CURUG CIAMPEA: Daya Tarik & Tiket Masuk 2022

Harga TiketRp22.000 - Rp30.000
Jam Buka07.00 - 17.00 WIB
Nomor Telepon-
AlamatTapos I, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Curug Ciampea menghadirkan cukup banyak hal menarik mulai dari air terjun hingga kawasan untuk pendakian. Tidak mengherankan jika salah satu air terjun yang ada di Bogor ini selalu menjadi favorit banyak orang.

Apalagi lokasinya yang sedikit mudah untuk dijangkau serta memberikan banyak tantangan. Jadi selain melakukan penjelajahan pengunjung juga bisa berkemah dan menikmati suasana tenang semalaman suntuk.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Curug Ciampea

Harga tiket masuk yang ada di sini terdiri dari dua jenis. Pertama adalah tiket yang digunakan untuk biaya masuk saja sekaligus untuk melakukan pendakian.

Sementara itu ada juga tiket yang digunakan untuk mereka para pecinta kegiatan outdoor dan ingin berkemah. Pengelola akan mengenakan tarif masuk khusus untuk para pendaki dan juga berkemah.

Perlu diingat jika harga tiket masuk ini belum termasuk dengan biaya parkir yang nantinya akan dibebankan. Untuk biaya parkirnya mungkin bervariasi dan tergantung kendaraan.

Jenis TiketHarga Tiket
Tiket MasukRp22.000
Tiket CampingRp30.000
Parkir MotorRp5.000
Parkir MobilRp10.000

Jam Buka

Jam Buka Curug Ciampea

Jam buka dari tempat ini tergantung dengan aktivitas apa yang akan dilakukan di sana. Jika sekedar mendaki dan menikmati keindahan dari air terjun bisa dilakukan mulai dari 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Sementara itu untuk mereka yang sedang kemping atau berkemah bisa menikmati kawasan ini selama 24 jam. Meski demikian dianjurkan untuk tidak datang terlalu malam agar memudahkan proses pendakian dan pembuatan tenda.

Daya Tarik Curug Ciampea

Daya Tarik Curug Ciampea

Daya tarik dari kawasan Curug Ciampea ini memang sangat besar. Itulah kenapa sangat diandalkan untuk lokasi untuk menenangkan diri dan juga bertualang. Berikut beberapa daya tarik yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

1. Air Terjun yang Indah

Daya tarik pertama yang dimiliki adalah air terjun yang sangat indah dan sangat disukai oleh banyak orang. Air terjun di sini memang tidak terlalu besar tetapi masih sangat alami sehingga air yang keluar dari sana sangat segar.

Kiri dan kanan dari air terjun juga masih terdapat tebing dengan banyak sekali tanaman hijau dan juga semak. Begitu masuk di sini suasana yang sejuk akan langsung terasa dan akan menyebar di antara wajah.

Saat terbaik untuk datang ke sini adalah pagi hari karena suasananya masih sangat dingin. Tetapi pada saat siang hari suasana sudah menjadi sejuk tetapi di beberapa tempat sudah terasa panas.

2. Suasana Hutan yang Asri

Suasana dari kawasan ini sangat asri karena berada di pinggiran hutan dan masih terjaga dengan sangat baik. Di beberapa tempat memang sudah dikelola tetapi sebagian besar masih bisa dipertahankan.

Suasana hutan yang asri ini cocok sekali untuk mereka yang sedang relaksasi atau ingin menenangkan pikiran. Jadi meski jauh-jauh ke tempat ini ketenangan bisa langsung didapatkan.

Suasana hutan yang asri juga cocok sekali digunakan untuk piknik bersama keluarga. Jadi usahakan datang sebagai mungkin lalu menggunakan tempat yang disediakan untuk bersantai.

3. Sungai dan Kolam Jernih

Sungai dan kolam yang jernih juga berada di bagian bawah air terjun. Ukurannya memang tidak terlalu besar sehingga hanya beberapa orang saja yang bisa melakukan aktivitas di sana seperti bermain air atau berenang.

Apabila datang ke sini coba bawa pakaian ganti untuk bisa berenang di kawasan sungai dan kolam-kolam kecil yang ada di bawahnya. Airnya sangat jernih dan juga terasa dingin di kulit.

Waktu terbaik untuk berenang dan juga berendam adalah siang hari sehingga airnya tidak akan terlalu dingin. Selain itu dianjurkan juga untuk bisa menikmati kawasan ini saat musim kemarau dan menghindari musim hujan.

