DANAU LINTING: Daya Tarik & Tiket Masuk 2023

Harga TiketRp5.000 - Rp10.000
Jam Buka07.00 - 18.00
Nomor Telepon-
AlamatRumah Rih, Sinembah Tj. Muda Hulu, Deli Serdang, Sumatra Utara

Danau Linting atau dikenal juga sebagai Green Lake menjadi salah satu danau yang cukup populer di Sumatera Selatan. Seperti namanya, danau ini memang menawarkan pemandangan air danau yang berwarna hijau kebiruan.

Bukan hanya warna hijau saja, namun warna danau ini bisa berubah-ubah sesuai dengan keadaan sekitarnya. Misalnya saja berwarna biru, pink, jingga, dan masih banyak lagi lainnya. Keunikan inilah yang membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Danau Linting

Harga tiket untuk masuk kawasan wisata green lake sendiri cukup terjangkau, dimana pengunjung hanya perlu membayar tiket sebesar Rp5.000 sampai Rp10.000 saja. Maka kamu sudah bisa menikmati pemandangan danau yang menakjubkan, untuk lebih lengkapnya berikut harga tiketnya:

KeteranganHarga
Tiket masuk orang dewasaRp10.000
Tiket masuk anak-anakRp5.000
Biaya parkir motorRp2.000
Biaya parkir mobilRp5.000
Biaya kebersihanRp5.000

Jam Buka

Jam Buka Danau Linting

Umumnya danau ini buka setiap harinya, baik di hari biasa maupun weekend sekalipun. Jam bukanya sendiri antara pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 sore, sedangkan untuk weekend atau hari libur wisata ini bisa dibuka antara pukul 07.00 pagi hingga pukul 18.00 sore.

Daya Tarik Danau Linting

Daya Tarik Danau Linting

Bicara soal daya tarik dari danau yang satu ini pastinya tidak akan ada habisnya karena danau ini memang menawarkan berbagai hal menarik di dalamnya. Berikut beberapa daya tarik utama dari danau yang sering disebut green lake ini:

1. Air Danau yang Bisa Berubah-ubah

Daya tarik utama dari danau ini tentunya terletak pada airnya yang bisa berubah-ubah, mulai dari biru, hijau, jingga, dan lain sebagainya. Namun, danau ini lebih sering berwarna hijau kebiruan. Hal inilah yang membuatnya disebut sebagai green lake.

Keunikan air danau tersebut dikarenakan letaknya yang sangat unik, dimana danau ini terletak di sekitar pepohonan yang rindang dan tepat dibawah langit yang biru. Dengan begitu, menciptakan paduan warna air danau yang sangat apik.

2. Suasana Sejuk di Tengah Hutan

Selain itu karena letaknya yang ada di sekitar hutan dan pepohonan, maka suasana di danau ini sangatlah sejuk. Meskipun di siang hari yang sangat panas, suasana di danau ini tetap sejuk dan nyaman untuk kamu rasakan.

3. Berburu Foto di Spot-spot Unik Sekitar Danau

Bagi kamu yang ingin berfoto atau mengabadikan momen bersama orang terdekat, maka disini terdapat banyak sekali spot foto menarik yang bisa dicoba. Seperti di tepian danau, ayunan pohon yang ada di pinggir danau, hingga tulisan Danau Linting yang berada tepat di pusat danau.

4. Berenang di Tepi Danau

Bukan hanya itu saja, melainkan kamu juga dapat berenang di tepian danau ini. Karena airnya yang sangat jernih serta ikan-ikan cantik di dalamnya, pastinya akan membuat kamu ingin segera masuk ke dalam air.

Tentu saja bukan hanya tampilannya, namun air danau yang sejuk akan membuat tubuh kamu segar kembali. Apalagi terdapat mitos bahwa air ini memiliki khasiat yang sangat bagus untuk menjaga tampilan bisa tetap awet muda.

Sejarah

Sejarah Danau Linting

Awal mulanya danau ini terbentuk akibat adanya cekungan yang disebabkan oleh aktivitas vulkanik. Namun, seiring berjalannya waktu cekungan tersebut terisi air dan tidak ada tanda-tanda aktivitas vulkanik lagi.

