HUTAN KOTA GBK: Pesona, Tiket, Jam Buka 2022

Harga TiketGratis
Jam Buka06.00 - 18.00 WIB
Nomor Telepon-
AlamatJl Jendral Sudirman, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta

Ruang Terbuka Hijau (RTH) dianggap menjadi solusi dari banyaknya polusi yang terkandung di udara bebas. Oleh sebab itu, di Jakarta banyak terjadi alih fungsi lahan menjadi hutan atau taman. Salah satu hasil dari alih fungsi lahan tersebut yakni Hutan Kota GBK yang ada di Jakarta Selatan.

Ruang terbuka ini kerap dikunjungi oleh warga Jakarta, terutama saat akhir pekan. Uniknya, tempat ini memiliki nuansa alam yang hijau tetapi berhiaskan gedung-gedung pencakar langit khas Metropolitan. Hmm, menarik untuk dikunjungi bukan? Yuk baca pembahasannya terlebih dahulu!

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Hutan Kota GBK

Hutan Kota GBK tidak memungut biaya apapun jika kamu ingin mengunjunginya. Kecuali, jika membawa kendaraan pribadi, kamu akan diharuskan untuk membayar tarif parkir menggunakan uang elektronik atau e-money.

Walaupun gratis, kamu harus tetap menjaga kebersihan dan keindahan kawasan ini. Ketika akan meninggalkan lokasi, jangan sampai ada sampah yang tertinggal sedikit pun. Sebab, hal tersebut akan merusak estetika lingkungan.

Sebelum memasuki kawasan hutan kota, kamu juga wajib untuk melakukan vaksin minimal 2 dosis, serta melakukan scanning QR Code pada aplikasi Peduli Lindungi.

Jam Buka

Jam Buka Hutan Kota GBK

Ruang terbuka hijau ini buka pada hari Selasa sampai Minggu, dengan dibagi dua sesi per harinya, yakni:

SesiHari Jam Operasional
1Selasa – Minggu06.00 – 10.00
2Selasa – Minggu15.00 – 18.00

Aktivitas dan Pesona Hutan Kota GBK

Aktivitas dan Pesona Hutan Kota GBK

Sebelum disulap menjadi sebuah kawasan hijau, area ini dulunya adalah Golf Driving Range GBK, dengan luas mencapai 4,6 hektare. Sehingga, lokasi tersebut sangat cocok untuk bermain golf, apalagi letaknya juga strategis.

Akhirnya, pada pertengahan tahun 2016, tepatnya pada Bulan Mei, dilakukanlah alih fungsi dari lahan golf menjadi ruang terbuka hijau dan area komersial. Selain ada Hutan Kota GBK, pada area tersebut juga dibangun Hotel Plataran.

Tujuannya, supaya kawasan ini dapat menjadi destinasi wisata untuk kalangan menengah ke atas sekaligus tempat rekreasi.

Penampilan dari Hutan Kota GBK tidak seperti hutan pada umumnya, melainkan berupa hamparan lapangan rumput yang luas. Dikutip dari situs Dinas Pariwisata DKI Jakarta, hutan kota ini luasnya sekitar 4 hektare.

Dengan nuansa alam hijau yang berhiaskan gedung pencakar langit khas Metropolitan, membuat tempat ini mirip dengan Central Park yang ada di New York. Tentu saja, tempat ini sangat ideal untuk bersantai-santai.

Eits, selain bersantai masih banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan, lho!

1. Berpiknik

Dengan hamparan rumput hijau yang luas, Hutan Kota GBK mengundang pengunjung untuk melakukan piknik. Apalagi kontur tanahnya yang landai dan adanya beberapa pohon, menjadikan tempat ini cukup teduh, nyaman, dan asri.

Jika butuh suasana piknik yang berbeda, mungkin kamu bisa memilih tempat ini. Pasalnya, berpiknik disini menyajikan suasana ala perkotaan dengan pemandangan pepohonan, serta deretan gedung tinggi.

Waktu yang tepat untuk berpiknik yakni setelah pukul 14.00 atau sebelum pukul 10.00, karena pada waktu-waktu tersebut, sinar matahari tidak terlalu terik.

Kamu boleh membawa kain atau tikar untuk alas duduk sendiri. Sebagai pelengkap, kamu juga boleh membawa makanan ringan sebagai bekal piknik. Apabila belum sempat menyiapkan makanan, di dekat stadion juga terdapat food court.

Jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang nyaman serta membawa payung manakala terjadi hujan.

2. Berolahraga

Bosan berolahraga di stadion GBK? Coba, deh, untuk berolahraga di kawasan hutan kota.

