KAWAH WURUNG: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Harga TiketRp5.000 - Rp300.000
Jam Buka08.00 - 16.00 WIB
Nomor Telepon-
AlamatMargahayu, Kalianyar, Sempol, Bondowoso, Jawa Timur

Kawah Wurung menjadi salah satu objek wisata terkenal di Bondowoso, dimana wisata ini menawarkan pemandangan khas pegunungan yang sangat apik. Meskipun disebut sebagai kawah, namun tidak mengeluarkan lava seperti kawah lainnya.

Melainkan kawah ini hanya berupa padang rumput yang sangat luas, sedangkan di sekelilingnya terdapat pegunungan dan perbukitan yang sangat unik. Selain itu, wisata ini juga dikelola dengan sangat baik, tak heran jika sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal hingga wisatawan luar negeri sekalipun.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Kawah Wurung

Harga tiket untuk memasuki kawasan wisata ini sendiri sangatlah bervariasi, dimana setiap kegiatan terdapat biaya yang harus kamu keluarkan untuk dapat menikmatinya. Berikut detail harga yang diterapkan di kawasan wisata yang satu ini:

KeteranganHarga
Wisatawan LokalRp5.000
Wisatawan MancanegaraRp20.000
PreweddingRp300.000
Sepeda gunung (1 jam)Rp10.000
ATV (30 menit)Rp50.000
Tenda perkemahanRp50.000
Parkir motorRp2.000
Parkir mobilRp5.000
Parkir mini busRp10.000
Parkir busRp20.000

Jam Buka

Jam Buka Kawah Wurung

Sedangkan untuk jam buka atau jam operasional wisata ini cukup fleksibel, mengingat tempat wisata buka hampir setiap hari baik weekday atau weekend sekalipun. Jam bukanya antara pukul 08.00 pagi hingga 16.00 sore hari.

Apabila kamu tidak berminat untuk bermalam atau berkemah, sangat disarankan untuk tidak mengunjunginya di malam hari karena tempatnya yang masih terpencil. Pasalnya, akses pergi atau pulang sangatlah sulit dijangkau.

Aktivitas di Kawah Wurung

Aktivitas di Kawah Wurung

Ada beberapa hal yang menjadi daya tarik wisata yang satu ini, mulai dari pemandangan memukaunya, bermain ATV, berkemah, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk lebih lengkapnya berikut kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan disini:

1. Menikmati Pemandangan Kawah dan Berburu Foto

Hal pertama yang bisa kamu lakukan ialah menikmati indahnya kawah itu sendiri, dimana kawah ini memang menyuguhkan pemandangan sangat memukau. Baik padang rumputnya, perbukitan, taman bunga, dan lain sebagainya.

Tentu saja banyaknya spot di kawasan kawah membuat kamu bisa berburu foto yang menarik, karena setiap spot memiliki keunikannya tersendiri. Bahkan, tak jarang spot-spot foto di kawasan kawah dijadikan sebagai spot foto prewedding.

2. Bermain ATV

Bagi kamu yang ingin bermain, maka ada pula penyewaan ATV yang bisa kamu gunakan. Tentunya kamu dapat menikmati indahnya kawasan kawah sembari merasakan keseruan bermain ATV di kawasan kawah tersebut.

Namun, perlu diperhatikan bahwa harga sewa ATV cukup mahal apalagi hanya dapat disewa dengan batas waktu tertentu. Jadi kamu tidak dapat menikmatinya secara leluasa.

3. Bersepeda di Kawasan Kawah

Bukan hanya ATV saja, melainkan ada pula penyewaan sepeda yang bisa kamu gunakan untuk menyusuri kawah. Hal ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berkeliling kawah dengan lebih santai dan menyenangkan.

Apalagi harga sewa sepeda cenderung lebih terjangkau ketimbang ATV sehingga kamu bisa lebih puas dalam menggunakannya. Selain itu, kamu juga bisa lebih menikmati suasana kawah yang sejuk dengan menggunakan sepeda.

4. Berkemah

Kamu juga dapat berkemah di kawasan wisata Kawah Wurung ini, dimana terdapat penyewaan tenda yang bisa kamu sewa untuk bermalam. Akan tetapi untuk bisa berkemah kamu harus memperhatikan cuaca yang ada, karena sangat tidak disarankan berkemah ketika musim penghujan.

Angin yang berhembus di kawasan kawah ini juga sangat kencang saat malam hari sehingga kamu harus memasang tenda dengan kuat agar tidak terbawa oleh angin. Meskipun demikian, banyak wisatawan yang suka berkemah di kawasan kawah karena memiliki keseruan tersendiri.

