CURUG NGUMPET: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Share
CURUG NGUMPET: Aktivitas & Tiket Masuk 2022
Harga TiketRp10.000
Jam Buka08.00 - 16.00 WIB
Nomor Telepon-
AlamatKawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kec Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Curug Ngumpet merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup menarik di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Slamet. Tempat wisata ini menawarkan keindahan alam yang sangat hebat termasuk air terjun yang sangat memukau.

Sayangnya untuk bisa sampai ke lokasi memang membutuhkan perjuangan yang cukup besar. Karena harus melakukan trekking terlebih dahulu ke beberapa lokasi. Selanjutnya baru bisa sampai ke air terjun yang sangat indah.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Curug Ngumpet

Untuk bisa masuk ke kawasan ini akan dikenakan tarif sekitar Rp10.000. Tarif ini berlaku untuk semua orang baik itu anak-anak maupun orang dewasa yang ingin menikmati pengalaman menyenangkan ke kawasan curug.

Harga tiket ini belum termasuk dengan biaya untuk parkir yang nantinya akan diterapkan setiap kendaraannya. Untuk tarif parkir kendaraan berubah-ubah. Hubungi pengelola untuk info lengkap.

Jam Buka

Jam Buka Curug Ngumpet

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai dari Senin hingga minggu tanpa tutup sama sekali. Biasanya saat akhir pekan akan dikunjungi oleh ratusan orang dari berbagai tempat baik itu Bogor ataupun luar kota.

Selanjutnya untuk jam bukanya mulai dari 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Jam bukanya memang tidak terlalu lama mengingat kawasan ini merupakan cagar alam dan begitu waktu sore tiba suasananya sudah gelap.

Aktivitas di Curug Ngumpet

Aktivitas di Curug Ngumpet

Aktivitas yang dilakukan di kawasan curug ini bervariasi. Ada aktivitas yang bisa dilakukan sendirian saja dan ada juga yang seru jika dilakukan rame-rame dengan banyak orang.

1. Trekking ke Curug

Aktivitas utama yang bisa dilakukan di sini adalah melakukan tracking atau penjelajahan. Untuk melakukan tracking ini harus mengunjungi beberapa tempat termasuk dengan melewati beberapa jalan setapak.

Meski demikian arah ke bagian curug sudah dibuat sangat baik sehingga tidak akan melewati jalanan yang cukup terjal. Tetapi konturnya juga naik turun sehingga harus menyiapkan tenaga dan juga kesehatan.

Meski kawasan ini cukup menantang kawasan kiri dan kanan sangatlah menarik. Tidak mengherankan jika setiap hari ada ratusan orang yang datang silih berganti untuk mencoba tantangan dan juga menikmati keindahan.

2. Mandi di Air Sungai

Bagian bawah dari curug ini merupakan aliran air sungai yang sangat jernih meski arusnya tidak terlalu deras. Jadi masih sangat aman apabila digunakan untuk sekedar bermain air atau mandi di sana.

Di bawah curug langsung terdapat semacam kolam air yang cukup lebar dan juga cukup dalam. Pengunjung bisa dengan mudah mandi di sana. Selain itu juga bisa menikmati kesejukan sembari berendam.

Apabila ingin melakukan petualangan di sini dianjurkan untuk berhati-hati. Karena meski tidak terlalu dalam bisa saja berbahaya seperti terpeleset khususnya pada anak-anak yang tidak diawasi.

3. Camping di Lapangan

Untuk mereka yang ingin merasakan pengalaman menginap selama satu malam di sini juga sudah disediakan camping ground. Lapangan ini bisa digunakan untuk berkemah karena memiliki lahan yang sangat luas.

Selain itu juga memiliki banyak sekali fasilitas pendukung yang ada di sekelilingnya. Salah satunya adalah adanya toilet dan juga beberapa fasilitas lainnya sehingga waktu camping akan lebih nyaman.

Karena berada di taman nasional dan juga alam liar disarankan untuk selalu berhati-hati dan tidak membuka tenda ketika malam. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya hewan buas yang ikut masuk ke dalam.

4. Penjelajahan di Sungai

Penjelajahan di sungai juga bisa dilakukan untuk mereka yang sudah mulai bosan dengan mandi atau berendam. Penjelajahan bisa dilakukan mulai dari bagian atas hingga ke bawah tetapi dianjurkan untuk tidak jauh-jauh.

Sungai di sini masih sangat alami sehingga kemungkinan besar masih ada hewan buas seperti ular atau sejenisnya. Jadi pastikan untuk selalu berhati-hati agar tidak terkena gigitan.

