Jurug Solo Zoo

Share
Comment 0 reply
Jurug Solo Zoo

Selain waterpark yang menjadi incaran tempat wisata bagi para wisatawan, ada pula kebun binatang yang tak ketinggalan diburu ketika hari libur tiba, salah satunya adalah Jurug Solo Zoo.

Untuk kalian yang berdomisili di kota Solo dan sekitarnya, pastinya taman margasatwa satu ini sudah lumayan akrab di telinga.

Jurug Solo Zoo atau juga dikenal dengan sebutan Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) ini berapa di Jl. Ir. Sutami No. 40, Kota Surakarta atau lebih tepatnya berada di sebelah kampus UNS (Universitas Sebelas Maret).

Tempat wisata satu ini sangat pas dikunjungi bersama keluarga terlebih lagi dengan si kecil agar mereka dapat belajar mengenai hewan di dalamnya. Dan juga sekaligus untuk melatih keberanian si kecil dalam berinteraksi dengan berbagai satwa.

Untuk kalian yang tertarik berkunjung ke Jurug Solo Zoo, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa informasi menariknya di bawah ini.

Jurug Solo Zoo

tiket masuk jurug solo zoo 2021

Jurug Solo Zoo atau Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) telah dibangun sejak pada tahun 1976 silam.

Destinasi wisata yang berjejeran dengan Sungai Bengawan Solo itu pada mulanya merupakan sebuah taman kota yang dipakai untuk melindungi dan menjadi beberapa satwa dari Taman Bonrojo / Kebun Raja di kawasan Sriwedari.

Kemudian, Pemerintah Kota atau Pemkot Solo memutuskan guna mengambil alih taman itu serta membawanya menuju TSTJ.

Meskipun koleksi satwa yang ada di dalam Kebun Binatang di Solo ini mungkin tak selengkap Gembira Loka Zoo ataupun Semarang Zoo, tetapi TSTJ tetap saja memperoleh tempat di hati sebagian wisatawan yang berkunjung.

Terlebih lagi sebab kawasan kebun binatang satu ini juga terus dikembangkan dengan menerapkan konsep yang lebih kekinian. Dimana kondisi demikian memberikan lebih banyak spot foto menarik, sehingga sangat coock untuk dijadikan sebagai lokasi hunting foto.

Objek Wisata

Ketika kalian berkunjung ke Jurug Solo Zoo, ada beberapa objek wisata atau wahana seru yang dapat kalian nikmati, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Kandang Binatang

tiket masuk jurug solo zoo 2022

Setibanya kalian di dalam kebun bintang ini, kalian akan langsung disambut dengan adanya  kandang gajah.

Lalu di sebelah kandang gajah tersebut, kalian dapat melihat adanya kandang burung yang berisi beraneka ragam burung warna – warni. Menariknya lagi, beberapa diantara burung tersebut berstatus genting / terancam kepunahannya.

Sepelemparan batu dari arah situ, kalian juga dapat bergeser ke arah kandang beruang, monyet, macan, serta buaya.

Jauh di bagian belakangnya terdapat kandang kawanan unta yang merupakan hewan asal Timur Tengah dimana bisa kalian jadikan tunggangan di waktu akhir pekan.

Kemudian di samping kandang unta juga terdapat rusa, banteng, kuda, serta kanguru tanah. Hewan – hewan tersebut berada di dalam sebuah kompleks yang sama.

Berjalan sedikit jauh menuju belakang, berdiri sebuah kandang orangutan yang menjadi primadona di dalam wisata Solo Zoo.

Di sekitar kandang orangutan, terdapat kandang – kandang dengan ukuran lebih kecil dimana penghuninya merupakan beberapa jenis primata.

Menghabiskan waktu berlibur di dalam Kebun Binatang Solo tidak akan terasa bosan lantaran banyaknya pepohonan yang menaungi taman satwa satu ini.

Sejumlah penjaja makanan juga siap untuk menjadi jujugan apabila kalian merasa lelah maupun lapar.

2. Wisata Edukasi

harga tiket jurug solo 2021

Kebun Binatang Jurug Solo mempunyai fasilitas yang lumayan lengkap seperti beberapa koleksi flora serta fauna, termasuk dari keluarga unggas seperti burung beo, merak, kakatua, dan lainnya.

Kemudian juga terdapat satwa karnivora seperti harimau Sumatera, komodo, buaya, macan tutul, dan yang lainnya. Hingga koleksi satwa herbivora jinak seperti kijang, kuda, gajah, dan kera.

Guna memberikan edukasi pada para wisatawan, di dalam setiap kandang kebun binatang juga telah tersedia papan informasi lengkap di sisi luar.

Papan informasi tersebut mencangkup nama satwa sekaligus nama latinnya, asal daerah, serta keterangan penting lainnya.

Tidak hanya satwa, terdapat juga koleksi flora seperti pohon cemara, munggur, pinus, akasia, dan lainnya yang juga menambah kesan asri dari Kebun Binatang Jurug Solo ini.

3. Tunggang Satwa

Tunggang Satwa

Untuk kalian yang sudah merasa lelah menjelajahi kawasan kebun binatang, di tempat wisata ini juga telah disediakan beberapa tempat duduk yang dapat kalian manfaatkan.

Bahkan, beberapa koleksi hewan yang ada disini juga kabarnya dapat ditunggangi, tetapi hanya khusus di hari Minggu maupun hari libur nasional.

Hewan tersebut yang dapat ditunggangi adalah unta dan gajah.

