KIARA ARTHA PARK: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Share
KIARA ARTHA PARK: Aktivitas & Tiket Masuk  2022
Harga TiketRp10.000 - Rp35.000
Jam Buka10.00 - 21.30 WIB
Nomor Telepon022 - 2052 8888
AlamatJl. Banten, Kebonwaru, Batununggal, Bandung, Jawa Barat

Keindahan Negeri Gingseng alias Korea Selatan kini tidak hanya dapat kamu lihat di layar tapi sudah ada di Indonesia yaitu dalam bentuk objek wisata bernama Kiara Artha Park. Destinasi wisata ini sedang sangat hits terutama di kalangan kawula muda wanita yang suka sekali dengan drama-drama Korea.

Tidak hanya wisatawan dalam kota, tempat ini sudah tersohor ke berbagai kota dan provinsi lain sehingga tidak heran jika jumlah pengunjung sering kali membludak saat akhir pekan atau hari libur Nasional. Ada banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan disini dan berikut informasi selengkapnya.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Kiara Artha Park

Meskipun saat ini sedang sangat hits, namun harga tiket masuk ke Kiara Artha masih tergolong sangat merakyat bahkan di kantong pelajar sekalipun yaitu:

HariHarga per Orang
Senin – JumatRp10.000 untuk anak dan Rp 20.000 untuk dewasa
Sabtu, Minggu, dan saat libur NasionalRp15.000 untuk anak dan Rp 35.000 untuk dewasa

Harga tiket di atas berlaku untuk semua pengunjung berbagai usia kecuali bayi dan balita di bawah usia 5 tahun. Tidak hanya murah, tiket ini juga bisa kamu tukar dengan minuman ringan ketika kamu nanti akan pulang. Jadi, pastikan bahwa tiket masuknya tidak langsung kamu buang atau hilang ya sebelum pulang.

Jam Buka

Jam Buka Kiara Artha Park

Taman Kiara Artha dibuka setiap hari untuk umum tanpa hari libur sama sekali. Namun, ada batasan jam buka yakni diantara pukul 10.00-21.30 WIB.

Aktivitas dan Atraksi di Kiara Artha Park

Taman Kiara Artha termasuk salah satu objek wisata baru di Indonesia karena baru diresmikan pada tahun 2020 silam. Meski begitu, tempat ini sudah langsung terkenal dalam waktu singkat karena sejumlah daya tarik yang dimilikinya. Berikut beberapa aktivitas seru dan atraksi menarik yang ada di Kiara Artha:

1. Berkeliling Taman

Jika dilihat dari atas, maka bentuk dari Taman Kiara Artha adalah mirip dengan angka delapan. Area wisata ini mengusung konsep komersial, hunian, bisnis, dan juga wisata kekinian dan langsung berhasil menjadi salah satu ikon menarik di Kota Bandung di area seluas 2,9 hektar.

Taman ini dibuat untuk merayakan Konferensi Asia Afrika yang pernah diselenggarakan di Indonesia tepatnya di Kota Bandung pada tahun 1955 yang kala itu lokasinya berada di lokasi taman ini.

Tidak heran jika di taman ini diisi dengan patung setengah badan dari para penggagas Konferensi Asia Afrika sekaligus berbagai bendera negara dari masing-masing peserta.

2. Menikmati Ruang Terbuka Hijau

Bersantai dan menikmati ruang terbuka hijau di taman ini menjadi salah satu yang paling banyak dilakukan oleh pengunjung.

Pada area terbuka hijau ini ada banyak taman lokal dan interlokal yang bisa dijadikan tempat asik untuk ngobrol dengan teman, pasangan, atau keluarga. Kamu juga bisa menjadikan area ini untuk olahraga seperti jalan santai, bersepeda, atau jogging. Ada tempat sewa sepeda lho di taman ini.

3. Menyaksikan Dancing Fountain

Dancing fountain atau air mancur menari menjadi salah satu pemandangan paling menarik di Kiara Artha Park namun hanya bisa kamu saksikan saat malam hari dimulai dari pukul 18.00 WIB.

Pertunjukan air mancur ini semakin dramatis karena area air mancur yang dilengkapi dengan lampu warna-warnai bahkan di bagian semburan air mancurnya sendiri.