Kawasan ruang terbuka hijau ini bisa menjadi pilihan alternatif untuk olahraga yang nyaman dan layak. Pengunjung bisa memilih area yang akan digunakan untuk berolahraga, karena area-nya sangat luas.

Selain untuk bersantai, Hutan Kota GBK juga bisa digunakan untuk olahraga dan sudah disediakan jogging track khusus untuk berlari. Selain untuk berlari, jogging track tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk bersepeda. Namun, kamu tidak boleh menggunakannya untuk bermain skateboard.

Demi kenyamanan bersama, pengunjung tidak diperbolehkan untuk membawa hewan peliharaan, seperti kucing, anjing, kelinci, dan lain sebagainya.

Tidak hanya jogging, kamu juga bisa melakukan yoga atau jalan santai di area ini.

3. Bersantai

Bersantai mungkin terdengar simpel, tetapi bisa menjadi obat dari kejenuhan dan kepenatan akibat pekerjaan sehari-hari. kamu bisa duduk-duduk di atas rumput atau di bangku yang tersedia sambil menikmati pemandangan gedung pencakar langit.

Apabila ingin lebih indah, kamu bisa berkunjung saat senja, sehingga bisa mendapatkan panorama langit berwarna oranye. Jika ingin mendapat momen senja, kamu bisa berkunjung pada pukul 15.00–18.00

Jika bosan, kamu bisa berjalan santai sembari mengamati tumbuhan-tumbuhan unik yang ada, seperti baobab, kayu ulin atau kayu besi, pohon Tabebuia, dan tumbuhan lainnya.

Setelah mengunjungi tempat ini, dijamin pikiran kamu akan refresh kembali, sehingga siap untuk melanjutkan aktivitas sehari-hari.

Fasilitas

Fasilitas Hutan Kota GBK

Area yang memiliki luas mencapai 4 hektare ini dirancang sebagai paru-paru penghasil oksigen untuk kota. Selain hamparan rumput, pada Hutan Kota GBK juga terdapat kolam trembesi dengan konsep alas kayu serta beberapa macam pepohonan.

Untuk menambah kenyamanan saat berkunjung, pengelola juga sudah menyiapkan berbagai fasilitas penunjang seperti bangku taman, toilet, pos keamanan, ruang ganti, amphitheater, dan plasa utama.

Kamu tidak perlu khawatir jika kelaparan, sebab terdapat beberapa food court di dekat stadion dan juga kios-kios makanan kecil di dalam.

Selain itu, kamu juga bisa menjumpai penjual makanan khas Jakarta yang melegenda, seperti kue pancong dan kerak telor. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, juga sudah disediakan lahan parkir.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Hutan Kota GBK

Hutan Kota GBK adalah salah satu bagian dari Gelora Bung Karno Sports Complex yang berada di Jalan Pintu Senayan.

Kamu bisa mengakses taman ini dengan mudah melalui Pintu 5 GBK di Jalan Jenderal Sudirman, Kav. 54 – 55, Senayan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Lokasinya persis berada di samping restoran Hutan Kota by Plataran.

1. Rute menggunakan Trans Jakarta

Bagi yang menggunakan transportasi Trans Jakarta, yang harus dilakukan adalah turun di halte Gelora Bung Karno.

Setelah itu, kamu tinggal berjalan kaki menuju Pintu 5 GBK yang ada di seberang FX Sudirman. kamu akan menghabiskan waktu sekitar 15 menit untuk sampai di kawasan terbuka hijau ini.

2. Rute menggunakan MRT

Menuju ke lokasi menggunakan MRT sebenarnya seru dan tidak sulit. Pertama-tama, kamu harus turun di stasiun Istora Mandiri. Setelah keluar dari stasiun, silakan jalan menuju Gate 7 Gelora Bung Karno, kemudian tinggal jalan sedikit dan sampai.

3. Parkir untuk kendaraan pribadi

Bagi yang membawa kendaraan pribadi mobil, kamu bisa memarkirkannya di area Parkir Selatan GBK, Helipad, Stadion Akuatik, atau Pintu Kuning. Sedangkan untuk motor, kamu bisa parkir di Helipad atau Stadion Akuatik.

Bagaimana? Membaca pembahasan ini saja mungkin kamu menjadi greget untuk segera menikmati indahnya Hutan Kota GBK yang hijau nan asri bukan? Tunggu apalagi? Yuk segera cari jadwal untuk berkunjung kesini!

Kunjungi juga:

Photo of author

Meluncur

Liburan dengan Cerdas