MUSEUM MACAN: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Share
MUSEUM MACAN: Aktivitas & Tiket Masuk 2022
Harga TiketRp80.00 - Rp100.000
Jam Buka10.00 - 18.00 WIB
Nomor Telepon021 2212 1888
AlamatJalan Panjang No. 5, Kebun Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta

Jangan salah, liburan bukan hanya bisa diisi dengan mengunjungi berbagai tempat wisata seperti pegunungan atau pantai. Namun kamu juga bisa mengunjungi museum seperti Museum Macan.

Tempat ini menjadi alternatif yang dapat dikunjungi untuk mengisi waktu liburanmu. Untuk beberapa orang, menikmati indahnya karya seni dapat membuat pikiran menjadi lebih fresh serta menghilangkan penat.

Selain itu karena lokasinya yang berada di pusat kota Jakarta Barat, bahkan dekat dengan Jakarta Pusat, akses lokasinya pun bisa dibilang cukup strategis.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Museum Macan

Untuk masuk ke tempat wisata ini, kamu harus membayar biaya tiket masuk. Berikut harga tiket yang harus kamu bayar:

HargaKeterangan
Rp100.000Harga tiket masuk untuk dewasa
Rp90.000Harga tiket masuk untuk pengunjung mahasiswa
Rp80.000Harga tiket masuk untuk pengunjung anak-anak

*harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu.

Bila kamu ingin mengunjungi destinasi ini bersama dengan rombongan, kamu bisa membeli tiket Museum Macan secara online, sehingga tidak akan kehabisan tiket.

Untuk memesan tiketnya pun sangat mudah, bisa langsung memesan melalui website resmi ataupun aplikasi tiket online yang sudah bekerja sama dengan pengelola museum nya.

Perlu diingat juga, lokasi museum yang terletak di dalam perkantoran Tower AKR mengharuskan kamu membayar parkir jika membawa kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Jam Buka

Jam Buka Museum Macan

Untuk jam bukanya sendiri, museum ini buka dari hari Selasa sampai hari Minggu, mulai dari jam 10 pagi hingga 6 sore. Museum tutup pada hari Senin.

Jika ingin mengunjungi museum dengan santai, kamu bisa datang pada pagi hari di hari kerja dan menghindari akhir pekan.

Mengunjungi museum dan menikmati karya seni tentu saja lebih terasa menarik ketika pengunjung museumnya lebih sepi, bukan?

Aktivitas di Museum Macan

Aktivitas di Museum Macan

Layaknya ketika sedang berada di museum, sejumlah aktivitas dapat kamu lakukan di sini, seperti:

1. Menikmati karya seni

Kamu dapat menikmati 90 karya seni yang diperlihatkan di museum. Berbagai karya tersebut adalah hasil karya dari seniman ternama, baik dari Indonesia dan internasional.

Bukan hanya menampilkan sejumlah lukisan yang akan menarik mata, museum ini juga memajang sejumlah instalasi seni yang berasal dari karya seniman popular di dunia. Instalasi ini merupakan hal yang unik serta menarik.

Tak heran jika museum ini kerap dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Jadi jangan heran ketika berkunjung, kemudian kamu menemukan banyak turis asing yang sedang menikmati karya seni.

2. Berfoto di dalam museum

Selain menikmati sejumlah karya seni, kamu juga bisa mengambil gambar dan berfoto di dalam Museum ini. Museum ini terkenal di kalangan milenial karena begitu Instagramable.

Dari sejumlah karya di dalam museum, salah satu seni yang menjadi tranding popular di kalangan pengguna Instagram ialah Infinity Mirrored Room.

Karya tersebut adalah karya seniman kontemporer yang sangat identic dengan motif polkadot. Selain Infinity Mirrored Room, kamu juga dapat melihat instalasi seni dengan nama Narcissus Gardenae.