4. Medan Pendakian yang Menantang

Lagi beberapa orang medan pendakian yang cukup menantang akan menyulitkan mereka menuju puncak. Tetapi medan pendakian yang menantang ini bagi beberapa orang adalah sesuatu yang sangat menyenangkan.

Apabila menyukai tempat wisata yang memiliki pendakian cukup menantang hingga sampai ke lokasi puncak, Curug Ciampea adalah pilihan yang tepat. Apalagi lokasinya juga sangat indah sehingga sepanjang perjalanan tidak akan membosankan.

5. Spot Foto yang Menarik

Pengelola memang sengaja memasang beberapa spot yang digunakan untuk berfoto-foto dengan banyak orang. Jadi apabila bosan berburu pemandangan yang indah bisa langsung menuju ke spot yang menarik ini.

Ada beberapa tempat yang memiliki tema tertentu untuk dijadikan lokasi berfoto. Selanjutnya lokasi ini juga bisa digunakan juga untuk semacam prewedding dengan konsep yang melekat dengan alam.

Apabila ingin berburu foto dianjurkan untuk datang sebagai mungkin untuk menghindari antre. Selain itu juga dianjurkan untuk tidak datang ke sini pada saat akhir pekan atau hari libur tiba.

Fasilitas

Fasilitas Curug Ciampea

Fasilitas yang ditawarkan juga cukup banyak dan sebagian besar bisa meningkatkan kenyamanan dari para pengunjung yang datang. Berikut beberapa fasilitas yang bisa didapatkan oleh para pengguna.

1. Toilet Umum

Fasilitas berupa toilet umum pasti tersedia di kawasan ini meski biasanya hanya berada di dekat pintu masuk atau di kawasan hutan. untuk kawasan di dekat curug tidak akan ada sehingga disarankan untuk buang air terlebih dahulu sebelum berangkat.

Meski bisa buang air di sekitar sungai atau kawasan semak, dianjurkan untuk tidak melakukan itu. Karena bisa merusak area tersebut serta Ada kemungkinan mengenai hewan liar yang ada di sana.

2. Rumah Makan

Tersedia juga rumah makan yang didirikan di kawasan dekat parkiran atau kawasan. Rumah makan ini tidak akan menyediakan terlalu banyak menu tetapi biasanya hanya menyediakan hal-hal yang instan seperti mi.

Jadi setelah puas melakukan penjelajahan bisa langsung mengkonsumsi mi disertai dengan teh hangat. Apalagi suasananya sangat dingin jadi bisa menikmati makanan sederhana dengan lebih nyaman.

3. Tempat Ibadah

Tersedia juga tempat ibadah untuk mereka yang ingin salat mulai dari pagi hingga malam. Jadi tidak perlu khawatir apabila ingin menghabiskan waktu seharian di sini dan tetap menjaga ibadah.

Meski berada di tempat wisata tempat ibadah yang ada di sini tertata dengan sangat rapi dan juga bersih.

4. Penjaga Keamanan

Jarak antara parkiran ke lokasi dari curug memang cukup jauh sehingga parkir harus dilakukan di sana. Tidak perlu khawatir karena penjagaan pada kawasan parkir ini berjalan dengan sangat baik sehingga meski ditinggal seharian pun kendaraan tetap aman.

Parkir dan penjagaan keamanan ini berjalan selama kurang lebih 24 jam atau pada saat jam operasional saja. Jadi pastikan untuk tetap mengunci dengan sangat kuat agar risiko untuk tercuri menjadi kecil.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Curug Ciampea

Lokasi dari tempat wisata ini berada di berlokasi di Tapos I, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk bisa datang ke sini bisa menggunakan jalur Ciapus atau IPB Dramaga – Ciampea.

Jalur yang sering dipakai adalah dari pusat kota ke Tenjolaya arah Curug Luhur. Sampai di perempatan bisa langsung ke Curug Ciputri. Ikuti jalan kampung sampai ke lokasi. Disarankan pakai motor agar lebih mudah.

Curug Ciampea memang tidak memiliki ukuran yang cukup besar dibandingkan dengan beberapa air terjun yang lain. Tetapi suasananya cukup tenang sehingga cocok sekali untuk lokasi bersantai dan bertualang.

Kunjungi juga:

Photo of author

Meluncur

Liburan dengan Cerdas