Goa Jomblang

Share
Comment 0 reply
Goa Jomblang

Kabupaten Gunung Kidul Jogja memiliki goa yang sangat fenomenal bernama Goa Jomblang dengan tarik serta keistimewaan tersendiri daripada beberapa goa lainnya.

Lokasi Gunung Kidul sendiri yang berada di kawasan pesisir selatan Pulau Jawa menjadikan daerah wisata ini terkenal akan wisata pantainya yang sangat mempesona.

Setidaknya ada lebih dari 20 pantai yang dapat kalian kunjungi dimana beberapa diantaranya berdekatan dengan lokasi Goa Jomblang.

Goa Jomblang

goa pindul

Goa Jomblang dapat dikatakan sebagai tempat wisata goa baru yang ada di kawasan Gunung Kidul. Meski demikian, goa ini memiliki pesona yang tak kalah indah daripada tempat wisata lainnya.

Situs wisata satu ini berdiri di area perbukitan karst pesisir selatan yang memanjang dari arah Gombong sampai Pegunungan Sewu, Pacitan, Jawa Timur.

Dengan keindahan yang disuguhkan, goa ini tidak hanya dikunjungi oleh para wisatawan dalam negeri, melainkan banyak dari wisatawan mancanegara, seperti Amerika, Eropa, Asia (Singapura, Tiongkok, Malaysia) yang sengaja datang ke goa ini.

Bahkan, gua satu ini juga sempat menjadi lokasi pengambilan gambar Amazing Race Amerika.

Sejarah & Cerita Seram

1. Sejarah Terbentuknya Goa

harga goa jomblang

Terciptanya Goa Jomblang ini sebab adanya pelarutan serta adanya runtuhan dari lapisan batu gamping yang berumur sekitar 15 – 30 juta tahun.

Goa yang mempunyai pemandangan indah ini, pertama kali dijelajahi oleh kelompok ASC (Acintyacunyata Speleological Club) dari kota Jogja pada tahun 1984.

Tempat wisata ini mempunyai 4 jalur yang bisa digunakan oleh para penjelajah, dengan bentuknya yang vertikal.

Goa ini sendiri mempunyai kedalaman mencapai 80 meter dengan garis tengah 50 meter ke dasar lubang atau disebut sebagai Sumuran.

Sumuran tersebut berkaitan dengan adanya lorong mendatar yang memiliki akhir di Luweng Grubug.

Luweng Grubug sendiri merupakan sebuah sumuran tunggal yang mempunyai kedalaman mencapai 90 meter dan menjadi sumuran terdalam yang ada di Pulau Jawa.

Tidak hanya itu saja, terdapat pula aliran sungai bawah tanah yang menjadi daya tarik lain dari wisata Goa Jomblang ini.

2. Mitos / Cerita Seram

sejarah goa jomblang

Dibalik keindahannya, goa satu ini ternyata mempunyai sejarah atau cerita yang sangat kelam di dalamnya, diantaranya sebagai berikut:

a. Lokasi Pembunuhan Massal PKI

Konon katanya, goa satu ini pada zaman dulu digunakan sebagai tempat pembunuhan massal anggota PKI.

Ada ratusan anggota PKI yang diperkirakan menemui ajalnya di dalam Goa Jomblang tersebut.

Menurut kisah, mayat orang – orang tersebut berkelompok dijejerkan di bagian bibir gua dengan tangan yang saling terikat antara satu dengan yang lain.

Pada saat salah satu tangan tersebut ditembak hingga jatuh ke dalam goa, maka anggota lainnya juga akan ikut terjatuh.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya penemuan tulang manusia yang mencapai 3 truk pada tahun 1982 serta adanya beberapa tengkorak di dalam lumpur yang ditemui pengunjung di tahun 1990.

b. Lokasi Pembuangan Mayat

Terlebih lagi, goa – goa yang ada disekitarnya juga konon dijadikan sebagai lokasi untuk pembuangan mayat dari preman atau penjahat yang pada masa itu tengah di incar dan di perangi oleh pemerintah.

Dan pada masa itu juga tengah gencar adanya Petrus (penembak misterius), yang bisa melenyapkan preman, penjahat, ataupun orang yang baru dicurigai pada waktu semalam.

c. Suara Misterius dari Mesin Mobil

Pada saat – saat tertentu, konon terdapat suara derungan mesin mobil yang pada umumnya berhenti di beberapa bibir gua pun.

Cerita tersebut semakin melengkapi kesan angker dari tempat – tempat di area Gunungkidul ini.

d. Penjelajah yang Hilang

Kisah satu ini juga sempat membuat takut pada warga setempat ditambah.

Dikisahkan adanya beberapa penjelajah yang hilang selepas menyusuri gua yang masih alami ini .

Di tahun 1990-an, warga sekitar goa menggelar doa bersama di kawasan ini. Sejak saat itulah, tidak ada cerita atau kejadian lagi terkait penjelajah gua yang hilang oleh ditelan Goa Jomblang Gunung Kidul.

Objek Wisata

Berikut ini adalah beberapa kegiatan menarik atau objek wisata yang dapat kalian temukan ketika berkunjung ke Goa Jomblang, antara lain:

1. Hutan Purba

alamat goa jomblang

Keindahan alam yang juga menjadi daya tarik utama pada destinasi wisata ini ialah adanya hutan purba yang terletak di dasar goa.

