PANTAI KARAPYAK: Daya Tarik & Tiket Masuk 2022

Share
PANTAI KARAPYAK: Daya Tarik & Tiket Masuk 2022
Harga TiketRp10.000
Jam Buka24 Jam
Nomor Telepon-
AlamatBagolo, Kalipucang, Pangandaran, Jawa Barat

Pantai Karapyak menjadi salah satu destinasi pantai yang memiliki pemandangan bagus, tak heran pantai ini sangat terkenal di Pangandaran. Bukan hanya menawarkan pemandangan cantik saja, melainkan ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di pantai tersebut.

Misalnya saja seperti snorkeling, hunting foto, camping, hingga mencari ikan bersama nelayan setempat. Keunikan inilah yang menjadi daya tarik dari pantai sehingga pantai ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Pantai Karapyak

Untuk bisa masuk ke pantai ini kamu tidak akan dikenakan biaya masuk per orang, melainkan biaya masuk dihitung berdasarkan kendaraan yang kamu gunakan. Berikut rincian harga atau biaya yang harus kamu bayar:

KeteranganHarga
Kendaraan bermotorRp10.000
Mobil pribadiRp30.000
Truk/mobil terbukaRp50.000
Mini busRp80.000
Bus pariwisata dan sejenisnyaRp180.000

Jam Buka

Jam Buka Pantai Karapyak

Mengingat pantai ini tidak dikelola oleh satu pihak tertentu, maka jam bukanya sendiri sangat fleksibel. Kamu dapat mengunjunginya kapanpun kamu mau, baik di hari biasa, weekend, atau hari libur sekalipun.

Selain itu, pantai ini juga buka selama 24 jam dan tanpa adanya batasan sama sekali. Jadi kamu bisa dengan lebih leluasa menikmati keindahan pantai mulai dari pagi hingga malam hari sekalipun.

Aktivitas di Pantai Karapyak

Aktivitas di Pantai Karapyak

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di pantai ini, mulai dari snorkeling, berburu foto, hingga mencari ikan bersama nelayan. Untuk lebih lengkapnya lagi, berikut ini aktivitas yang bisa kamu lakukan:

1. Menikmati Suasana di Pesisir Pantai

Saat berkunjung di pantai ini, kamu akan langsung disambut oleh sejuknya angin yang berhembus dari laut. Hal inilah yang menjadikan pantai tersebut memiliki suasana yang sangat nyaman sehingga pengunjung sangat suka duduk santai atau menikmati suasana dari pesisir pantai.

2. Menyusuri Pantai Karang yang Sangat Unik

Apabila kamu bosan bila hanya duduk-duduk saja di pinggir pantai, maka kamu juga bisa menyusuri pantai. Disini kamu akan menemukan tempat yang berisi karang-karang, dimana karang yang ada tersusun secara rapi dan memiliki keunikan tersendiri.

Selain itu, ada pula tebing curam yang dapat kamu lihat dari tepi pantai. Pemandangan menakjubkan ini tentu bisa kamu abadikan dalam bentuk foto ataupun video.

3. Hunting Foto di Teras Kaca

Kurang lengkap rasanya bila datang ke pantai ini tidak mencoba berfoto di teras kaca, teras ini berada di bukit belakang pantai. Sehingga teras ini langsung mengarah ke laut dan memiliki pemandangan yang sangat bagus.

Banyak wisatawan berdesakan untuk bisa berfoto di teras satu ini, oleh karena itu kamu juga tidak boleh ketinggalan. Apalagi spot foto ini hanya ada di pantai yang terletak di Pangandaran tersebut.

4. Snorkeling di Taman Laut

Bagi kamu suka berenang dan juga snorkeling, maka pantai ini juga sangat cocok untuk kamu kunjungi. Mengingat terdapat tempat yang bernama taman laut di pantai ini, seperti namanya yaitu memiliki pemandangan bawah laut yang sangat cantik.

Disini kamu bisa melihat aneka terumbu karang, berbagai jenis ikan dan pemandangan bawah laut yang sangat jernih. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh pantai tersebut.

5. Berburu Ikan Bersama Nelayan Setempat

Pantai ini juga sering digunakan oleh nelayan sebagai tempat mendaratkan kapal, dimana kamu bisa meminta nelayan untuk mengajak kamu berburu ikan di tengah laut. Namun, hal ini harus disetujui oleh nelayan yang ingin kamu tumpangi.