5. Menikmati Sejuknya Angin Pegunungan di Gazebo

Untuk kamu yang sekedar ingin menikmati suasana dan hembusan angin, maka kamu juga dapat duduk santai di gazebo yang ada di sekitar kawasan wisata. Gazebo ini memang disediakan sebagai tempat beristirahat bagi wisatawan yang berkunjung.

Bahkan di sekitar gazebo terdapat penjual makanan dan minuman ringan yang pastinya akan menambah kenyamanan di gazebo tersebut.

Sejarah

Sejarah Kawah Wurung

Menurut sejarah, kawah ini tercipta oleh geseran lempeng bumi dan membentuk gunung berapi. Namun, pada masa perkembangannya, terhenti dan membuat kawah kosong atau tidak jadi. Hal inilah yang membuat kawah diberi nama Wurung yang artinya gagal atau tidak jadi.

Sedangkan menurut cerita rakyat, dahulu terdapat pemuda bernama Wurung yang melakukan ritual semedi di kawasan kawah. Akibatnya kawah yang awalnya aktif menjadi mati dan tidak memiliki lava di dalamnya.

Fasilitas

Fasilitas Kawah Wurung

Kawasan wisata Kawah Wurung banyak dikunjungi bukanlah tanpa alasan. Selain pemandangannya yang cantik, wisata ini juga memiliki fasilitas yang sudah sangat mumpuni. Berikut merupakan beberapa fasilitas yang tersedia di objek wisata ini, antara lain:

1. Area Parkir yang Luas

Lokasi kawasan wisata ini sangatlah luas, tak heran bila memiliki area parkir yang luas pula. Disini kamu bisa memarkirkan berbagai jenis kendaraan, mulai dari motor, mobil, mini bus, hingga bus pariwisata sekalipun.

Selain itu, jalan yang bisa dilalui juga sangat lebar sehingga membuat kendaraan bisa keluar masuk dengan leluasa.

2. Toilet dan Mushola

Meskipun terletak di kawasan yang sepi penghuni, namun kamu bisa dengan mudah menemukan toilet atau mushola di sekitar kawasan wisata. Mengingat pihak pengelola menyediakannya di berbagai tempat di kawasan tersebut.

3. Pedagang Makanan dan Minuman

Disini kamu juga bisa dengan mudah menemui pedagang makanan dan minuman, seperti pedagang gorengan, bakso, mie ayam, dan lain sebagainya. Jadi kamu tidak perlu lagi membawa bekal dari rumah, mengingat terdapat banyak sekali pedagang di sekitar kawasan wisata.

Meskipun berada di kawasan wisata, namun harga makanan dan minuman disini cukuplah standar. Dengan begitu, kamu tidak perlu takut untuk mencoba jajanan di kawasan wisata kawah.

4. Penyewaan Jas Hujan

Terdapat pula penyewaan jas hujan di pintu masuk kawasan wisata, dimana kamu wajib menyewa jas ini bila datang saat musim penghujan. Hal ini karena saat hujan, kamu akan kesusahan menemukan tempat berteduh di kawasan wisata tersebut.

Walaupun terdapat beberapa tempat berteduh, namun penggunanya sangatlah banyak. Mengingat terdapat banyak wisatawan sehingga menyewa jas hujan bisa menjadi pilihan terbaik saat berwisata di musim penghujan.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Kawah Wurung

Lokasi kawasan wisata berada di Kalianyar, Kecamatan Ijen, Bondowoso. Tidak jauh dari pusat kota Bondowoso dan hanya berkisar 10 km dari pusat kota, dimana akses ke tempat wisata dapat dengan mudah dicapai oleh kendaraan bermotor atau mobil sekalipun.

Akan tetapi bila kamu berwisata kesini saat musim penghujan, sangat disarankan untuk memarkir kendaraan di tempat yang telah disediakan dan jangan dibawa masuk ke dalam tempat wisata. Karena pastinya akses jalan sangatlah sulit dilalui oleh kendaraan kamu tersebut.

Kawasan wisata Kawah Wurung memang menyimpan keindahan tersendiri, mengingat ia memiliki pemandangan yang indah serta memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, wisata ini juga sangat cocok sebagai salah satu destinasi wisata keluarga karena sudah memiliki fasilitas yang sangat lengkap.

Kunjungi juga:

Photo of author

Meluncur

Liburan dengan Cerdas