmati keindahan sunset yang tenggelam di ufuk barat yang berwarna jingga.

Momen ini menjadi salah satu waktu yang ditunggu wisatawan yang sedang mengunjungi destinasi wisata ini.

7. Surfing

Ganasnya ombak yang berada di laut selatan ternyata menarik perhatian surfer yang ingin mencumbu gelombang. Kamu bisa menguji kemampuan menaklukkan ombak.

Namun, bila kamu belum bisa melakukan surfing dan ingin belajar dahulu, kamu dapat bergantung dengan Dolphin Parangtritis Surf Community.

8. Mengunjungi Event Tertentu

Karena lokasinya yang tak jauh dari pusat kota Jogja dan bisa disebut cukup strategis untuk mengadakan event-event tertentu, hampir setiap bulan pasti ada saja event yang diselenggarakan di pantai ini.

Contohnya saja event penerbangan lampion bersama, event dari pemerintah Provinsi Yogyakarta, paralayang, dan masih banyak lagi.

9. Mengelilingi Pantai dengan Delman Kuda

Jika malas berjalan kaki untuk mengelilingi pantai, kamu juga bisa menyewa delman kuda.

Satu delman kuda bisa ditumpangi 2-3 orang bergantung kapasitas delman yang disediakan oleh penyewa. Namun, delman ini hanya akan disewakan ketika cuaca cerah dan tidak hujan, ya!

Misteri dan Mitos

Misteri dan Mitos Pantai Parangtritis

Tidak sedikit yang percaya jika Pantai Parangtritis merupakan pintu gerbang yang akan menuju kerajaan gaib Ratu Kidul serta memiliki istana yang megah.

Cerita ini juga semakin diperkuat dengan begitu ganasnya ombak pantai yang dapat mencapai 7 meter. Ombak ini bahkan tidak menelan sedikit korban jiwa. Dari kisah yang beredar di tengah masyarakat, Ratu Kidul merupakan pasangan spiritual raja-raja Mataram maupun Yogyakarta.

Pantai ini juga termasuk di dalam kesatuan wujud Trimurti Yogyakarta. Trimurti sendiri terdiri dari Gunung Merapi yang lokasinya di utara Yogyakarta, Keraton, serta Parangtritis.

Banyak yang percaya bila Parangtritis merupakan kerajaan gaib yang dipimpin oleh Ratu Kidul. Menurut mitos yang beredar, Nyi Roro Kidul begitu menyukai benda yang memiliki warna hijau.

Bahkan, menurut kesaksian orang yang mempunyai penglihatan ghaib, beliau juga mengenakan set kebaya dengan warna hijau. Percaya atau tidak percaya, pengunjung yang mengenakan pakaian dengan warna hijau akan terkena sial.

Bahkan, pengunjung dapat kehilangan nyawa. Konon ceritanya, hal tersebut disebabkan karena ditarik Nyi Roro Kidul serta dijadikan abdi di kerajaannya.

Fasilitas

Fasilitas Pantai Parangtritis

Mengingat Pantai Parangtritis sudah terkenal sejak dulu, tak heran jika fasilitas di tempat ini cukup memadai untuk wisatawan.

Terlebih lagi, lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Jogja membuat pantai ini selalu ramai dengan infrastruktur yang sudah memadai dipesisirnya.

Sejumlah fasilitas tersedia di pantai ini mulai dari toilet, area parkir, mushola, kamar bilas, penginapan dan warung makan. Jika kamu ingin menginap dan melanjutkan liburan di pantai ini, kamu tidak perlu cemas karena cukup banyak losmen yang dapat dipilih.

Selain itu tidak sedikit penginapan berkelas seperti Adinda Beach Villas hingga Queen of The South Resort. Bila kamu merasa lapar serta akan membeli makanan, di sini cukup banyak rumah makan yang dapat dijadikan pilihan.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis berlokasi di Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju ke pantai ini, kamu bisa menyewa mobil dari Yogyakarta.

Namun, jika kamu ingin menggunakan mobil travel ataupun konvoi dengan motor juga bisa, karena akses lokasinya memang cukup mudah.

Sebetulnya untuk mencapai pantai yang satu ini cukup mudah, hanya tinggal menyusuri Jl Parangtritis dari arah Jogja, kemudian lurus terus hingga tiba di pantai tersebut.

Adapun jalur alternatif yang dapat dilewati adalah daru Kecamatan Pundong, kemudian memotong jalan ke arah Parangtritis KM 17, sesudah RS Rahma Husada, kamu akan melihat jembatan Kretek, kurang lebih 200 meter sebelum pemungutan biaya tiket masuk Parangtritis.

Jika sekarang ini kamu sedang berada di Yogyakarta dan bingung memilih destinasi liburan, Pantai Parangtritis dapat kamu jadikan sebagai pilihan yang menarik.

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.