Setiap beberapa menit sekali air mancur ini akan menari dan lampunya akan menyala serta ada musiknya. Pertunjukan terakhir biasanya pada pukul 20.30 WIB namun khusus di akhir pekan akan selesai lebih malam yaitu sampai pukul 21.30 WIB.

4. Menjajal Kuliner Korea

Jika selama ini hanya melihat aneka kuliner Korea di dalam drama, maka saat berada di Kiara Park kamu bisa langsung mencicipinya. Cita rasanya konon tidak jauh berbeda dari negara asalnya dan dijamin halal untuk Muslim.

Kamu bisa berkeliling tenant untuk merasakan sensasi jajan di street food ala Korea dan mencicipi beberapa menu seperti corndog, jajangmyeon, bibimbap, tteokbokki, dan banyak lagi, dengan harga mulai dari Rp10.000 – Rp50.000 untuk satu porsi.

5. Belajar Budaya Korea

Selain bisa kulineran khas Korea, kamu juga bisa mengenal lebih dalam mengenai budaya Korea Selatan karena di area Kiara Artha Park ada tempat khusus bernama Hansomo yang berisi informasi mengenai seni tari, aneka kuliner tradisional, dan berbagai hal lain terkait Korea Selatan.

Tempat ini juga menawarkan persewaan baju khas Korea bernama Hanbook, yang nantinya bisa kamu gunakan untuk berfoto dengan memilih background ala Korea di area Kampung Korea sehingga terkesan kamu sedang berada di Korea.

6. Nikmati Festival of Light

Hal menarik lain di Taman Kiara Artha adalah Festival of Light yang menyajikan berbagai ornamen berhiaskan lampu, seperti pohon, kapal, balon, dan sebagainya.

Semuanya tampak indah dan akan sangat cocok untuk spot foto instagram. Tapi sebelumnya kamu menyiapkan uang untuk masuk ke dalam area Festival of Light mulai dari Rp25.000 – Rp40.000.

Fasilitas

Fasilitas Kiara Artha Park

Selain sejumlah fasilitas pada daftar di atas, Kiara Artha Park juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas standar lain seperti berikut:

  • Area parkir yang luas.
  • Kursi / tempat duduk jenis lain di berbagai sudut dan tersebar.
  • Tempat sampah di setiap sudut taman.
  • Toilet umum.
  • Pusat informasi pengunjung
  • Cafe dan resto
  • Mushola
  • Kereta keliling
  • Jogging track
  • Area bermain anak

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Kiara Artha Park

Taman Kiara Artha berlokasi di Bandung, Jawa Barat, tepatnya di Jalan Banten yang berada di Kelurahan Kebonwaru, Kecamatan Batununggal. Lokasinya termasuk strategis karena berada di jantung Kota Bandung sehingga mudah untuk diakses dari berbagai arah, baik dari dalam maupun luar kota.

Objek wisata baru ini masih berada di area yang sama dengan salah satu objek wisata hits lain di Bandung yaitu Jembatan Pelangi. Jarak keduanya sekitar 1,2 km saja, yang dapat ditempuh hanya dalam 4 menit dengan berkendara. Rute lainnya adalah sebagai berikut:

Alun-alun

Jika kamu datang dari arah alun-alun Kota Bandung, maka kamu bisa ambil arah timur dan jalan lurus saja sampai masuk ke Jl. Ahmad Yani.

Selanjutnya lurus lagi sampai kamu melewati Jl. Jakarta atau tepatnya masuk ke kawasan Kiaracondong, dan lurus saja sampai menemukan papan petunjuk menuju Kiara Artha Bandung.

Pintu Tol

Sedangkan untuk kamu yang datang dari arah luar kota Bandung dan keluar dari tol Buah Batu, maka kamu bisa mengambil jalur kanan untuk selanjutnya lurus saja mengikuti jalan sampai berada di traffic light Kiaracondong.

Setelahnya kamu bisa mengambil arah kiri untuk menuju Jl. Kiaracondong dan lurus saja sampai melewati flyover dan menemukan papan petunjuk menuju Kiara Artha.

Kiara Artha Park menjadi salah satu ikon baru yang menarik di Kota Bandung yang tidak hanya sebagai taman terbuka hijau untuk nongkrong dan olahraga tapi juga bisa melihat berbagai atraksi keren seperti dancing fountain, kuliner ala Korea, menyewa Hanbok, dan belajar budaya dari Korea.

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.