Apabila kamu tidak berkesempatan untuk ikut menangkap ikan, maka kamu juga dapat membeli tangkapan nelayan secara langsung. Tentunya ikan yang akan didapatkan lebih segar dan pastinya lebih murah.

6. Camping di Tepi Pantai

Setelah puas menyusuri pantai, snorkeling, dan membeli ikan di nelayan. Tentu kurang lengkap rasanya bila kamu tidak bermalam di pantai ini karena disini juga terdapat camping area yang dapat digunakan oleh pengunjung yang ingin merasakan camping malam di pantai.

Disini kamu bisa membakar ikan dari nelayan, membuat api unggun, dan kegiatan malam seru lainnya bersama teman-teman kamu. Hal inilah yang menjadi keseruan dari berwisata di pantai tersebut sehingga jangan pernah melewatkannya.

Misteri dan Mitos

Misteri dan Mitos Pantai Karapyak

Dibalik keindahan dan keseruan yang ditawarkannya, ternyata pantai ini juga menyimpan beberapa mitos dan misteri yang beredar di masyarakat luas. Kabarnya pantai ini dinamakan Karapyak karena sebuah situs yang terdapat di pinggir pantai.

Situs bernama Kandang Munding yang sering dijadikan tempat ritual atau meminta sesuatu di zaman dahulu. Karapyak sendiri memiliki arti yang sama yaitu kandang atau tempat istirahat dan kembali ke asal.

Fasilitas

Fasilitas Pantai Karapyak

Pantai Karapyak ini sendiri memiliki fasilitas yang terbilang cukup lengkap, dimana semua fasilitas tersebut akan menunjang kenyamanan kamu saat berwisata. Berikut fasilitas-fasilitas yang tersedia di pantai tersebut:

1. Lahan Parkir Luas

Memiliki lahan parkir yang luas tentu menjadi sebuah keharusan bagi sebuah tempat wisata, begitu pula pantai ini yang telah menyediakan lahan parkir sangat memadai. Baik dari segi luas lahan, kebersihan, hingga keamanan yang sangat terjamin.

2. Toilet Bersih

Ada pula beberapa toilet yang bisa ditemui di sekitar pantai, dimana toilet ini bisa kamu gunakan untuk ganti baju, membilas diri setelah berenang, buang air, dan lain sebagainya. Namun jumlahnya tidak terlalu banyak, sehingga kamu harus bergantian dengan pengunjung lainnya.

3. Tempat Makan Seafood

Bagi kamu yang tidak membawa bekal dari rumah, maka kamu tidak perlu khawatir lagi. Hal tersebut karena di pantai ini terdapat berbagai tempat makan yang bisa dikunjungi, seperti tempat makan seafood, aneka penyetan, dan lain sebagainya.

4. Tempat Beribadah

Terdapat pula tempat beribadah berupa mushola yang ada di dekat pantai. Disini kamu bisa menunaikan ibadah sembari berteduh sebentar setelah lelah bermain di pantai, apalagi musholanya yang bersih dan sejuk membuat kamu akan merasa betah berteduh disini.

5. Penginapan atau Hotel

Apabila kamu ingin bermalam di sekitar pantai, namun tidak ingin berkemah atau camping. Ada pula fasilitas berupa penginapan yang bisa kamu sewa, letaknya tidak jauh dari pantai dan bisa diakses dengan sangat mudah.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Pantai Karapyak

Pantai ini terletak di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Pangandaran. Jaraknya hanya sekitar 15 km dari pusat kota Pangandaran dan dapat dijangkau hanya dalam waktu 30 menit perjalanan saja menggunakan kendaraan pribadi.

Apabila kamu dari pusat Kota Pangandaran, maka kamu bisa menuju ke Kecamatan Kalipucang yang jaraknya sekitar 13 km. Kemudian belok ke arah kanan menuju pantai yang jaraknya kurang lebih 2 km, namun kamu harus berhati-hati karena jalannya yang sangat curam dan menanjak tinggi.

Pantai Karapyak memang menyimpan banyak keunikan, hal inilah yang menjadikannya selalu ramai dan menjadi tujuan wisata utama saat liburan tiba. Oleh karena itu bagi kamu yang ingin merasakan liburan seru di pantai, maka Karapyak bisa menjadi salah satu tujuan wisata yang bisa kamu pilih.

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.