Instalasi seni ini merupakan bola-bola yang berasal dari stainless steel serta sudut polkadot dengan warna kuning hitam. Instalasi seni ini juga merupakan karya yang berasal dari Yayoi Kusama.

3. Mengikuti event tertentu

Setiap bulan nya, terdapat beberapa event tertentu yang diadakan di Museum Macan. Untuk melihat apa saja event nya, di update setiap hari melalui website resminya, sehingga kamu bisa mengetahuinya dari sana.

Contohnya saja event pameran dari Agus Suwage, salah satu perupa terkemuka di Indonesia yang akan menampilkan 60 lebih karya seni di Museum Macan.

Selain itu, terdapat juga event-event kesenian bagi anak-anak. Sehingga para orang tua bisa mengenalkan kesenian pada anak sedini mungkin.

4. Kunjungan Anak Sekolah

Terdapat ruangan khusus anak-anak bernama Children Art Space di Museum Macan yang kerap digunakan sebagai tempat kunjungan anak sekolah untuk dikenalkan pada karya seni.

Di ruangan ini, anak-anak bisa memasang ‘otak-atik’ atau yang disebut juga dengan tinkering box, dimana terdapat karya seni yang bisa dibongkar dan dipasang kembali.

Sejarah Singkat

Sejarah Singkat Museum Macan

Museum Macan merupakan museum pertama yang berada di Indonesia serta memamerkan seni dengan menggunakan konsep yang modern dan kontemporer. Suasana di dalamnya sangat unik dan fresh untuk dinikmati masyarakat, khususnya masyarakat Jakarta.

Museum ini didirikan serta dibuka secara resmi tanggal 3 november 2017. Selain itu museum ini dibangun pada lahan dengan luas 4000 meter persegi.

Haryanto Adikoesoemo yang juga menjadi pendiri Museum Macan memanjakan penikmat seni dengan cara memperlihatkan berbagai koleksinya. Di dalam museum ini terdapat 800 mahakarya langka yang berasal dari seniman-seniman di dunia.

Fasilitas

Fasilitas Museum Macan

Sejumlah fasilitas disediakan oleh pengelola seperti karya seni modern, karya seni tradisional, toko museum, area parkir, toilet, ruang ibu dan anak dan ruang seni anak.

Seluruh fasilitas disediakan oleh pengelola agar pengunjung betah berlama-lama menikmati karya seni yang menakjubkan di Museum Macan.

Lokasi Museum Macan yang terletak di AKR Tower, dimana tempat tersebut menyatu juga dengan perkantoran, membuat fasilitas seperti restoran dan cafe-cafe cukup mudah diakses.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Museum Macan

Museum Macan berlokasi di Jakarta Barat, tepatnya di AKR Tower, Jalan Perjuangan, Nomor 5, Kecamatan Kebon Jeruk, DKI Jakarta.

Untuk menuju museum ini, cukup banyak rute yang dapat kamu gunakan. Bila kamu menggunakan moda transportasi umum, kamu dapat menggunakan KRL jurusan Bogor ke Bekasi.

Kemudian, kamu dapat turun di Stasiun Transit Manggarai, dan menaiki KRL jurusan Tanah Abang. Setelah sampai di stasiun Tanah Abang, kamu bisa turun kemudian berganti KRL dengan jurusan Serpong / Rangkasbitung.

Bila turun stasiun, kamu dapat menggunakan tansportasi online maupun melanjutkan dengan menggunakan Bus Trans Jakarta dari Halte Bus Trans Jakarta ke Kebayoran Lama.

Namun, bila kamu menggunakan transportasi pribadi, kamu bisa mencari rute yang tercepat dengan menggunakan Google Map atau menggunakan Waze. Agar tidak terjebak macet, kunjungi museum saat di pagi hari.

Museum Macan memang menjadi destinasi yang menarik untuk dijadikan sebagai pilihan, museum ini sangat cocok bagi kamu yang sedang mencari lokasi wisata untuk memperbanyak koleksi foto di media sosial.

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.