Hutan itu disebut sebagai hutan purba sebab adanya jenis tanaman yang tumbuh disana tidak bisa dijumpai di permukaan.

Di hutan ini, kalian dapat melihat hijaunya hutan purba yang masih tetap tumbuh subur serta terjaga keasliannya.

Lokasi hutan itu sendiri terbentuk akibat adanya proses geologi amblesnya tanah dan juga vegetasi yang berada di atasnya ke dasar bumi.

Hingga sekarang, vegetasi di hutan satu ini terus tumbuh serta berkembang yang kian merapatkan barisan pepohonan di dalam dasar goa.

Apabila kalian hendak mencoba kesini, disarankan untuk meluangkan diri kalian guna mengambil paket wisata 2 hari supaya lebih leluasa.

2. Sumber Air Alami

gua alami

Di lokasi goa kalian juga dapat menikmati derasnya air yang berasal dari sungai bawah tanah yang mengalir dari kalisuci.

Selain itu, di lokasi ini kalian juga bisa melihat matahari yang menerobos masuk dari dalam gua dengan ketinggian 90 meter yang membentuk sebuah tiang cahaya yang dapat menyinari kedalaman gua yang gelap gulita.

Menariknya lagi, dengan adanya air yang menetes dari arah ketinggian tersebut juga ikut mempercantik pemandangan yang ada di dalam goa.

3. Susur Goa

susur gua

Goa Jomblang memiliki mulut gua yang berbentuk vertikal dengan jarak antara bibir gua dengan dasarnya bervariasi. Paling dalam adalah sekitar 80 m.

Guna dapat memasuki Gua Jomblang tersebut dibutuhkan kemampuan teknik tali tunggal atau single rope technique (SRT).

Terdapat beberapa akses untuk memasuki Goa Jomblang, diantaranya: Akses viv, akses A, B, dan

Pada akses viv, kalian bisa menyusuri gua dengan cara berjalan kaki lalu turun dari ketinggian sekitar 20 meter. Sementara pada akses A (80 meter), B (60 meter, serta C (40 meter).

Untuk kalian yang jarang atau belum pernah melakukan kegiatan susur goa juga tidak perlu merasa cemas ataupun takut, sebab pihak pengelola telah menyediakan pemandu yang ahli dengan peralatan SRT (Single Rope Tehnique) yang aman.

Pada saat kalian tiba ke dasar gua, kalian akan disambut dengan adanya pemandangan dari tumbuhan – tumbuhan purba.

Tumbuhan tersebut memang terlihat tumbuh subur di sekitar dinding Goa Jomblang.

Kemudian, kalian juga dapat berpetualang untuk menyusuri lorong. Lorong tersebut menghubungkan antara Goa Jomblang dengan Goa Grubug.

Apabila kalian ingin ke Goa Grubug, maka kalian harus berjalan kaki. Lorong tersebut disusun dengan batu yang panjangnya sekitar 300 meter dan dihiasi dengan batu stalaktit, stalagmite, dan juga kristal yang pastinya akam membuat kalian tidak merasa bosan.

Fasilitas

  • Area parkir
  • Mushola
  • Toilet
  • Kamar mandi
  • Pemandu profesional
  • Resort

*Kalian juga bisa menitipkan barang – barang kalian di rumah kepala Dukuh setempat.

Lokasi

Alamat Goa Jomblang: Jetis, Pacarejo, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893.

Kontak: 0818-629-901.

Rute Menuju Lokasi

Untuk kalian yang berangkat dengan memakai transportasi umum, kalian bisa memakai bus tujuan Wonosari untuk mencapai lokasi wisata Goa Jomblang.

Dari arah situ, lalu kalian lanjutkan perjalanan dengan memakai minibus sampai Terminal Semanu serta lanjutkan dengan menggunakan ojek menuju rumah Keduh Jetis.

Di arah dekat Stasiun Lempuyangan juga ada tempat penyewaan motor ataupun mobil harian yang bisa kalian gunakan untuk berkeliling kota Yogyakarta.

Jika kalian ingin memakai transportasi yang lebih praktis, maka kalian sebaiknya menyewa mobil dari Jogja 24 Jam lengkap dengan supirnya untuk pulang pergi dengan biaya yang bisa kalian negosiasi langsung.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Goa Jomblang sebetulnya gratis apabila memang kalian mempunyai peralatan pribadi.

Meski demikian, kalian tetapi harus meminta izin terlebih dahulu kepada Kepala Dukuh yang terdapat di lokasi Goa Jomblang Jogja

Tetapi apabila kalian berkenan untuk memakai jasa operator, maka kalian juga harus menyiapkan jasa pemandunya sekaligus peralatannya, kira – kira untuk tarifnya sebesar Rp450.000 – Rp1.000.000 tergantung dengan fasilitas yang akan kalian peroleh nantinya.

Dan harus kalian ingat, harga tersebut hanya berlaku untuk 1 orang saja ya.

Jam Operasional

Goa Jomblang buka setiap harinya (Senin – Minggu) 08.00 –  14.00 WIB.

Namun ada waktu terbaik untuk berkunjung, yakni sekitar pukul 10.00 – 12.00 WIB, agar kalian memperoleh pemandangan yang lebih maksimal dari sinar matahari yang bisa masuk dengan sempurna ke dalam goa (apabila hari sedang cerah).

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.