CURUG CIGENTIS: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Harga TiketRp20.000
Jam Buka07.00 - 17.00 WIB
Nomor Telepon-
AlamatGunung Sanggabuana, Desa Mekar Buana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat

Kabupaten Karawang, Banten biasanya identik dengan industri. Ada banyak sekali pabrik yang didirikan disini. Meski demikian ternyata terdapat salah satu destinasi wisata yang menarik dan cocok untuk healing yaitu Curug Cigentis.

Air terjun dengan ukuran yang tidak terlalu besar ini menjadi salah satu tempat yang cocok untuk menikmati ketenangan. Tidak mengherankan ketika akhir pekan atau hari libur tiba selalu dikunjungi oleh banyak sekali wisatawan dari berbagai daerah.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Curug Cigentis

Harga tiket masuk untuk menuju ke kawasan curug ini ternyata hanya diberlakukan satu jenis tiket saja. Jadi meskipun masih anak-anak akan dihitung sama yaitu sebesar Rp20.000.

Harga ini kemungkinan akan sama saat hari biasa ataupun akhir pekan. Jika pun ada penambahan biasanya tidak akan terlalu banyak. Jadi siapkan uang yang cukup apabila datang ke sini dengan banyak orang.

Jam Buka

Jam Buka Curug Cigentis

Akses ke Curug Cigentis ini sebenarnya cukup mudah untuk dijangkau mulai dari parkir hingga ke lokasi. Tetapi di beberapa tempat memang memiliki medan yang cukup curam sehingga harus berhati-hati apabila ingin menjelajah.

Itulah kenapa jam buka dari tempat wisata Curug Cigentis ini tidak terlalu lama yaitu mulai dari pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Apabila lebih dari itu biasanya sudah tidak ada pengelola lagi serta area ini juga sangat gelap.

Aktivitas di Curug Putri Kencana

Aktivitas di Curug Putri Kencana

Aktivitas yang bisa dilakukan di Curug Putri kencana atau Cigentis ini cukup bervariasi. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan.

1. Penjelajahan atau Trekking

Aktivitas pertama yang bisa dilakukan di sini adalah melakukan penjelajahan. Aktivitas ini bisa dilakukan mulai dari parkiran hingga ke beberapa tempat yang ada di sekitar curug ataupun air terjun mini ini. Jadi akan memiliki banyak waktu untuk bersenang-senang

Meski bisa melakukan penjelajahan di kawasan air terjun, tetapi sarankan untuk selalu berhati-hati karena tempat ini memang cukup curam sehingga bisa rawan mengalami kecelakaan. Misal dengan terperosok ke dalam air atau terkena batu.

Penjelajahan bisa dilakukan apabila memiliki kemampuan yang cukup tinggi. Apabila masih pemula dianjurkan untuk tidak melakukan itu atau membawa warga lokal yang bertindak sebagai pemandu.

2. Berburu Foto

Kawasan ini memang sudah dikelola dengan cukup baik oleh para penduduk yang ada di sana. Tetapi secara umum masih memiliki alam yang sangat alami sehingga cocok sekali digunakan untuk berburu foto.

Kamu bisa berburu foto lanskap dari pemandangan yang indah di sini. Selain itu juga bisa berburu spot-spot yang menarik untuk latar belakang dari foto baik sendiri maupun bersama dengan banyak orang.

Karena tempat ini sejatinya cukup curam disarankan untuk selalu berhati-hati ketika sedang berfoto. Jangan sampai mengalami jatuh dan akhirnya justru terluka karena tidak memperhatikan sekitar.

3. Bermain Air

Air terjun identik dengan adanya kolam di bagian bawah dan juga aliran sungai yang ada di bawahnya juga. Aliran sungai ada di sini tidak terlalu deras sehingga masih bisa digunakan untuk bermain air.

Apabila ingin bermain air disarankan untuk tidak mandi karena tidak ada yang tahu  kedalamannya. Selain itu juga banyak sekali batu yang cukup tajam. Apabila ingin bersantai-santai bermain air cukup dengan tangan ataupun kaki saja.

4. Piknik dan Bersantai

Beberapa tempat di sini cukup lapang dan juga datar sehingga bisa digunakan untuk bersantai-santai seperti duduk dan menikmati alam. Jadi bisa datang ke sini dengan membawa semacam tikar untuk piknik dan bersantai.