Selain itu saat berjalan juga harus berhati-hati untuk menghindari beberapa batu yang licin. Apabila tidak berhati-hati bisa saja terjatuh.

5. Berburu Foto

Selain melakukan penjelajahan juga bisa berburu. Ada banyak sekali tempat menarik di sini yang cocok sekali digunakan untuk berburu foto. Apalagi lokasinya masih sangat alami.

Tetapi untuk berburu foto yang indah memang membutuhkan perjuangan yang sangat besar. Karena beberapa lokasi harus dilalui dengan mendaki dan medan yang ada di sana memang cukup terjal.

Misteri dan Mitos

Misteri dan Mitos Curug Ngumpet

Berbagai misteri dan mitos juga menyelimuti kawasan curug ini. Apalagi lokasinya berada di kaki Gunung Salak yang notabene selalu lekat dengan berbagai misteri atau hal-hal yang berhubungan dengan keangkeran.

Beberapa cerita menyebutkan bahwa kawasan ini merupakan tempatnya para makhluk halus bahkan sudah membuat semacam kerajaan. Jadi suka mengunjungi tempat ini harus berhati-hati dan tidak bisa berkata yang kotor.

Apalagi curug ini juga kerap menyimpan misteri dan terkadang juga meminta tumbal. Ada kisah orang meninggal di sini karena melakukan hal-hal yang sudah dilarang.

Fasilitas

Fasilitas Curug Ngumpet

Terdapat fasilitas yang sangat lengkap meski lokasinya agak sedikit masuk ke dalam Taman Nasional. Berikut beberapa fasilitas yang ditawarkan.

1. Toilet Umum dan Kamar Ganti

Toilet umum juga tersedia khususnya di kawasan dekat parkiran. Untuk yang dekat dengan curug sedikit agak jauh sehingga dihancurkan untuk buang air kecil terlebih dahulu sebelum sampai ke lokasi.

Selanjutnya juga tersedia kamar ganti yang cocok sekali untuk mereka yang ingin mandi atau berenang. Jadi setelah selesai bermain dengan air bisa langsung ganti lalu menikmati suasana sekitar yang sangat lengang.

2. Rumah Ibadah

Tersedia juga rumah ibadah yang nantinya digunakan untuk siapapun yang ingin shalat. Jadi ketika ingin melakukan penjelajahan di sini selama sehari penuh pun tidak ada masalah karena untuk beribadah tempatnya sudah ada.

Tempat ibadah yang ada di sini juga sangat bersih dan selalu dikelola dengan baik. Jadi ketika beribadah akan merasa sangat nyaman dan tidak khawatir lokasinya kotor.

3. Restoran

Terdapat juga restoran meski menu yang ada di sana tidak terlalu banyak. Restoran yang ada di sana cukup bervariasi dan sebagian besar menyajikan makanan instan seperti mie atau beberapa camilan seperti gorengan.

Apabila membutuhkan makanan berat dianjurkan untuk membawa sendiri dari rumah. Dengan begitu masih bisa menikmati makanan yang enak dengan suasana yang sangat menenangkan.

4. Parkir dan Keamanan

Parkir dan keamanan juga dimiliki oleh kawasan ini. Jadi ketika berada di Curug Ngumpet, kendaraan yang sedang diparkir di sana bisa lebih aman. Meski ditinggal selama berjam-jam sekalipun tidak ada masalah.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Curug Ngumpet

Curug Ngumpet berada di dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kec Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810.

<iframe src=”https://www.google.com/maps/embed?pb=!1m18!1m12!1m3!1d3962.6780375804387!2d106.6977198148568!3d-6.686744795165431!2m3!1f0!2f0!3f0!3m2!1i1024!2i768!4f13.1!3m3!1m2!1s0x2e69d1bd8f2d4e2d%3A0x92c614cd095d1645!2sAir%20Terjun%20Curug%20Ngumpet!5e0!3m2!1sen!2sid!4v1655443522252!5m2!1sen!2sid” width=”600″ height=”450″ style=”border:0;” allowfullscreen=”” loading=”lazy” referrerpolicy=”no-referrer-when-downgrade”></iframe>

Lokasinya sekitar 30 km dari pusat kota Bogor atau sekitar 1,5 jam perjalanan dengan menggunakan motor maupun roda empat.

Curug Ngumpet sangat indah sehingga selalu dikunjungi oleh banyak orang. Apalagi infrastruktur yang ada di sini sudah cukup baik sehingga cocok sekali digunakan untuk bersantai sekaligus untuk penjelajahan.

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.