PANTAI MUTUN: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Harga TiketRp10.000 - Rp100.000
Jam Buka24 Jam
Nomor Telepon-
AlamatSukajaya Lempasing, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung

Kota Lampung adalah salah satu wilayah Indonesia yang terkenal dengan wisata alamnya yang cantik. Salah satunya adalah Pantai Mutun. Pantai ini sudah dibuka sejak 2017 yang lalu. Objek wisata ini terletak di lokasi yang strategis, sehingga mudah dijangkau oleh pengunjung.

Wisatawan dari luar kota juga banyak kamu temui. Daya tarik dari pantai ini adalah airnya yang cukup bersih dan berwarna biru. Ombaknya tenang dan lingkungannya juga cukup bersih sehingga cocok untuk healing sambil menikmati pemandangan alam yang memukau.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Pantai Mutun

Sama seperti kebanyakan pantai lainnya, harga tiket masuknya terbilang murah. Ini akan sangat cocok bagi kamu yang memang suka liburan tapi low budget.

Harga Tiket Masuk
MotorRp10.000
MobilRp30.000
Bus KecilRp75.000
Bus BesarRp100.000

Harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Lebih baik membawa uang lebih untuk jaga-jaga. Di pantai ini juga ada beberapa fasilitas seperti warung makan sehingga perlu untuk membawa uang lebih supaya bisa membeli apa yang kamu butuhkan di pantai ini.

Jam Buka

Jam Buka Pantai Mutun

Menariknya, jam buka objek wisata ini selama 24 jam nonstop. Jadi, bisa berkunjung kapan saja. Adapun waktu terbaiknya yaitu di pagi hari dan sore hari. Ini karena adanya sunrise dan sunset yang sayang untuk kamu lewatkan.

Datanglah saat cuaca cerah agar bisa bermain air dan menikmati pemandangan. Jika hujan, tentu kamu akan kebasahan dan tidak bisa melihat pemandangan matahari karena tertutup oleh awan.

Aktivitas di Pantai Mutun

Aktivitas di Pantai Mutun

Ada berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan di Pantai Mutun. Mulai dari menikmati keindahan lautnya, bermain olahraga air, berbagai wahana, kuliner, sampai penginapan.

1. Menikmati Keindahan Pantai

Pantai ini memiliki pemandangan yang memanjakan mata. Pasirnya berwarna putih dan halus sehingga sangat cocok dengan birunya air laut. Kombinasi yang tepat untuk mengabadikan momen tersebut menggunakan lensa kamera.

Selain bisa melihatnya birunya laut yang luas, kamu bisa menikmati sunset dan sunrise bersama keluarga tercinta. Ini akan menambah kesan hangat dan romantis serta menambah ingatan yang indah saat berlibur bersama keluarga.

2. Bermain Air dan Berenang

Aktivitas yang tak boleh dilewatkan saat pergi ke pantai adalah bermain air. Ombak yang ada di pantai ini juga tidak terlalu besar sehingga lebih aman untuk anak-anak. Namun, tetap berikan pengawasan yang ketat karena takut tenggelam.

Kamu bisa berenang di sekitar bibir pantai dengan membawa perlengkapan seperti kacamata renang sampai baju renang. Dengan catatan, jangan terlalu ke tengah karena ombaknya lebih besar dan airnya juga lebih dalam.

Kamu juga perlu berhati-hati agar tidak terkena bulu babi yang ada di dasar air. Oleh sebab itu,berjalanlah sambil melihat ke dasar air.

Kelemahan lain dari pantai ini yaitu banyaknya batu karang sehingga harus lebih berhati-hati jika ingin berenang supaya tidak terluka. Untuk anak-anak, disediakan tempat menyewa ban/pelampung renang sehingga lebih aman.

3. Menjelajah ke Pulau Tangkil

Aktivitas seru lainnya yaitu menyeberang ke Pulau Tangkil. Di pantai ini, ada tempat penyewaan perahu yang disewakan oleh pihak pengelola pantai. Jadi, kamu bisa menaikinya bersama dengan teman atau keluarga untuk menyusuri Pulau Tangkil.

Saat menyebrang ke pulau ini, kamu bisa mendapatkan pengalaman unik. Bisa melihat pemandangan yang indah dari laut lepas, tumbuhan di pulau, serta langit yang membentang luas. Untuk membayar perahunya cukup murah hanya Rp15.000 per orang.