4. Wahana Permainan

Berikut ini adalah beberapa wahana permainan seru yang dapat kalian temukan, yaitu:

a. Taman Pelangi

Taman Pelangi

Walaupun memiliki konsep dari sebuah kebun binatang, namun Jurug juga memiliki kawasan bermain anak dan fasilitas lainnya, sampai adanya Taman Pelangi di area TSTJ.

Taman Pelangi atau taman lampion ini sendiri baru diresmikan pada akhir bulan Desember 2017 lalu.

Jenis taman satu ini secara keseluruhan memakai daya listrik sebesar 180 ribu Watt dimana 80 ribu Watt diantaranya digunakan secara khusus pada wahana dancing fountain.

Di dalam Taman Pelangi, kalian juga dapat melihat adanya ribuan lampion dalam beragam bentuk. Contohnya seperti bentuk bunga – bunga kecil yang nampak romantis di malam hari, bentuk naga, sampai lampion yang berbentuk binatang lucu.

b. Dancing Fountain / Air Mancur

Dancing Fountain

Yang membuatnya lebih seru lagi, kalian juga bisa menikmati adanya suguhan dancing fountain / air mancur yang bisa menari – menari.

Keberadaan dancing fountain tersebut berada di tengah – tengah danau dengan lebar 18 meter serta mampu untuk menembakkan air ke atas sampai ketinggian 30 meter.

Tak hanya itu saja, ada pula efek lampu serta efek api yang sangat menakjubkan dari atraksi dancing fountain itu sendiri lengkap dengan adanya water screen / video yang menampilkan cerita anak – anak.

Untuk jadwal dari pertunjukan air mancur menari tersebut dimulai dari pukul 19.00, 20.00, serta 21.00 WIB dengan durasi sekitar 10 menit pada setiap pertunjukan.

c. Zona Anak

harga tiket masuk jurug solo zoo

Terdapat juga wahana permainan khusus ditujukan untuk pengunjung anak – anak seperti bom – bom car, komidi putar, trampolin, dan yang lainnya.

Namun untuk saat ini, pihak pengelola belum memberikan fasilitas waterpark, untuk mengatasi hal tersebut, kalian dapat mengunjungi Sentul Waterpark Cilacap.

Fasilitas

  • Area parkir
  • Mushola
  • Toilet
  • Wahana permainan
  • Wisata edukasi
  • Warung makan dan minum
  • Penjaja makanan dan minuman
  • Taman
  • Tempat duduk / tempat istirahat
  • Tempat sampah
  • Papan informasi
  • Tungga satwa
  • Spot foto

Lokasi

Alamat Jurug Solo Zoo: Jl. Ir. Sutami No.109, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126.

Kontak:

  • Nomor telepon / fax: (0271) 636279
  • Email: jurugsolozoo1976@solozoo.id atau tstj.solo@gmail.com
  • Website: www.solozoo.id

Rute Menuju Lokasi

Untuk kalian yang ingin menuju ke Taman Satwa Taru Jurug dengan memakai transportasi umum, berikut adalah rute yang dapat kalian gunakan:

a. Solo / Boyolali – Bandara Adisumarmo

  • Dari arah Bandara Adisumarmo, kalian dapat menggunakan Batik Solo Trans koridor 1 rute Bandara Adisumarmo – Palur.
  • Kemudian kalian turun di halte Jurug 1 di depan Taman Satwa Taru Jurug.

b. Solo – Stasiun Balapan

  • Dari arah Stasiun Balapan, kalian dapat berjalan kaki ke arah Terminal Titronadi lewat jembatan skywalk.
  • Dari arah sana, kalian dapat menggunakan salah satu bis dengan jurusan Matesih / Sragen / Tawangmangu.
  • Lalu kalian turun di Taman Satwa Taru Jurug.

c. Solo – Stasiun Purwosari

  • Dari arah halte Batik Solo Trans Stasiun Purwosari, kalian dapat menggunakan Batik Solo Trans koridor 1 dengan rute Kartasura – Palur.
  • Kemudian kalian turun di halte Jurug 1 di depan Taman Satwa Taru Jurug.

d. Solo – Stasiun Jebres

  • Dari arah Stasiun Jebres, kalian jalan menuju perempatan Panggung.
  • Dari arah sana, kalian naik salah satu bus dengan jurusan Matesih / Sragen / Tawangmangu.
  • Kemudian kalian turun di Taman Satwa Taru Jurug.

e. Solo – Terminal Tirtonadi

  • Dari arah Terminal Tirtonadi, kalian naik salah satu bus dengan jurusan Matesih / Sragen / Tawangmangu.
  • Lalu turun di Taman Satwa Taru Jurug.

Harga Tiket Masuk

Berikut ini adalah tarif atau harga tiket masuk yang akan dikenakan kepada setiap wisatawan yang datang berkunjung ke Jurug Solo Zoo:

KeteranganHarga
Senin – JumatRp20.000
Sabtu – MingguRp25.000

Catatan:

  • Penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian corona virus disease 2019 di Kota Surakarta, tertanggal 26 Oktober 2019 batas usia pengunjung Jurug Solo Zoo adalah 15 tahun ke atas, sampai waktu yang belum tidak ditentukan.
  • Batas pengunjung setiap harinya adalah 2.000 dengan catatan tidak bergerombol.
  • Setiap wisatawan wajib untuk mematuhi standar protokol kesehatan yang berlaku.
  • Pengunjung bisa membeli tiket masuk secara online lewat aplikasi / beli di tempat dengan pembayaran non tunai.

Jam Operasional

Jurug Solo Zoo buka setiap harinya (Senin – Minggu) mulai dari pukul 07.30 – 16.00 WIB.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.