Dahulu danau ini digunakan sebagai tempat ritual oleh masyarakat setempat, dimana mereka meyakini bahwa danau ini ditempati oleh makhluk tak kasat mata yang bisa mengabulkan keinginan. Akan tetapi, kini hampir tidak ada lagi aktivitas tersebut dan murni menjadi objek wisata populer setempat.

Misteri dan Mitos

Misteri dan Mitos Danau Linting

Danau yang satu ini memang kental akan misteri dan mitos, dimana banyak yang mengaitkan dengan adanya sosok penunggu danau. Tak heran bila banyak kasus yang melibatkan pengunjung hilang saat berenang atau bermain di tepian danau.

Menurut orang pintar yang tinggal di daerah setempat mengatakan bahwa penunggu danau menginginkan tumbal setiap tahun untuk dijadikan prajurit atau pengikutnya. Akan tetapi, hal ini hanya kisah yang beredar di masyarakat saja.

Mengingat kasus pengunjung hilang di danau ini tidak sebanyak rumor yang beredar karena hanya ada 4 kasus saja dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Jadi bagi kamu yang ingin berkunjung ke danau ini, maka kamu tidak perlu khawatir namun tetap harus menjaga sikap dan terus berhati-hati.

Fasilitas

Fasilitas Danau Linting

Selain memiliki daya tarik yang sangat banyak dan dibalik kisah misterinya, danau ini sebenarnya sudah dikelola dengan sangat baik. Hal ini dapat kamu lihat dari lengkapnya fasilitas yang ditawarkannya, dimana fasilitasnya ialah sebagai berikut:

1. Area Parkir Luas

Memiliki area parkir yang luas menjadi fasilitas standar yang harus dimiliki oleh semua wisata bertaraf Internasional. Tentunya danau ini juga memberikan fasilitas tersebut, bahkan disini terdapat area parkir khusus kendaraan pribadi dan area parkir khusus untuk bus pariwisata.

2. Saung dan Gazebo

Di sekeliling danau, kamu juga dapat dengan mudah menemui saung dan gazebo, dimana gazebo ini dapat kamu gunakan untuk berteduh dan bersantai di sekitar danau. Fasilitas ini dapat dinikmati oleh semua pengunjung secara gratis.

3. Penyewaan Tikar

Apabila kamu ingin merasakan suasana yang lebih berbeda, maka kamu dapat menyewa tikar di sekitar Danau Linting. Tikar ini bisa kamu gunakan untuk piknik atau sekedar bersantai di sekitar danau bersama keluarga.

4. Penyewaan Pelampung

Bagi kamu yang ingin mencoba berenang namun takut tenggelam, disini juga telah disediakan penyewaan pelampung. Sehingga kamu bisa tetap berenang dan merasakan segarnya air danau tersebut.

5. Warung dan Cafe

Akhir-akhir ini banyak pula warung dan cafe yang dibuat di sekeliling danau. Hal ini bertujuan agar para pengunjung bisa menikmati indahnya danau sembari makan atau minuman khas daerah setempat. Tentu saja kamu harus mencoba makanan dan minuman yang ada di destinasi wisata satu ini.

6. Toilet Bersih

Jangan khawatir pula untuk urusan toilet karena meskipun letaknya di tengah hutan. Akan tetapi pihak pengelola juga menyediakan banyak sekali toilet, baik untuk mandi, bersih-bersih setelah berenang, buang air, dan lain sebagainya.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Danau Linting

Danau ini terletak di Deli Serdang Sumatera Selatan, dimana jaraknya berkisar 70 km dari Medan dan dapat ditempuh dengan waktu 1 sampai 2 jam. Untuk bisa datang ke tempat ini, kamu dapat menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi.

Namun perlu diketahui bahwa kamu tidak bisa langsung sampai di danau, melainkan harus berjalan kaki terlebih dahulu dari area parkir ke tempat danau. Tapi jaraknya tidak terlalu jauh dan hanya bisa dicapai dalam waktu 15 sampai 20 menit perjalanan.

Danau Linting memang menyimpan pesona alam yang sangat indah, apalagi terdapat banyak hal menarik di dalamnya. Oleh karena itu bagi kamu yang ingin berlibur dengan nuansa berbeda, maka danau yang satu ini bisa menjadi salah satu destinasi yang recomended untuk kamu kunjungi.

Kunjungi juga:

Photo of author

Meluncur

Liburan dengan Cerdas