4. Wahana Air

Yang tak kalah menarik yaitu wahana air yang disediakan di Pantai Mutun cukup banyak. Kamu bisa naik banana boat, donat boat, sampai perahu bebek.

Bagi yang menyukai olahraga air seperti selancar, disediakan pula tempat penyewaan selancarnya. Ini akan melengkapi liburanmu karena kamu bisa bersenang-senang dengan memainkan berbagai wahana yang seru.

Akan lebih asyik jika bermain dengan banyak orang seperti keluarga dan teman supaya lebih ramai dan harga sewanya bisa patungan.

5. Piknik

Tempat wisata ini sering dijadikan sebagai piknik untuk anak-anak. Banyak anak yang melakukan study tour di pantai ini dan berpiknik. Disana, sudah disediakan juga area berkemah sehingga lebih mudah dilakukan.

Ada banyak pohon dan pondokan dari bambu yang menambah suasana menjadi rindang. Tak hanya bagi anak-anak, kamu dan keluarga juga bisa berpiknik kecil-kecilan di tempat ini dengan menggunakan gazebo dan pondokan yang tersedia.

Bisa juga dengan menggelar tikar di atas pasir sambil menikmati terpaan angin yang menyejukkan.

6. Menginap di Sekitar Pantai

Kamu tidak perlu khawatir jika ingin bermalam di sekitar wilayah pantai ini. Ada berbagai penginapan dengan harga yang bervariasi. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Wira Garden Cottage
  • Yunna Hotel
  • Jazz Guest House Syariah

Sesuaikan dengan budget yang kamu miliki serta fasilitas apa yang ingin kalian dapatkan.

7. Memancing

Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah memancing. Jika kamu memiliki hobi ini, tentu kamu harus mencobanya ketika berada di Pantai Mutun. Objek wisata ini sering dijadikan sebagai tempat memancing ikan.

Kamu bisa menyewa perahu untuk sampai ke tengah laut dan memancing di sana. Selain itu, bisa juga dengan memancing di pinggir pantai dengan mencari spot terbaik. Ini menjadi pengalaman yang mengasyikkan.

Misteri dan Mitos

Misteri dan Mitos Pantai Mutun

Sejarah Pantai Mutun awalnya penuh dengan konflik. Seseorang bernama Muchtar Sani mengklaim bahwa pantai ini adalah miliknya. Akibatnya, pada 2009 terjadi perselisihan antara warga dan Muchtar Sani. Setelah berselisih karena saling klaim akhirnya pantai ini dibuka untuk umum.

Fasilitas

Fasilitas Pantai Mutun

Fasilitas dari Pantai ini cukup lengkap, yaitu sebagai berikut:

  • Penyewaan perahu bebek.
  • Pondokan
  • Kano
  • Banana boat
  • Jetski
  • Donut boat
  • Waterboom
  • Area berkemah
  • Toilet
  • Mushola
  • Warung makan
  • Tempat penyewaan motor ATV, pelampung, dan boat.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Pantai Mutun

Untuk sampai ke titik lokasi wisata ini, kamu bisa menggunakan transportasi pribadi dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Jika ingin berhemat, kamu juga bisa menggunakan transportasi umum yang tersedia di Lampung.

Pantai Mutun terletak di Sukajaya Lempasing, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Perjalanan dari pusat kota ke lokasi pantai ini sekitar 20 menit dengan jarak tempuh 19 km saja. Namun, jika jalanan macet, maka bisa menempuh sampai 1 jam perjalanan.

Jika berangkat dari Kota, kamu bisa menyusuri Jl. RE Martadinata. Lalu, terus lurus sampai bertemu pertigaan. Nantinya akan muncul penunjuk jalan yang mengarahkan ke Pantai Mutun.

Di sepanjang perjalanan, kamu bisa melihat berbagai tempat wisata lain yang dekat seperti Puri Gading, Pantai Queen Arta, Pantai Duta Wisata, dsb. Untuk mengetahui detail lokasi dan rutenya, kamu bisa pakai aplikasi Google Maps:

Itulah pesona Pantai Mutun yang perlu kamu ketahui. Di pantai ini menyajikan berbagai panorama alam yang menarik dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Cocok untuk healing atau bermain seru-seruan bersama keluarga, teman, atau pasangan.

Kunjungi juga:

Photo of author

Meluncur

Liburan dengan Cerdas