Apabila melakukan aktivitas ini dianjurkan untuk selalu menyimpan kantong plastik atau kresek untuk membuang sampah. Jadi tidak akan ada banyak sampah yang berserakan dan akhirnya menyebabkan tempat ini menjadi kotor.

Sejarah

Sejarah Curug Cigentis

Berbagai mitos dan misteri juga melingkupi kawasan Curug Cigentis ini. Banyak yang mengatakan di masa lalu kawasan ini sering digunakan oleh para Wali Songo untuk menyebarkan ajaran Islam ke penjuru Jawa.

Banyak warga sini yang belum memeluk Islam dan cukup sulit untuk melakukan itu. Apalagi kehidupan mereka juga cukup sengsara sehingga butuh sesuatu yang cukup ajaib agar mereka mau mengikuti ajaran.

Akhirnya para Walisongo berdoa dengan sangat kuat hingga akhirnya muncul sumber air yang keluar dari tebing dan akhirnya membentuk semacam curug. Sejak saat itulah para warga mau percaya dan akhirnya memeluk Islam.

Curug ini dinamai Cigentis karena ada salah satu pengawal dari para wali songo yang bernama Cigentis. Ketika sumber air akhirnya muncul dia tidak bisa menahan diri dan akhirnya mencebur ke dalam kolam air. Sejak saat itulah curug ini dinamai Cigentis.

Informasi ini diturunkan secara terus-menerus dari generasi ke generasi. Jadi tidak ada yang tahu apakah cerita ini benar-benar terjadi atau hanya dongeng semata dari para orang tua di masa lalu.

Misteri dan Mitos

Misteri dan Mitos Curug Cigentis

Mitosnya orang yang terjun ke dalam air terjun untuk pertama kali atau Nyai Cigentis saat ini menjadi penunggu atau bisa juga dikatakan sebagai pusaka. Pusaka inilah yang paling banyak dicari oleh para orang pintar.

Meski demikian kisah misteri dan mitos terkait dengan pusaka ini tidak bisa dibuktikan hingga sekarang. Tetapi para warga percaya jika kisah itu memang benar-benar nyata karena banyak sekali penampakan yang terjadi di sana.

Fasilitas

Fasilitas Curug Cigentis

Fasilitas yang ditawarkan sudah cukup lengkap meskipun lokasinya memang sedikit terpencil. Berikut beberapa fasilitas yang bisa didapatkan oleh para pengunjung.

1. Toilet dan Kamar Ganti

Fasilitas pertama yang dimiliki oleh tempat ini adalah toilet dan juga kamar ganti. Toilet menjadi sangat penting karena lokasi ini memang sedikit berbahaya sehingga akan sedikit menyulitkan untuk buang air.

Toilet sudah dibuat dengan sangat baik dan dengan kondisi yang sangat bersih. Jadi kapanpun ingin buang air akan nyaman dan tidak perlu ke beberapa titik seperti di sungai atau di semak-semak.

2. Rumah Makan

Tersedia juga rumah makan yang ada di sini sehingga para tamu yang datang bisa menikmati berbagai hidangan khas dari Sunda. Selain itu juga tersedia camilan dan juga makanan ringan apabila tidak membawanya dari rumah.

3. Rumah Ibadah

Terdapat juga rumah ibadah yang bisa digunakan. Jadi meskipun berada di tempat ini selama seharian penuh tidak akan ada masalah sama sekali. Karena masih tetap bisa beribadah dengan waktu yang tepat.

4. Keamanan

Sistem keamanan di sini sudah cukup baik karena dikelola oleh warga sekitar. Jadi aktivitas apapun yang dilakukan di sini bisa berjalan dengan aman tanpa khawatir jika ada tindak kejahatan atau kecelakaan.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Curug Cigentis

Lokasi dari Curug Cigentis berada di Gunung Sanggabuana, Desa Mekar Buana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Lokasinya sekitar 1-2 jam perjalanan atau 44 km dari pusat kota Karawang.

Curug Cigentis merupakan alternatif apabila ingin menikmati wisata yang cukup sampai dan murah meriah di Karawang. Jadi, meskipun dikenal sebagai kota industri, masih tersedia tempat untuk melepas penat dan menikmati alam dengan sempurna.

Kunjungi juga:

Photo of author

Meluncur

Liburan dengan Cerdas